RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1 )
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 1 Gembong
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas
/ Semester : IX / 2 (
Genap )
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar 2.2 :
Mendeskripsikan pewarisan sifat pada makhluk hidup.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaksan konsep reproduksi vegetatip dan generatip.
2. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi
vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
1. Siswa dapat membandingkan cara reproduksi vegetatip pada tumbuhan dan
hewan.
2. Siswa dapat menjelaskan konsep kromosom dan pembelahan sel.
3. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan
4. Siswa dapat membandingkan cara reproduksi generatip pada tumbuhan dan
hewan.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
1. Reproduksi Vegetatip
2. Reproduksi Generatip
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi.
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran
langsung dan pembelajaran kooperatif
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Apakah perbedaan antara vegetatip dan
generatip ?
b. Prasyarat Pengetahuan :
Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk
hidup.
2.
Kegiatan
Inti :
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F Siswa dapat memahami cirri-ciri makhluk hidup
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F Melengkapi kalimat
berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa diminta untuk
menentukan cara reproduksi organisme
F Siswa diminta diskusi tentang
1). Vegetatip pada tumbuhan.
2). Vegetatip pada hewan
3). Generatip pada tumbuhan
4). Generatip
pada hewan.
F Memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan
F. Sumber Belajar
1.
Buku
IPA Terpadu
2.
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan
sifat (gen, kromosom)
· Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan
intermediat
|
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
|
·
Isian
·
Uraian
|
·
Materi genetis yang
bertanggung jawab dalam penurunan sifat adalah ....
·
Kemukakan perbedaan
pengertian resesif. Dominan dan intermediat!
|
MENGETAHUI,
Kepala
SMP N 1 GEMBONG
SUBAWI
, S.Pd , M.Pd
NIP.
196309061985011003
|
GEMBONG ; JANUARI
2013
GURU MAPEL IPA
Dra. ENY KRISTIYANI
NIP. 196012011993022002
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 2 )
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 1 Gembong
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas
/ Semester : IX / 2 (
Genap )
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar 2.3 :
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyejdaan sifat yang
ditentukan oleh gen yang diturunkan pada keturunannya.
2. Siswa dapat menjelaskan
persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda atau lebih.
3. Siswa dapat menjelaskan hasil
persilangan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Pewarisan sifat.
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran
langsung dan pembelajaran kooperatif
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua :
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Apakah persilangan monohybrid dan dihibrid
?
b. Prasyarat Pengetahuan :
Siswa telah memahami sifat morfologi
organisme.
2.
Kegiatan
Inti :
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F Siswa dapat Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F Melengkapi kalimat
berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa diminta untuk
membuktikan hokum segregasi bebas dan hokum perpaduan bebas.
F Siswa diminta diskusi
tentang
1) Test Cross
2) Persilangan hybrid
3). Penerapan Ilmu Genetika
F Memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan
F. Sumber Belajar
1.
Buku IPA Terpadu
2.
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
·
menentukan rasio hasil persilangan persilangan
monohibrida dan dihibrida melalui bagan
|
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
|
·
Isian
·
Uraian
|
·
Bila induk bergenotif
Mm maka gamet yang bersifat dominan adalah ....
·
Organisme yang
bergenotif BB di silangkan dengan sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah bagan
persilangannya hingga F2!
|
MENGETAHUI,
Kepala
SMP N 1 GEMBONG
SUBAWI
, S.Pd , M.Pd
NIP.
196309061985011003
|
GEMBONG ; JANUARI
2013
GURU MAPEL IPA
Dra. ENY KRISTIYANI
NIP. 196012011993022002
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 3 )
Jenjang
Sekolah : SMP N 1 Gembong
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas
/ Semester : IX / 2 ( Genap )
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan makhluk hidup
makhluk hidup.
Kompetensi Dasar 2.4 :
Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup
manusia melalui produksi pangan.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menerapkan
bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
2. Siswa dapat menjelaskan
cara-caraapatkan bibit unggul.
3. Siswa dapat menjelaskan peran
mikroorganisme dalam proses bioteknologi pangan
4. Siswa dapat menjelaskan peranan
bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Bioteknologi pangan
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran
langsung dan pembelajaran kooperatif
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua :
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Apakah bioteknologi pangan itu ?
b. Prasyarat
Pengetahuan :
Siswa telah memahami dampak perubahan
populasi manusia.
2.
Kegiatan
Inti :
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F Siswa dapat Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup
manusia melalui produksi pangan
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F Melengkapi kalimat
berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa diminta diskusi tentang
1). Bioteknologi
pertanian
2). Penggunaan
mikroorganisme dalam pembuatan makanan.
3). Bioteknologi
pertanian.
F Memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Charta Tahapan Kultur
F. Sumber Belajar
1.
Buku IPA Terpadu
2.
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mendefinisikan pengetian bioteknologi
·
Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi
dalam produksi pangan
·
Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan
modern di lingkungan sekitarnya
·
Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat
dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari
buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik)
|
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Penugasan
·
Penugasan
|
·
Uraian
·
Uraian
·
Tugas proyek
·
Tugas rumah
|
·
Definisikan pengertian
bioteknologi!
·
Kemukakan minimal dua
keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan!
·
Lakukanlah survey
dilingkungan sekitar yang berhubungan dengan pemanfaatan bioteknologi
konvensional dan laporkan hasilnya
·
Rencanakan dan lakukan
pembuatan tape (ketan atau singkong) laporkan hasilnya
|
MENGETAHUI,
Kepala
SMP N 1 GEMBONG
SUBAWI
, S.Pd , M.Pd
NIP.
196309061985011003
|
GEMBONG ; JANUARI
2013
GURU MAPEL IPA
Dra. ENY KRISTIYANI
NIP. 196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar