RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Gembong
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi : 2. Memahami
sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi
Dasar : 2.1 Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Indikator : 1. Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan akar, batang, dan daun.
2. Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan
stele pada tumbuhan.
3. Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang
dijumpai pada tubuh tumbuhan.
Alokasi Waktu : 2 x 40’
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1. Menjelaskan
struktur jaringan akar, batang, dan daun.
2. Menjelaskan fungsi
jaringan akar, batang, dan daun.
3. Menunjukkan letak
epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan.
4. Menjelaskan fungsi
jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan.
B. Materi
Pembelajaran :
1. Struktur dan fungsi jaringan akar, batang,
dan daun.
2. Jaringan
epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
C. Metode Pembelajaran :
1. Model : Pembelajaran Kooperatif
2. Metode : Diskusi Kelompok
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
a.
Pendahuluan
·
Guru meminta siswa untuk mengingat kembali pelajaran
biologi kelas VII mengenai jaringan tumbuhan.
·
Guru menggali informasi tentang konsep struktur dan
fungsi jaringan tumbuhan.
·
Guru menginformasikan materi yang akan dibahas.
b.
Kegiatan Inti
Tahap Eksplorasi
·
Guru membawa gambar organ akar, batang dan daun tumbuhan sambil memberikan pertanyaan yang mengarah pada struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan.
·
Guru
membagi siswa dalam kelompok. Dalam kelompok, siswa
mengamati gambar-gambar yang tersedia, dan membaca buku tentang struktur dan
fungsi jaringan akar, batang, dan daun, kemudian mendiskusikannya dalam
kelompok.
Tahap Elaborasi
·
Siswa mencatat hasil pengamatan dalam tabel pengamatan.
·
Siswa mengerjakan LKS.
·
Tiap kelompok mempresentasikan hasil
kegiatannya dan guru membimbing menemukan konsep.
Tahap Konfirmasi
·
Guru
memberikan penghargaan terhadap kelompok yang
memiliki kemampuan lebih dari kelompok lainnya.
c. Penutup
·
Guru bersama-sama
dengan siswa membuat rangkuman pelajaran.
·
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
H. Sumber Belajar :
1. Tim Abdi
Guru. 2007. Buku
IPA Terpadu SMP Kelas VIII. Jakarta : Erlangga.
2. LKS
3. Gambar
I. Penilaian hasil belajar :
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1.
|
Test identifikasi |
Lembar Observasi |
Sebutkan nama jaringan dan fungsinya pada gambar yang ditunjuk ! |
MENGETAHUI,
Kepala
SMP N 1 GEMBONG
SUBAWI
, S.Pd , M.Pd
NIP.
196309061985011003
|
GEMBONG ; JANUARI
2013
GURU MAPEL IPA
Dra. ENY KRISTIYANI
NIP. 196012011993022002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Gembong
Mata Pelajaran : IPA, Biologi
Kelas/Semester : VIII / 2
Pokok Bahasan : Fotosintesis dan transformasi energi
Standar Kompetensi : 2.. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Indikator : Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
Menjelaskan proses fotosintesis
Melakukan percobaan fotosintesis
Membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
A. Tujuan Pembelajaran :
Peserta
didik mampu :
1. Menjelaskan
pengertian konsep fotosintesis dan transformasi energi.
2. Melakukan
percobaan proses fotosintesis
3. Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis.
B. Materi
Pembelajaran :
1. Fotosintesis dan transformasi energi.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses
fotosintesis.
C. Sumber Pembelajaran :
1. Tim Abdi Guru. 2007. Buku IPA
Terpadu SMP Kelas VIII. Jakarta : Erlangga.
2. LKS
3. Alat eksperimen
E. Metode Pembelajaran :
1. Model : Kooperatif Learning
2. Metode : Diskusi
kelompok & eksperimen
F. Langkah-langkah Kegiatan :
Pertemuan Pertama (2
x 40 menit)
a. Kegiatan
Pendahuluan
1. Motivasi : Sebutkan fungsi jaringan daun
pada tumbuhan !
2. Pengetahuan
Prasyarat : Jelaskan
proses terjadinya fotosintesis !
b. Kegiatan
Inti
Tahap Eksplorasi :
·
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·
Guru membagikan Lembar kegiatan siswa kepada
peserta didik.
·
Siswa melakukan studi pustaka untuk merumuskan tentang
konsep fotosintesis dan transformasi
energi.
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok.
Tahap Elaborasi :
·
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Guru
memimpin diskusi kelas untuk presentasi hasil diskusi.
Tahap Konfirmasi :
·
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap hasil kegiatan
siswa.
c. Kegiatan Penutup
·
Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan
·
Guru
memberi evaluasi untuk mengetahui daya serap peserta didik terhadap materi yang
baru dipelajari.
·
Guru
memberi tugas rumah berupa latihan soal.
Pertemuan Kedua ( 2
x 40 menit)
a. Kegiatan
Pendahuluan
1) Motivasi dan Apersepsi :
Tumbuh-tumbuhan
untuk hidup perlu makanan, bagaimana cara memperoleh makanannya !
2)
Pengetahuan Prasyarat : Apa yang
dimaksud fotosintesis ?
3)
Pra Eksperimen : Menunjukkan
beberapa macam alat dan bahan yang akan digunakan dalam percobaan (LKS)
b. Kegiatan Inti
Tahap eksplorasi :
·
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·
Guru
menjelaskan cara menggunakan alat-alat & langkah-langkah eksperimen.
Tahap elaborasi :
·
Siswa
mencoba bereksperimen.
·
Siswa mencatat
hasil eksperimen & menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu dari hasil
eksperimen.
·
Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil eksperimennya.
Tahap konfirmasi :
·
Guru
memberikan umpan balik
positif & penguatan.
c. Kegiatan Penutup
1) Guru
bersama siswa bersama-sama membuat rangkuman kegiatan.
2) Guru memberi post test.
G. Penilaian :
1. Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1.
2.
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
|
Test Isian
Uji petik kerja
produk
|
2. Contoh
Instrumen :
1. Deskripsikan
makna perubahan warna pada daun setelah ditetesi yodium !
2. Faktor-faktor
yang mempengaruhi proses fotosintesis adalah …… dan …….
3. Rubrik
Uji Petik Kerja Produk :
No.
|
Aspek
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Ketepatan
pemilihan alat
Prosedur yang
benar
Memperoleh data
yang tepat
|
3
3
4
|
Jumlah
|
10
|
MENGETAHUI,
Kepala
SMP N 1 GEMBONG
SUBAWI
, S.Pd , M.Pd
NIP.
196309061985011003
|
GEMBONG ; JANUARI
2013
GURU MAPEL
IPA
Dra. ENY KRISTIYANI
NIP. 196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar