RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NO : 4
SEKOLAH :
SMP NEGERI 1 GEMBONG
MAPEL : IPA - BIOLOGI
KELAS /SMT : IX
/ 1 ( GASAL )
WAKTU : 8 x 40 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
kelangsungan hidup makhluk hidup
B.
KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk
hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan
C.
INDIKATOR
1.
Mengkaitkan perilaku adaptasi, seleksi
alam dan perkembangbiakan dengan kelangsungan hidup
2.
Mendiskripsikan cara-cara adaptasi
mahkluk hidup.
3.
Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat
seleksi alam hubungannya dengan
kemampuan yang dimiliki
4.
Menjelaskan
peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
5.
Mendiskripsikan
cara cara perkembangbiakan pada tumbuhan
6.
Mendiskripsikan
cara cara perkembangbiakan pada hewan
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca buku paket Ilmu Alam
Sekitar jilid 3 halaman 53-60 siswa dapat menyebutkan
3 faktor yang mempengaruhi kelangsungan
hidup suatu makhluk hidup dengan benar.
2.
Melalui diskusi kelompok siswa dapat:
·
Menjelaskan macam-macam adaptasi pada
mahkluk hidup
·
Menyebutkan beberapa contoh bentuk
adaptasi pada organisme
·
Membedakan kamuflase dan mimikri
·
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku adaptif pada hewan
dengan
benar.
3.
Dengan membaca buku paket Ilmu Alam
Sekitar jilid 3 halaman 61-62 siswa dapat menjelaskan hubungan seleksi alam
dengan kelangsungan hidup makhluk hidup dengan benar .
4.
Melalui diskusi kelompok siswa dapat:
·
Menjelaskan proses terjadinya
peristiwa seleksi alam terhadap organisme
·
Menunjukan bukti-bukti bahwa adanya
seleksi alam
·
Menyebutkan hewan-hewan yang terancam
punah
dengan
benar.
5.
Dengan membaca buku paket Ilmu Alam
Sekitar jilid 3 halaman 63- 67
siswa dapat menjelaskan hubungan perkembangbiakan dengan kelangsungan hidup
makhluk hidup dengan benar .
6.
Melalui kajian
pustaka dan diskusi
kelompok siswa dapat
·
Menjelaskan perbedaan cara
perkembangbiakan dari berbagai jenis hewan
·
Membandingkan cara – cara
perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
dengan benar
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Adaptasi Morfologi, fiisiologi, tingkah laku: pengertian dan contohnya
Adaptasi
adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.
Cara
adaptasi ada 3 cara, antara lain :
1.
Adaptasi Morfologi
Adalah
adaptasi pada struktur luar tubuh atau alat- alat tubuh yang sesuai dengan
fungsinya.
a.
Adaptasi Morfologi pada tumbuhan
Pada
tumbuhan xerofit, misalnya kaktus memiliki daun berupa duri, batang tebal dan
warna hijau untuk mrnyimpan air. Pada tumbuhan air terdapat rongga-ronga udara
pada batangnya.
b.
Adaptasi Morfologi pada hewan
Warna
kulit pada macan tutul merupakan penyamaran, pada tubuh belalang berwarna
seperti rantint, dan sebagainya.
2.
Adaptasi Fisiologi
Adalah
penyesuaian pada proses dan kegiatan dalam tubuh makhluk hidup terhadap
lingkungannya.
Contohnya
hewan herbivore mempunyai enzim selulase untuk mencerna selulase yang terdapat
pada makanannya, cacing teredo yang hidup pada katu atau tiyang kayu kapal pada
pelabuhan mempunyai enzim untuk dapat mencerna kayu.
3.
Adaptasi Tingkah Laku (Behavioural)
Adalah
penyesuaian yang didasarkan pada tingkah laku makhluk hidup terhadap
lingkungannya.
Misalnya
kan paus, lumba-lumba dan ikan duyung sering muncul di atas permukaan laut
untuk mrngambil nafas dan memancarkan air ke permukaan air. Bunglon dapat
mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya. Cicak dapat memutuskan
ekornya.
