RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO : 4 kelangsungan hidup makhluk hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 4

SEKOLAH         : SMP NEGERI 1  GEMBONG
MAPEL              : IPA - BIOLOGI
KELAS /SMT     : IX / 1 ( GASAL )
WAKTU             : 8 x 40 menit

A.       STANDAR KOMPETENSI
        Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

B.       KOMPETENSI DASAR
  Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan
       
C.       INDIKATOR
1.        Mengkaitkan perilaku adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan dengan kelangsungan hidup
2.        Mendiskripsikan cara-cara adaptasi mahkluk hidup.
3.        Memprediksikan  punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan      kemampuan yang dimiliki
4.        Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
5.        Mendiskripsikan cara cara perkembangbiakan pada tumbuhan
6.         Mendiskripsikan cara cara perkembangbiakan pada hewan

D.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Dengan membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3 halaman 53-60 siswa dapat menyebutkan 3 faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup suatu makhluk hidup dengan benar.
2.        Melalui diskusi kelompok siswa dapat:
·         Menjelaskan macam-macam adaptasi pada mahkluk hidup            
·         Menyebutkan beberapa contoh bentuk adaptasi pada organisme
·         Membedakan kamuflase dan mimikri
·         Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku adaptif pada hewan
dengan benar.
3.        Dengan membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3 halaman 61-62 siswa dapat menjelaskan hubungan seleksi alam dengan kelangsungan hidup makhluk hidup dengan benar .
4.        Melalui diskusi kelompok siswa dapat:
·         Menjelaskan proses terjadinya peristiwa seleksi alam terhadap organisme
·         Menunjukan bukti-bukti bahwa adanya seleksi alam
·         Menyebutkan hewan-hewan yang terancam punah
dengan benar.
5.        Dengan membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3 halaman 63- 67 siswa dapat menjelaskan hubungan perkembangbiakan dengan kelangsungan hidup makhluk hidup dengan benar .
6.        Melalui kajian pustaka dan diskusi kelompok siswa dapat
·         Menjelaskan perbedaan cara perkembangbiakan dari berbagai jenis hewan
·         Membandingkan cara – cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
      dengan benar

E.       MATERI PEMBELAJARAN
Adaptasi Morfologi, fiisiologi, tingkah laku: pengertian dan contohnya
Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.
Cara adaptasi ada 3 cara, antara lain :
1.        Adaptasi Morfologi
Adalah adaptasi pada struktur luar tubuh atau alat- alat tubuh yang sesuai dengan fungsinya.
a.        Adaptasi Morfologi pada tumbuhan
Pada tumbuhan xerofit, misalnya kaktus memiliki daun berupa duri, batang tebal dan warna hijau untuk mrnyimpan air. Pada tumbuhan air terdapat rongga-ronga udara pada batangnya.
b.        Adaptasi Morfologi pada hewan
Warna kulit pada macan tutul merupakan penyamaran, pada tubuh belalang berwarna seperti rantint, dan sebagainya.
2.        Adaptasi Fisiologi
Adalah penyesuaian pada proses dan kegiatan dalam tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya.
Contohnya hewan herbivore mempunyai enzim selulase untuk mencerna selulase yang terdapat pada makanannya, cacing teredo yang hidup pada katu atau tiyang kayu kapal pada pelabuhan mempunyai enzim untuk dapat mencerna kayu.
3.        Adaptasi Tingkah Laku (Behavioural)
Adalah penyesuaian yang didasarkan pada tingkah laku makhluk hidup terhadap lingkungannya.
Misalnya kan paus, lumba-lumba dan ikan duyung sering muncul di atas permukaan laut untuk mrngambil nafas dan memancarkan air ke permukaan air. Bunglon dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya. Cicak dapat memutuskan ekornya.

