RSS

RPP Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat KLAS 7 SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No: 8


                           Sekolah             :    SMP Negeri 1 Gembong
                           Kelas / Semester    :           VII (tujuh)/Semester 1
                           Mata Pelajaran       :           IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
                          Alokasi waktu          :           4 X 40’

A. Standar Kompetensi  :     2.     Memahami klasifikasi zat.

B. Kompetensi Dasar     :     2.1   Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat

C. Tujuan Pembelajaran      :        Peserta didik dapat:
                                                1.     Membedakan pengertian asam, basa, dan garam.
                                                2.     Menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, dan garam.
                                                3.     Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, dan garam.
                                                4.     Menggunakan alat penentu atau petunjuk asam dan basa.
                                                5.     Menyimpulkan hasil percobaan dan mempresentasikannya.

D. Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

E. Materi Pembelajaran  :     Asam, Basa dan Garam

F. Metode Pembelajaran      :       Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Eksperimen.
                                                -       Observasi

G. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Mengapa air jeruk rasanya asam?
            -     Mengapa obat maag bersifat basa?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah ciri-ciri zat yang bersifat asam?
            -     Zat apa sajakah yang termasuk dalam asam, basa, dan garam?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah dalam mencampurkan dua larutan yang berbeda.

b.   Kegiatan Inti.      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
*  Membedakan pengertian asam, basa, dan garam.
*  Menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, dan garam
*  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
*  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
*  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
*  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
*  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
*  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
*  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil bahan-bahan larutan asam, larutan basa, dan larutan garam.
*  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian asam, basa, dan garam.
*  Peserta didik dalam setiap kelompok mengamati dan mengelompokkan bahan-bahan yang telah diambil oleh perwakilan kelompok masing-masing.
*  Guru memeriksa kegiatan observasi dan klasifikasi mengenai bahan yang bersifat asam, basa dan garam yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
*  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
*  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
* Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri bahan yang bersifat asam, basa dan garam.
*  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
*  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
*  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
*  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
* memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
*  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
*  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
*  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
*  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
*  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Bagaimana sifat zat yang tergolong asam atau basa?
            -     Adakah bahan yang dapat digunakan untuk menentukan asam atau basa?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah sifat asam, basa dan garam?
            -     Bahan apa sajakah yang dapat digunakan untuk menentukan asam atau basa?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.   Kegiatan Inti.      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
*  Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, dan garam.
* Menggunakan alat penentu atau petunjuk asam dan basa.
*  Menyimpulkan hasil percobaan dan mempresentasikannya
* melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
*  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
*  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
*  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
*  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
*  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
*  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil kertas lakmus, tabung reaksi, pipet tetes dan cairan yang ada di sekitar kita (misalnya: air teh, air jeruk, air sumur dan air cuka).
*  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menentukan sifat asam dan basa.
* Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
*  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
* Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
* Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
*  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
* memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
*memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
*  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
* Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
* Guru memberi penghargaan kelompok dengan kinerja baik
* Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
*  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

H. Sumber Belajar

a.   Buku IPA Terpadu.
b.   Buku kerja
c.   Lingkungan sekitar sekolah atau rumah
d.   Bahan-bahan kimia




I. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Mengidentifikasi sifat asam, basa dan garam dengan menggunakan indikator yang sesuai.

§  Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam.

§  Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan.
Tes tertulis
Tes uraian
§  Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa dan garam dari bahan-bahan yang tersedia (larutan cuka, larutan sabun, larutan garam, larutan gula, NaCl, HCl).

§  Berikut adalah sifat-sifat umum asam, kecuali....
a)   memerahkan kertas lakmus biru                       
b)   mempunyai PH kurang dari 7
c)   rasanya asam
d)   rasanya pahit
                                                                                            
                                                                                                    
             

           
Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...