Seleksi
alam, pengertian dan contohnya
Kehidupan
makhluk hidup di pengaruhi oleh perubahan alam. Mahkluk hidup dapat bertahan
adalah mahkluk yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya.
Misalnya
Dinosaurus di bumi sekarang sudah punah dan hanya fosilnya yang ditemukan di
beberapa tempat. Salah satu penyebab kepunahannya adalah perubahan iklim yang
mendadak.
Seleksi
alam dapat juga terjadi melalui bencana alam. Makhluk hidup yang mampu
menghadapi selwksi alam dapat melangsungkan kehidupannya. Dan makhluk hidup
yang tidak mampu menghadapi seleksi alam akan punah.
Perkembangbiakan generatif dan vegetatif pada tumbuhan dan hewan
1.
Perkembangbiakan Generatif (seksual)
Adalah
perkembangbiakan yang didahului peristiwa peleburan (fertilisasi) sel kelamin
jantan dan sel kelamin betina.
a.
Perkembangbiakan Generatif pada
Tumbuhan Tingkat Rendah
Perkembangbiakan
Generatif pada Tumbuhan Tingkat Rendah di bedakan menjadi 4 :
Ø Konjugasi
Adalah
peleburan dua sel kelamin yang belum dibedakan jenis kelaminnya. Tumbuhan yang
berkembangbiak dengan konjugasi antara lain Spirogyra dan Rhyzopus.
Ø Isogami
Adalah
peleburan dua sel gamet jantan dan betinayang ukuran ban bentuknya sama.
Tumbuhan yang berkembangbiak dengan isogami adalah pdiastrum.
Ø Anisogami
Adalah
peleburan dua sel gamet jantan dan betinayang ukuran ban bentuknya berbeda.
Gamet jantan lebih kecil dari gamet betina. Contohnya Ulva dan Chalmidomonas.
b.
Perkembangbiakan Generatif pada
Tumbuhan Tingkat Tinggi
Perkembangbiakan
Generatif pada Tumbuhan Tingkat Tinggi (spermatophyta) terjadi melalui
pembuahan dan didahului persarian atau penyerbukan. Alat perkembangbiakannya
terletak pada bunga. Yaitu pada putik dan benang sari.
c.
Perkembangbiakan Generatif pada Hewan
Pada
hewan tingkat rendah perkembangbiakannya terjadi secara konjugasi. Sedangkan
pada hewan tingkat tinggi pembuahannya terjadi melalui fertilisasi.
Fertilisasi
internal adalah proses fertilisasi yang terjadi didalam tubuh induk betina.
Misalnya ayam.
Fertilisasi
eksternal adalah proses fertilisasi yang terjadi di luar tubuh induknya.
Misalnya katak.
2.
Perkembangbiakan Vegetatif (aseksual /
tak kawin)
Adalah
perkembangbiakan dengan cara tidak kawin. Vegetative dibagi menjadi dua, yaitu
:
a.
Perkembangbiakan vegetatif alami
Perkembangbiakan
vegetatif alami terdiri atas beberapa macam seperti berikut :
Ø Perkembangbiakan
dengan membelah diri.
Ø Perkembangbiakan
dengan tunas
Ø Perkembangbiakan
dengan spora
Ø Perkembangbiakan
dengan umbi
Ø Perkembangbiakan
dengan geragih
Ø Perkembangbiakan
dengan rizoma
Ø Perkembangbiakan
dengan tunas adventif
b.
Perkembangbiakan vegetatif buatan
Perkembangbiakan
vegetatif buatan adalah Perkembangbiakan vegetative yang sengaja dibuat
menusia. Antara lain dengan cara :
Ø Menyetek
Ø Mencangkok
Ø Menempel
(okulasi)
Ø Menyambung
(mengenten)
Ø Merunduk
Keuntungan
Perkembangbiakan vegetative buatan adalah :
Ø Individu
baru memiliki sifat yang sama dengan induknya.
Ø Cepat
menghasilkan buah.
Ø Mempermudah
perkembangbiakan
Kerugian
Perkembangbiakan vegetative buatan adalah :
Ø Tidak
memiliki akar kuat
Ø Tanaman
yang dihasilkan sangat sedikit.