Seleksi alam, pengertian dan contohnya
Kehidupan makhluk hidup di pengaruhi oleh perubahan alam. Mahkluk hidup dapat bertahan adalah mahkluk yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya.
Misalnya Dinosaurus di bumi sekarang sudah punah dan hanya fosilnya yang ditemukan di beberapa tempat. Salah satu penyebab kepunahannya adalah perubahan iklim yang mendadak.
Seleksi alam dapat juga terjadi melalui bencana alam. Makhluk hidup yang mampu menghadapi selwksi alam dapat melangsungkan kehidupannya. Dan makhluk hidup yang tidak mampu menghadapi seleksi alam akan punah.

Perkembangbiakan generatif dan vegetatif pada tumbuhan dan hewan
1.        Perkembangbiakan Generatif (seksual)
Adalah perkembangbiakan yang didahului peristiwa peleburan (fertilisasi) sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.
a.        Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan Tingkat Rendah
Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan Tingkat Rendah di bedakan menjadi 4 :
Ø  Konjugasi
Adalah peleburan dua sel kelamin yang belum dibedakan jenis kelaminnya. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan konjugasi antara lain Spirogyra dan Rhyzopus.
Ø  Isogami
Adalah peleburan dua sel gamet jantan dan betinayang ukuran ban bentuknya sama. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan isogami adalah pdiastrum.
Ø  Anisogami
Adalah peleburan dua sel gamet jantan dan betinayang ukuran ban bentuknya berbeda. Gamet jantan lebih kecil dari gamet betina. Contohnya Ulva dan Chalmidomonas.

b.        Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan Tingkat Tinggi
Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan Tingkat Tinggi (spermatophyta) terjadi melalui pembuahan dan didahului persarian atau penyerbukan. Alat perkembangbiakannya terletak pada bunga. Yaitu pada putik dan benang sari.

c.        Perkembangbiakan Generatif pada Hewan
Pada hewan tingkat rendah perkembangbiakannya terjadi secara konjugasi. Sedangkan pada hewan tingkat tinggi pembuahannya terjadi melalui fertilisasi.
Fertilisasi internal adalah proses fertilisasi yang terjadi didalam tubuh induk betina. Misalnya ayam.
Fertilisasi eksternal adalah proses fertilisasi yang terjadi di luar tubuh induknya. Misalnya katak.

2.        Perkembangbiakan Vegetatif (aseksual / tak kawin)
Adalah perkembangbiakan dengan cara tidak kawin. Vegetative dibagi menjadi dua, yaitu :
a.        Perkembangbiakan vegetatif alami
Perkembangbiakan vegetatif alami terdiri atas beberapa macam seperti berikut :
Ø  Perkembangbiakan dengan membelah diri.
Ø  Perkembangbiakan dengan tunas
Ø  Perkembangbiakan dengan spora
Ø  Perkembangbiakan dengan umbi
Ø  Perkembangbiakan dengan geragih
Ø  Perkembangbiakan dengan rizoma
Ø  Perkembangbiakan dengan tunas adventif

b.        Perkembangbiakan vegetatif buatan
Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah Perkembangbiakan vegetative yang sengaja dibuat menusia. Antara lain dengan cara :
Ø  Menyetek
Ø  Mencangkok
Ø  Menempel (okulasi)
Ø  Menyambung (mengenten)
Ø  Merunduk
Keuntungan Perkembangbiakan vegetative buatan adalah :
Ø  Individu baru memiliki sifat yang sama dengan induknya.
Ø  Cepat menghasilkan buah.
Ø  Mempermudah perkembangbiakan
Kerugian Perkembangbiakan vegetative buatan adalah :
Ø  Tidak memiliki akar kuat
Ø  Tanaman yang dihasilkan sangat sedikit.



