RSS

JAGA Makanan UNTUK KESEHATAN di Musim Hujan

SEKILAS INFO HIDUP SEHAT

JAGA Makanan UNTUK KESEHATAN di Musim Hujan

Pada musim penghujan ,cuaca tidak menentu, suhu udara juga tidak menentu sehingga akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Di musim penghujan karena aktivitas kita yang sambil kehujanan dijalan dapat mengakibatkan :
1. Kekebalan tubuh menurun
Kekebalan tubuh kita bisa merosot di musim hujan karena suhu yang dingin. Untuk melindungi diri kita dari penyakit di musim hujan, maka banyak-banyaklah konsumsi makanan /minuman yang mengandung vitamin C. Anda bisa mendapatkan vitamin C melalui pepaya, jeruk, kecambah, dan sebagainya. Vitamin ini akan meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Selain vitamin C, Anda juga bisa mengonsumsi bayam, brokoli, kentang, atau wortel yang kaya beta karoten. Beta karoten juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
2. Kurang energi
Pada musim penghujan banyak malas2an diruangan rumah karena diluaran hujan sehingga kita seolah-olah tidak ada daya memiliki semangat menjalani hidup. Untuk mengatasinya maka kita hendaknya mengonsumsi makanan kaya serat dan protein, seperti telur, yogurt, tahu, kacang, dan oats juga memberikan Anda energi penuh.
3. Selera / mood yang buruk
Cuaca mendung kurang cahaya matahari membuat selera Anda ikutan mendung? Atasi dengan mengonsumsi makanan /minuman yang mengandung vitamin D. Vitamin D mempengaruhi zat kimia otak yang berkaitan dengan rasa bahagia, yaitu dopamine. Vitamin D dapat Anda temui dalam jus jeruk, yogurt, jamur, atau lainnya. Sementara itu, asam lemak omega-3 dan folat yang terkandung dalam bayam, asparagus, dan kacang juga bisa mengusir stres yang Anda rasakan.
4. Kulit kering
Ketika kita terus menerus berada dalam ruangan dengan pemanas atau pendingin membuat kulit mudah kering dan pecah-pecah. Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan seperti gandum utuh, nasi dan kuning telur. Biotin dalam kuning telur membantu produksi asam lemak yang bagus untuk melembapkan dan melembutkan kulit.
5. Peradangan kulit dan jerawat
Pada musim hujan jerawat mulai bermunculan di wajah maka kita hendaknya mengkonsumsi ikan salmon , kembang kol, bayam, belut, ikan lele, apokat,minyak zaitun ,ikan tuna, kedelai, telur, yang kaya asam omega-3.


SEMOGA BERMANFAAT

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...