F. METODE DAN
MODEL PEMBELAJARAN
1.
Metode : tanya jawab
2.
Model Pembelajaran : diskusi
G.
LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
TAHAP
|
RINCIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
a. Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religius
dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
sebagai wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang kelangsungan mahluk hidup
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan
beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kelangsungan mahluk hidup
d Guru
menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang kelangsungan mahluk hidup
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
ü Siswa
diminta duduk mengelompok sesuai
dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü Siswa
membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3 hal 53 – 60. Untuk menemukan
istilah adaptasi dan macam serta contohnya
ü Mengelompokkan contoh adaptasi menjadi 3
|
60’
|
|
Elaborasi
ü Diskusi
kelompok tentang :
· perbedaan
kamuflase dan mimikri
· faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku adaptif
pada hewan.
ü Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi
yang diwakili oleh salah satu anggota
kelompoknya
|
|||
Konfirmasi
ü Guru memberikan penghargaan, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan
presentasi siswa
ü Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
|
|||
Penutup
|
ü Refleksi dan identifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami
materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
ü Guru memberi tugas rumah
|
10’
|
|
2
|
Pendahuluan
|
a. Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religious
dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
sebagai wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan
menyampaikan tujuan pembelajaran tentang
seleksi alam
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan
beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan seleksi alam
d Guru
menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang seleksi alam
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
ü Siswa
diminta duduk mengelompok sesuai
dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü Siswa
membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3
·
Untuk menemukan istilah seleksi alam pada mahluk hidup
·
Untuk menjelaskan proses
seleksi alam pada mahluk hidup
·
Untuk menemukan istilah evolusi pada mahluk hidup
·
Untuk menjelaskan proses
evolusi pada mahluk hidup
|
60’
|
|
Elaborasi
ü Diskusi
kelompok tentang :
·
Untuk menemukan istilah seleksi alam pada mahluk hidup
·
Untuk menjelaskan proses
seleksi alam pada mahluk hidup
·
Untuk menemukan istilah evolusi pada mahluk hidup
·
Untuk menjelaskan proses
evolusi pada mahluk hidup
ü Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi
yang diwakili oleh salah satu anggota
kelompoknya
|
|||
Konfirmasi
ü Guru memberikan penghargaan, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan
presentasi siswa
ü Dengan
bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
|
|||
Penutup
|
ü Refleksi dan identifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami
materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
ü Guru memberi tugas rumah
|
10’
|
|
3
|
Pendahuluan
|
.a. Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religious
Dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapian
kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu
dengan
menyampaikan tujuan pembelajaran tentang reproduksi pada tumbuhan
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan
beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan reproduksi pada
tumbuhan
d Guru menyampaikan
cakupan materi secara garis besar tentang reproduksi pada
tumbuhan
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
ü Siswa
diminta duduk mengelompok sesuai
dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü Siswa
membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3
*.
Untuk menemukan istilah reproduksi generatif dan
vegetatif pada tumbuhan
* membedakan reproduksi vegetatif dan generatif
* macam-macam vegetatif alami pada tumbuhan beserta
Contohnya
* macam-macam vegetatif buatan pada tumbuhan beserta
Contohnya
*keuntungan dan kerugian vegetatif buatan
|
60’
|
|
Elaborasi
ü Diskusi
kelompok tentang :
*.