F.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
        1.     Metode                                        :       tanya jawab
        2.     Model Pembelajaran                   :       diskusi

G.       LANGKAH PEMBELAJARAN


PERTEMUAN

TAHAP

RINCIAN KEGIATAN

WAKTU
1
Pendahuluan


a.   Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religius
    dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
    memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
    sebagai wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang kelangsungan mahluk hidup
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kelangsungan mahluk hidup
d  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang  kelangsungan mahluk hidup

10’
Kegiatan Inti

Eksplorasi
ü  Siswa diminta duduk  mengelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü  Siswa membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3 hal 53 – 60. Untuk menemukan istilah adaptasi dan macam serta contohnya
ü  Mengelompokkan contoh adaptasi menjadi 3


60’







Elaborasi
ü  Diskusi kelompok tentang :
·       perbedaan kamuflase dan mimikri
·       faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku adaptif pada hewan.
ü  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi  yang diwakili oleh salah satu anggota kelompoknya
Konfirmasi
ü  Guru memberikan penghargaan, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa
ü  Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
Penutup
ü  Refleksi dan identifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
ü  Guru memberi tugas rumah
10’

2
Pendahuluan


a.   Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religious
    dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
    memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
    sebagai wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan
     menyampaikan tujuan pembelajaran tentang
     seleksi alam
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan  seleksi alam
d  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang  seleksi alam

10’
Kegiatan Inti

Eksplorasi
ü  Siswa diminta duduk  mengelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü  Siswa membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3
·         Untuk menemukan istilah seleksi alam pada mahluk hidup
·         Untuk menjelaskan proses seleksi alam pada mahluk hidup
·         Untuk menemukan istilah evolusi  pada mahluk hidup
·         Untuk menjelaskan proses evolusi  pada mahluk hidup


60’








Elaborasi
ü  Diskusi kelompok tentang :
·         Untuk menemukan istilah seleksi alam pada mahluk hidup
·         Untuk menjelaskan proses seleksi alam pada mahluk hidup
·         Untuk menemukan istilah evolusi  pada mahluk hidup
·         Untuk menjelaskan proses evolusi  pada mahluk hidup
ü  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi  yang diwakili oleh salah satu anggota kelompoknya

Konfirmasi
ü  Guru memberikan penghargaan, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa
ü  Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.
Penutup

ü  Refleksi dan identifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
ü  Guru memberi tugas rumah

10’

3
Pendahuluan
.a.  Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religious
    Dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
     memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
    kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan
     menyampaikan tujuan pembelajaran tentang reproduksi pada tumbuhan
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan  reproduksi pada tumbuhan
d  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang  reproduksi pada tumbuhan


10
Kegiatan Inti

Eksplorasi
ü  Siswa diminta duduk  mengelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü  Siswa membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3
*. Untuk menemukan istilah reproduksi generatif dan vegetatif pada tumbuhan
* membedakan reproduksi vegetatif dan generatif
* macam-macam vegetatif alami pada tumbuhan beserta
  Contohnya
* macam-macam vegetatif buatan pada tumbuhan beserta
  Contohnya
*keuntungan dan kerugian vegetatif buatan
    
60’
Elaborasi
ü  Diskusi kelompok tentang :
*. Untuk menemukan istilah reproduksi generatif dan vegetatif pada tumbuhan
* membedakan reproduksi vegetatif dan generatif
* macam-macam vegetatif alami pada tumbuhan beserta
  Contohnya
* macam-macam vegetatif buatan pada tumbuhan beserta
  Contohnya
*keuntungan dan kerugian vegetatif buatan
ü  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi  yang diwakili oleh salah satu  anggota kelompoknya
ü   

Konfirmasi
ü  Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa
ü  Dengan bimbingan guru, siswa membuat rangkuman.

