RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.klas 9 SMP N 1 GEMBONG PATI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP 1 )


                                 Jenjang Sekolah               :     SMP Negeri 1 Gembong
                                 Mata Pelajaran                  :     IPA Terpadu
                                 Kelas / Semester              :     IX / 2  ( Genap )
                                 Alokasi Waktu                   :     2 x 40 menit


Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar 2.2 :
Mendeskripsikan pewarisan sifat pada makhluk hidup.

A.      Tujuan Pembelajaran
         1.   Siswa dapat menjelaksan konsep reproduksi vegetatip dan generatip.
2.   Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
1.    Siswa dapat membandingkan cara reproduksi vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
2.    Siswa dapat menjelaskan konsep kromosom dan pembelahan sel.
3.    Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan
4.    Siswa dapat membandingkan cara reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan.

v    Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.      Materi Pembelajaran
1.   Reproduksi Vegetatip
2.   Reproduksi Generatip

C.     Metode Pembelajaran
         1.   Pendekatan                          :     Pembelajaran Kontekstual.
         2.   Metode                                 :     Diskusi Informasi.
3.   Model Pembelajaran            :     Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
      Apakah perbedaan antara vegetatip dan generatip ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
       Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.    Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Siswa dapat memahami cirri-ciri makhluk hidup
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Siswa diminta untuk menentukan cara reproduksi organisme
F  Siswa diminta diskusi tentang
      1). Vegetatip pada tumbuhan.
      2). Vegetatip pada hewan
      3). Generatip pada tumbuhan
      4). Generatip pada hewan.
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
        
E.      Media Pembelajaran
         Alat dan bahan

F.      Sumber Belajar
1.    Buku IPA Terpadu
2.    Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.

G.     Penilaian  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
·   Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediat

·   Tes tertulis



·   Tes tertulis
·   Isian



·   Uraian
·   Materi genetis yang bertanggung jawab dalam penurunan sifat adalah ....

·   Kemukakan perbedaan pengertian resesif. Dominan dan intermediat!



                                                                                                                                                           

MENGETAHUI,
Kepala SMP N 1 GEMBONG




SUBAWI , S.Pd , M.Pd
NIP. 196309061985011003
                        
       GEMBONG ;   JANUARI  2013
       GURU MAPEL  IPA




        Dra. ENY KRISTIYANI
        NIP. 196012011993022002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP  2 )


                                 Jenjang Sekolah               :     SMP Negeri 1 Gembong
                                 Mata Pelajaran                  :     IPA Terpadu
                                 Kelas / Semester              :     IX / 2  ( Genap )
                                 Alokasi Waktu                   :     4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )


Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar 2.3 :
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya

A.      Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menyejdaan sifat yang ditentukan oleh gen yang diturunkan pada keturunannya.
2.   Siswa dapat menjelaskan persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda atau lebih.
3.   Siswa dapat menjelaskan hasil persilangan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

v    Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.      Materi Pembelajaran
Pewarisan sifat.

C.     Metode Pembelajaran
         1.   Pendekatan                          :     Pembelajaran Kontekstual.
         2.   Metode                                 :     Diskusi Informasi
3.   Model Pembelajaran            :     Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan kedua :
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
      Apakah persilangan monohybrid dan dihibrid ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
      Siswa telah memahami sifat morfologi organisme.

2.    Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Siswa dapat Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Siswa diminta untuk membuktikan hokum segregasi bebas dan hokum perpaduan bebas.
F  Siswa diminta diskusi tentang
      1)    Test Cross
      2)    Persilangan hybrid
      3).   Penerapan Ilmu Genetika
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
        
E.      Media Pembelajaran
         Alat dan bahan

F.      Sumber Belajar
1.    Buku IPA Terpadu
2.    Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.

G.     Penilaian  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
·   menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan

·   Tes tertulis


·   Tes tertulis


·   Isian


·   Uraian



·   Bila induk bergenotif Mm maka gamet yang bersifat dominan adalah ....
·   Organisme yang bergenotif BB di silangkan dengan sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah bagan persilangannya hingga F2!


                                      
                                                                                               


MENGETAHUI,
Kepala SMP N 1 GEMBONG




SUBAWI , S.Pd , M.Pd
NIP. 196309061985011003
                        
       GEMBONG ;   JANUARI  2013
       GURU MAPEL  IPA




        Dra. ENY KRISTIYANI
        NIP. 196012011993022002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 3 )


                                 Jenjang Sekolah               :     SMP N 1 Gembong
                                 Mata Pelajaran                  :     IPA Terpadu
                                 Kelas / Semester              :     IX / 2 ( Genap )
                                 Alokasi Waktu                   :     4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )


Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan  makhluk hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar 2.4 :
Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.

A.      Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
2.   Siswa dapat menjelaskan cara-caraapatkan bibit unggul.
3.   Siswa dapat menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses bioteknologi pangan
4.   Siswa dapat menjelaskan peranan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.

v    Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.      Materi Pembelajaran
Bioteknologi pangan

C.     Metode Pembelajaran
         1.   Pendekatan                          :     Pembelajaran Kontekstual.
         2.   Metode                                 :     Diskusi Informasi
3.   Model Pembelajaran            :     Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan kedua :
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi :
                                                Apakah bioteknologi pangan itu ?
b.   Prasyarat Pengetahuan :
      Siswa telah memahami dampak perubahan populasi manusia.

2.    Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Siswa dapat Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Siswa diminta diskusi tentang
       1).     Bioteknologi pertanian
       2).     Penggunaan mikroorganisme dalam pembuatan makanan.
       3).     Bioteknologi pertanian.
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
        
E.      Media Pembelajaran
         Charta Tahapan Kultur

F.      Sumber Belajar
1.    Buku IPA Terpadu
2.    Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.

G.     Penilaian  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mendefinisikan pengetian bioteknologi
·   Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
·   Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya
·   Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik)

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis


·   Penugasan




·   Penugasan
·   Uraian

·   Uraian


·   Tugas proyek



·   Tugas rumah
·   Definisikan pengertian bioteknologi!
·   Kemukakan minimal dua keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan!
·   Lakukanlah survey dilingkungan sekitar yang berhubungan dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan laporkan hasilnya
·   Rencanakan dan lakukan pembuatan tape (ketan atau singkong) laporkan hasilnya




MENGETAHUI,
Kepala SMP N 1 GEMBONG




SUBAWI , S.Pd , M.Pd
NIP. 196309061985011003
                        
       GEMBONG ;   JANUARI  2013
       GURU MAPEL  IPA




        Dra. ENY KRISTIYANI
        NIP. 196012011993022002





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...