RSS

PENYAKIT VERTIGO

SEKILAS INFO
PENYAKIT VERTIGO

Penyakit vertigo adalah penyakit yang dengan ciri-ciri atau tanda perasaan berputar (kepala berputar) yang membuat penderita keseimbangannya terganggu.

Penyakit vertigo berbeda dengan jenis sakit kepala lain, karena ini adalah yang paling berat karena yang diserang adalah syaraf keseimbangan.

Bisa dibayangkan jika syaraf keseimbangan terganggu.
Untuk jenis rasa penyakit vertigo ini ada 2, vertigo disertai rasa sakit dan tanpa rasa sakit.
Vertigo diserai rasa sakit adalah vertigo yang menandakan ada kerusyakan syaraf, ketegangan syaraf di kepala.
Rasa sakit ini terlihat ketika seseorang baru bangun dari duduk, atau baru bangkit dar tidur, maka vertigo muncul (kambuh).
Sedang vertigo tanpa rasa sakit juga banyak terjadi, hanya keseimbangan yang benar, benar terganggu. Yang saya jumpai vertigo tanpa rasa sakit ini banyak diderita oleh mereka yang sudah usia diatas 50 tahun.

PENYEBAB VERTIGO
Beberapa faktor yang menyebabkan vertigo antara lain karena serangan migren, radang pada leher, mabuk kendaraan,THT , infeksi bakteri pada alat pendengaran dan kekurangan asupan oksigen ke otak.
6 Cara Mencegah Vertigo Kambuh

TERAPI / LATIHAN PENYEMBUHAN VERTIGO
Jika Anda ingin mencegah vertigo tidak kambuh lagi, maka latihan-latihan berikut ini bisa Anda praktikkan secara mandiri. Berikut adalah 6 cara mencegah vertigo kambuh :
1. Melatih posisi duduk. Dalam posisi duduk, pegang sebuah benda sejajar dengan mata, lalu meliriklah ke kanan dan ke kiri. Masih dengan memegang benda sejajar dengan mata, coba untuk menoleh ke kanan dan ke kiri. Lakukanlah latihan ini secara berulang-ulang.
2. Melatih posisi berdiri. Dengan posisi berdiri, cobalah untuk mengayunkan badan ke depan dan ke belakang. Jika belum stabil, Anda bisa memanfaatkan tembok untuk sedikit menopang tubuh Anda. Lakukanlah cara ini secara rutin setiap hari.
3. Latihan duduk dengan balance ball. Dengan menggunakan bola keseimbangan yang biasa digunakan pada senam pilates, cobalah untuk duduk di atasnya. Secara perlahan, angkat kaki Anda tak menyentuh tanah sehingga tampak seperti Anda dalam posisi duduk melayang. Anda bisa lakukan latihan ini secara rutin setiap pagi.
4. Latihan berdiri dan berjalan dengan trampolin. Berdirilah di atas trampolin, dan ayun tubuh ke depan dan ke belakang. Jika Anda ingin berjalan, maka lakukan gerakan tersebut dengan tatapan menghadap ke depan. Lalu bergantian lakukan gerakan tersebut dengan menatap ke samping kanan, lalu coba menatap ke kiri.
5. Latihan melempar dan menangkap bola. Latihan ini sangat membantu mengembalikan keseimbangan dinamis. Agar lebih menyenangkan, Anda bisa lakukan latihan ini bersama anak atau teman.
6. Latihan cross over step. Anda bisa lakukan latihan ini dengan cara menyilangkan kaki di depan lalu melangkah ke samping. Praktik seperti ini juga biasa dilakukan dalam latihan dansa.
Demikianlah beberapa cara mencegah vertigo kambuh yang bisa kita lakukan. Mengingat vertigo adalah penyakit yang sangat kompleks,
Semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...