Penutup




ü  Guru memberi penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik
ü  Membimbing siswa membuat kesimpulan
ü  Memberi tugas rumah

10’



4


Pendahuluan
.a.  Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religious
    Dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
     memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
    kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan
     menyampaikan tujuan pembelajaran tentang reproduksi pada hewan
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan  reproduksi pada hewan
d  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang  reproduksi pada hewan

10
Kegiatan Inti

.Eksplorasi
ü  Melakukan kajian  pustaka untuk :
·         membedakansel telur dan sel sperma
·         membedakan proses perkawinan dan pembuahan pada hewan
Menjelaskan perbedaan antara ovipar, vivipar dan ovovivipar
  • menyebutkan macam vegetatif pada hewan dengan contohnya

60’

Elaborasi
ü  Secara perorangan siswa menyebutkan letak bagian telur pada charta
ü  membedakan proses perkawinan dan pembuahan pada hewan
       Menjelaskan perbedaan antara ovipar, vivipar dan ovovivipar
ü  Secara perorangan siswa membuat gambar telur, bagian dan
      fungsinya pada buku masing-masing
ü  Secara perorangan   menyebutkan macam vegetatif pada hewan dan contohnya


Konfirmasi
ü  Guru memberikan penghargaan, penguatan dan perbaikan pada siswa yang berani menjawab dan Dengan bimbingan guru,
ü   siswa membuat rangkuman dibimbing guru

Penutup
ü  Refleksi dan identifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab
ü  Dengan bantuan guru siswa membuat kesimpulan
ü  Guru memberi tugas rumah
10


H.       SUMBER BELAJAR
I.          
1.        Buku Paket  Ilmu Alam Sekitar kelas IX dan buku lain yang relevan
2.        LKS dari MGMP
       


J.        PENILAIAN


Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
No Instrumen
1.    Mengkaitkan perilaku adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan dengan kelangsungan hidup
2.    Mendiskripsikan cara-cara adaptasi mahkluk  hidup.


3.    Memprediksikan  punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan      kemampuan yang dimiliki
4.    Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
5.    Mendiskripsikan cara cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan

Tes tertulis

Tes tertulis


Tes tertulis


Tes tertulis

Tes tertulis

Uraian

uraian
Pil. Ganda

uraian


uraian

Uraian

1

2,3,5,8
4,6,7

9,10


11,12,13

14,15,16




Instrumen


Skor
1.        Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup suatu mahkluk hidup!
2.        Sebutkan 3 macam adaptasi!
3.        Jelaskan pengertian adaptasi morfologi!
4.        Dibawah ini yang merupakan contoh adaptasi morfologi adalah....
a.    bentuk paruh burung             c. putri malu mengatupkan daun saat disentuh
b.    paus muncul ke permukaan d. kadar Hb orang di gunung lebih tingg
5.        Jelaskan pengertian adaptasi fisiologi!
6.        Dibawah ini yang merupakan contoh adaptasi fisiologi adalah....
a.    bentuk paruh burung             c. putri malu mengatupkan daun saat disentuh
b.    paus muncul ke permukaan d. kadar Hb orang di gunung lebih tingg
7.        Jelaskan pengertian adaptasi tingkah laku!
8.        Dibawah ini yang merupakan contoh adaptasi tingkah laku adalah....
a.    bentuk paruh burung             c. putri malu mengatupkan daun saat disentuh
b.    paus muncul ke permukaan d. kadar Hb orang di gunung lebih tingg
9.        Jelaskan pengertian seleksi alam!
10.     Berikan 3 contoh peristiwa alam yang menyebabkan terjadinya seleksi alam!
11.     Jelaskan pengertian perkembangbiakan!
12.     Jelaskan 3 perbedaan pada perkembangbiakn vegetatif dengan generatif
13.     Gambar dan sebutkan bagian –bagian bunga!
14.     Sebutkan 5 cara perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan!
15.     Sebutkan 2 cara perkembangbiakan generatif pada hewan tingkat rendah
16.     Jelaskan 2 cara perkembangbiakan vegetatif pada hewan tingkat rendah!
Skor maks
3

3
1
1


1
1


1
1


2
3
1
6
7
5
2
2
 40
  




































Mengetahui,
Kepala Sekolah,



AnyWuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...