RSS

KLASIFIKASI BUNGA MAWAR DAN MANFAATNYA


KLASIFIKASI BUNGA MAWAR DAN MANFAATNYA

Dalam sistematika tumbuhan (taksonomi), secara lengkap klasifikasi bunga mawar adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledonae
Ordo: Rosanales
Famili: Rosaceae
Genus: Rosa
Spesies: Rosa hybrida
Nama umum: mawar
Habitus: Semak; tinggi ± 2 m.
Deskripsi tanaman:
Batang: tegak, bulat, berkayu, berduri, hijau keabu-abuan; Daun: Majemuk, lonjong, berseling, panjang 5-10 cm, lebar 1,5-2,5 cm, tepi beringgit, ujung runcing, pangkal meruncing, pertulangan menyirip, tangkai selinder, berwarna hijau keabu-abuan.

Deskripsi Bunga:
Majemuk, bulat, diujung batang atau cabang, panjang tangkai ± 2,5 cm, berwarna abu-abu, kelopak berbentuklonceng, benang sari bertangkai, kepala sari berwarna kuning, memiliki putik bulat, panjang ± 0,5 cm, mahkota bunga yang halus, berarna merah dan berbau harum. Tanaman bunga mawar juga mengandung senyawa kimia flavonoid dan polifenol yang tinggi.

Manfaat Bunga Mawar
1. Mengatasi Bengkak di Kaki
Penyembuhan kulit. Jika terkena efek kemerahan pada kulit karena pembesaran pembuluh kapiler, iritasi, ataupun luka bakar,
Bunga mawar mempunyai manfaat sebagai mengatasi bengkak pada kaki, caranya silakan anda ambil 2-3 bunga mawar lalu ditambah 30gram daun sembung dan di cuci bersih. Lalu rebus dengan air 600ml dan diminum airnya dengan 2 kali sehari.

2. Kesegaran Tubuh
Bisa menjaga kesegaran tubuh, seperti menyehatkan mata dan membersihkan gigi.

3. Penambah Bahan Makanan

Di dalam wangi yang harum, bunga mawar mampu Meningkatkan kolagen. Juga Kandungan vitamin C dalam mawar yang cukup tinggi. Jadi, anda bisa menambahkan bunga bawar di dalam makanan dan minuman yang anda buat.

4. Kesehatan Rambut
Kandungan dalam bunga mawar bisa membantu untuk mengatasi masalah kerusakan pada rambut dan bisa merawat rambut tetap sehat.

5. Mempercantik Kulit
Bunga mawar mempunyai kandungan lemak asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit, sehingga bisa mempunyai kulit yang cantik dan lembut. Mencegah kerut kulit. Kandungan polifenol di Mawar mampu melembapkan kulit, sebagai serum, dan minyak tubuh sehingga akhirnya bisa mencegah kerutan di kulit.

6. Mengurangi Stres
Aroma harum pada bunga mawar bisa menghilangkan rasa yang nyaman sehingga stres yang anda hadapi bisa kembali dalam keadaan tenang. Bahkan masyarakat romawi kuno memanfaatkan bunga mawar sebagai obat despresi.

7. Menyembuhkan penyakit seperti batuk, gigitan serangga, bengkak pada tubuh, serangan campak, melancarkan siklus menstruasi, luka memar, nyeri haid, kram betis, hingga rahim turun.

8. Mengurangi sakit kepala. Dengan kandungan zat yang menenangkan dan memberikan efek terapi. Mawar cantik bisa mengurangi sakit kepala yang menyerang.

9. Mengatasi masalah pencernaan. Pengobatan ini telah populer digunakan oleh masyarakat India kuno. Mawar dianggap mampu masalah pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh.

Jadi, jika selama ini anda hanya mengira bahwa bunga mawar hanya sebagai pajangan, itu hal yang salah

SEMOGA BERMANFAAT

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...