RSS

HADIRNYA HUJAN DAN PANAS SILIH BERGANTI WASPADA RADANG TENGGOROKAN

HADIRNYA HUJAN DAN PANAS SILIH BERGANTI WASPADA RADANG TENGGOROKAN

Tenggorokan bermasalah ?
Akibatnya proses menelan pun terhambat ?

Radang tenggorokan yaitu kondisi dimana dinding tenggorokan menebal atau bengkak , berwarna lebih merah, serta bintik-bintik putih dan terasa sakit bila menelan makanan. Radang tenggorokan sesungguhnya bukanlah nama penyakit. Ia hanyalah gejala dari berbagai penyakit yang muncul, peradangan yang terajadi bisa saja bersifat akut yang ditandai dengan cepat dan relatif singkat atau kronis.
Sebab-sebab Radang Tenggorokan
• Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease). 80% terjadinya radang tenggorokan disebabkan oleh vitus yang dapat menyebabkan demam, batuk dan pilek yang dapat membuat tenggorokan teriritasi.
• Alergi (Bakteri Streptokokus, merokok) dapat menyebabkan radang tenggorokan ringan yang bersifat kronis( menetap).

Gejala Umum Radang Tenggorokan
1. rasa pedih atau gatal dan kering.
2. batuk dan bersin.
3. sedikit demam atau tanpa demam.
4. suara serak atau parau.
5. hidung meler dan adanya cairan di belakang hidung.
6. Infeksi yang disebabkan virus influenza bersifat menular dan sangat mudah tersebar.

Radang tenggorokan menyerang kita pada umumnya saat daya tahan / stamina kita baru turun maka jaga stamina agar tidak terserang radang tenggorokan
Pada kondisi peradangan berlangsung sekitar tiga sampai sepuluh hari. Umumnya, peradangan terasa lebih berat pada pagi hari dan akan membaik seiring berjalannya hari.
Radang tenggorokan menyerang kita pada umumnya saat daya tahan / stamina kita baru turun maka jaga stamina agar tidak terserang radang tenggorokan
virus akan menyerang tubuh manusia yang lemah ( kurang makan menu seimbang dan kurang istirahat ) sedangkan pada manusia yang daya tahan / stamina bagus virus akan takut menyerang tubuh manusia

pantangan makanan penyakit radang tenggorokan
• Air Es

Sakit tenggorokan atau yang biasa dikenal dengan radang tenggorokan ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri. Penyakit ini ditandai dengan nyeri di tenggorokan dan pada beberapa orang bisa sampai demam.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan , kita bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi.
Makanan bernutrisi yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan diantaranya :

1.Pisang
Teksturnya yang lembut membuat pisang sangat mudah ditelan, termasuk bagi orang yang sedang radang tenggorokan. Kandungan vitamin B6, kalium dan vitamin C yang terdapat di dalamnya akan membantu menyembuhkan sakit pada tenggorokan.

2. Sup Ayam
Sup ayam berfungsi sebagai anti peradangan dan mencegah virus yang masuk ke dalam tubuh. Tambahkan wortel, seledri, lobak, ubi jalar dan bawang putih dalam sop ayam untuk menambah khasiatnya.

3. Jus Lemon dengan Madu
Campuran lemon dan madu akan meredakan sakit tenggorokan Anda dengan baik. Minuman ini juga mampu mendinginkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit saat menelan.

4.Telur
Protein yang terkandung di dalam telur akan membantu menangani peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Masaklah menjadi telur dadar, dan ingat untuk tidak menambahkan bumbu apapun ke dalamnya. Namun, sebaiknya Anda hanya menggunakan putih telurnya saja.

5.Teh Jahe atau Teh Madu
Selain merupakan sajian yang lezat, teh jahe atau teh madu bisa menjadi cara yang luas biasa untuk menangani tenggorokan gatal. Madu berfungsi melapisi tenggorokan dan dapat mencegah iritasi.


6.Wortel Rebus
Wortel dapat menyembuhkan sakit tenggorokan
kandungan gizi yang di dalamnya, tetapi mereka harus dikukus atau direbus terlebih dahulu. Wortel mentah hanya akan memperparah sakit tenggorokan karena teksturnya yang tidak lembut. Selain itu, wortel juga penuh nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium.

SEMOGA BERMANFAAT
 
                             Pati,3 juni 2013

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...