RSS

WASPADA TERHADAP TEKANAN DARAH RENDAH

WASPADA TERHADAP TEKANAN DARAH  RENDAH


Hipotensi adalah kebalikan dari hipertensi (tekanan darah tinggi),
hipotensi merupakan kondisi tekanan darah yang tidak normal karena terlalu rendah. Seeorang dikatakan bertekanan darah rendah bila tensinya kurang dari 90/60 mmHg.

Hipotensi biasanya baru menjadi perhatian bila sudah menimbulkan gejala atau gangguan yang berarti. Seperti, merasa pusing lalu jatuh, atau bahkan sampai pingsan. Yang jadi masalahnya, mengobati hipotensi lebih sulit dibandingkan menangani hipertensi. Sebab, obat hipertensi yang sudah banyak dijual di pasaran. Sedangkan, obat untuk mengatasi tekanan darah rendah, nyaris tidak ada obatnya.

FAKTOR PENYEBAB TEKANAN DARAH RENDAH
•    Dehidrasi karena kurang minum, demam, diare hebat dan muntah.
•    Mengonsumsi obat tekanan darah tinggi, obat jantung, antidepresi, obat disfungsi ereksi, atau obat untuk parkinson. Penggunaan obat diuretik secara berlebihan, misalnya pil pelangsing.
•    Mengalami anemia, infeksi berat, gangguan jantung, gangguan sistem saraf pusat, gangguan endokrin (termasuk hipotiroid, hipertiroid, diabetes, dan kadar gula darah rendah).
•    Terlalu lama terpapar udara panas, kehamilan, terlalu lama berbaring karena sakit, usia makin tua.
•    Terforsir pekerjaan tanpa memperhatikan makanan menu seimbang

CARA MENGATASI TEKANAN DARAH RENDAH :

Pada prinsipnya tekanan darah rendah tidak memerlukan pengobatan.
1.    Bila anda merasakan gejala, segeralah berbaring
2.    Biasakan mengubah posisi duduk ke berdiri secara perlahan.
3.    Pada wanita dianjurkan untuk mengenakan stocking yang elastis untuk melancarkan peredaran darah.

MENU MAKANAN YANG DIANJURKAN PENDERITA HIPOTENSI / TEKANAN DARAH RENDAH :
1. Sayur bayam.
Sayur bayam mengandung kalium. Selain itu juga rendah sodium dan kaya folat. Efeknya, dapat membuat peredaran lebih lancar dan membantu proses pembentukan sel darah merah.
2. Minum air mineral / Air putih.
Salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Konsumsi air mineral /Air putih 8 - 10 gelas per hari adalah salah satu solusi untuk dapat menaikkan tekanan darah.
3. Kacang-kacangan.
Berbagai jenis kacang-kacangan, mulai sayur buncis, kacang merah, kacang hijau, dan lainnya dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Ini adalah hasil penelitian dari Harvard Heart Letter.
4. Ayam.
Protein yang dikandung oleh daging ayam membantu dalam pembentukkan sel darah, juga sel tubuh lainnya. Mengkonsumsinya 3 kali seminggu dapat menjauhkan Anda dari tekanan darah rendah. Ingat, buang bagian lemaknya, agar Anda terhindar dari kolesterol jahat.
5. Sereal dan gandum.
Makanan yang terbuat dari gandum, contohnya roti, juga sereal, dapat membuat badan lebih sehat untuk tekanan darah. Zat besi dalam jenis makanan tersebut mampu memperbanyak produksi sel darah merah dan menguatkan pembuluh darah.

6. Menambah konsumsi garam dapur, termasuk makanan asin bergaram. Disarankan total asupan garam sehari diperkirakan setara dengan 10-20 gram (1-2 sendok makan).
7.  Mengkonsumsi kopi,  cabe, coklat, lada, hati ayam kampung/sapi/kambing, susu, mentega, keju dan jahe merah. Sebaliknya hindari makanan yang pahit, asam..
Nah itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah rendah tertarik mau mencobanya.

KOMPLIKASI TEKANAN DARAH RENDAH
Jika tekanan darah tidak dijaga, maka   menyebabkan kekurangan pasokan oksigen dalam tubuh, tubuh tidak dapat melakukan fungsi normal.
Hal ini dapat menyebabkan :
•    pingsan
•    Stroke karena otak kurang pasokan oksigen
•    Terkadang menyebabkan kematian seseorang.


SEMOGA BERMANFAAT UNTUK PEMBACA

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...