Untuk menemukan istilah reproduksi generatif dan
vegetatif pada tumbuhan
* membedakan reproduksi vegetatif dan generatif
* macam-macam vegetatif alami pada tumbuhan beserta
Contohnya
* macam-macam vegetatif buatan pada tumbuhan beserta
Contohnya
*keuntungan dan kerugian vegetatif buatan
ü Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi
yang diwakili oleh salah satu anggota
kelompoknya
ü
|
|||
Konfirmasi
ü Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas
hasil diskusi dan presentasi siswa
ü Dengan
bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
|
|||
Penutup
|
ü Guru
memberi penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik
ü Membimbing
siswa membuat kesimpulan
ü Memberi
tugas rumah
|
10’
|
|
4
|
Pendahuluan
|
.a. Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religious
Dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapian
kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu
dengan
menyampaikan tujuan pembelajaran tentang reproduksi pada hewan
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan
beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan reproduksi pada hewan
d Guru
menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang reproduksi pada hewan
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
.Eksplorasi
ü Melakukan kajian pustaka untuk :
·
membedakansel telur dan sel
sperma
·
membedakan proses perkawinan
dan pembuahan pada hewan
Menjelaskan perbedaan antara ovipar, vivipar dan ovovivipar
|
60’
|
|
Elaborasi
ü Secara perorangan siswa menyebutkan letak bagian telur pada charta
ü membedakan proses perkawinan dan pembuahan pada hewan
Menjelaskan perbedaan antara ovipar,
vivipar dan ovovivipar
ü Secara perorangan siswa membuat gambar telur, bagian dan
fungsinya pada buku masing-masing
ü Secara perorangan menyebutkan
macam vegetatif pada hewan dan contohnya
|
|||
Konfirmasi
ü Guru memberikan penghargaan, penguatan dan perbaikan pada siswa yang berani menjawab dan Dengan
bimbingan guru,
ü siswa membuat rangkuman
dibimbing guru
|
|||
Penutup
|
ü Refleksi dan identifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami
materi berdasarkan tanya jawab
ü Dengan bantuan guru siswa membuat kesimpulan
ü Guru memberi tugas rumah
|
10
|
H.
SUMBER BELAJAR
I.
1.
Buku Paket Ilmu
Alam Sekitar kelas IX dan buku lain yang relevan
2.
LKS dari MGMP
J.
PENILAIAN
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
No
Instrumen
|
|
1. Mengkaitkan
perilaku adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan dengan kelangsungan
hidup
2. Mendiskripsikan
cara-cara adaptasi mahkluk hidup.
3. Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup
akibat seleksi alam hubungannya dengan
kemampuan yang dimiliki
4.
Menjelaskan
peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
5.
Mendiskripsikan
cara cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
uraian
Pil. Ganda
uraian
uraian
Uraian
|
1
2,3,5,8
4,6,7
9,10
11,12,13
14,15,16
|
Instrumen
|
Skor
|
1.
Sebutkan 3 faktor yang
mempengaruhi kelangsungan hidup suatu mahkluk hidup!
2.
Sebutkan 3 macam adaptasi!
3.
Jelaskan pengertian
adaptasi morfologi!
4.
Dibawah ini yang merupakan
contoh adaptasi morfologi adalah....
a.
bentuk paruh burung c. putri malu mengatupkan daun
saat disentuh
b.
paus muncul ke permukaan d.
kadar Hb orang di gunung lebih tingg
5.
Jelaskan pengertian
adaptasi fisiologi!
6.
Dibawah ini yang merupakan
contoh adaptasi fisiologi adalah....
a.
bentuk paruh burung c. putri malu mengatupkan daun
saat disentuh
b.
paus muncul ke permukaan d.
kadar Hb orang di gunung lebih tingg
7.
Jelaskan pengertian
adaptasi tingkah laku!
8.
Dibawah ini yang merupakan
contoh adaptasi tingkah laku adalah....
a.
bentuk paruh burung c. putri malu mengatupkan daun
saat disentuh
b.
paus muncul ke permukaan d.
kadar Hb orang di gunung lebih tingg
9.
Jelaskan pengertian seleksi
alam!
10.
Berikan 3 contoh peristiwa
alam yang menyebabkan terjadinya seleksi alam!
11.
Jelaskan pengertian perkembangbiakan!
12.
Jelaskan 3 perbedaan pada
perkembangbiakn vegetatif dengan generatif
13.
Gambar dan sebutkan bagian
–bagian bunga!
14.
Sebutkan 5 cara
perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan!
15.
Sebutkan 2 cara
perkembangbiakan generatif pada hewan tingkat rendah
16.
Jelaskan 2 cara
perkembangbiakan vegetatif pada hewan tingkat rendah!
Skor maks
|
3
3
1
1
1
1
1
1
2
3
1
6
7
5
2
2
40
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
AnyWuryaningrum, M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
Gembong, JULI 2012
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar