RSS

RPP ALAT OPTIK KLAS 8 / 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama sekolah
:
SMP Negeri 1 Gembong
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Alam, Fisika
Kelas/Semester
:
VIII (Delapan) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi (SK)
:
6
Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optik dalam produk teknologi sehari – hari.
Kompetensi Dasar (KD)
:
6.4
Mendeskripsikan alat – alat optik dan penerapannya dalam                                       Kehidupan sehari - hari
Indikator
:
1.      Mengetahui bagian- bagian mata dan fungsi masing – masing bagian
2.      Menggambar pembentukan bayangan yang jatuh tepat pada retina, di depan retina dan di belakang retina
3.      Menjelaskan beberapa cacat mata dan cara menanggulangi
4.      Mengetahui bagian – bagian kamera
5.      Menggambar pembentukan bayangan pada kamera dan menentukan sifat bayangannya
6.      Menggambar pembentukan bayangan pada lup dan menentukan sifat bayangannya
7.      Menjelaskan cara kerja mikroskop
8.      Menggambar pembentukan bayangan pada mikroskop dan menentukan sifat bayangannya
9.      Menggambar pembentukan bayangan pada teropong dan menentukan sifat bayangannya
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit


A.
Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1.      Menyebutkan bagian – bagian  mata serta fungsinya
2.      Menggambarkan pembentukan bayangan pada mata normal
3.      Menjelaskan daya akomodasi mata
4.      Menjelaskan penyebab cacat mata dan cara menanggulanginya
5.      Menggambarkan pembentukan bayangan pada cacat mata ( miopi dan hipermetropi )
6.      Menentukan ukuran kaca mata ( kekuatan lensa ) dan focus lensa yang digunakan untuk menolong penderita cacat mata ( miopi dan hipermetropi )
7.      Menyebutkan bagian – bagian kamera dan funsinya
8.      Menyebutkan kesamaan  fungsi bagian mata dengan kamera
9.      Menggambarkan pembentukan bayangan pada kamera dan menentukan sifat bayangannya
10. Menjelaskan fungsi  dan prinsip kerja lup
11. Menggambar pembentukan bayangan pada lup dan menentukan sifat bayangannya
12. Membedakan sifat bayangan  lup jika dilihat dengan mata berakomodasi maksimum dan jika dilihat dengan mata tidak berakomodasi
13. Menjelaskan  bagian dan fungsi mikroskop 
14. Menjelaskan prinsip kerja mikroskop
15. Menggambar pembentukan bayangan pada mikroskop dan menentukan sifat bayangannya
16. Menjelaskan bagian – bagian teropong
17. Menyebutkan jenis – jenis teropong
18. Menggambar pembentukan bayangan pada teropong  bumi dan menentukan sifat bayangannya



B.
Materi Pembelajaran

1.      Alat-alat Optik



C.
Metode Pembelajaran

1
Pendekatan


-   

2
Metode pembelajaran


-  Diskusi Kelompok
-  Tanya – Jawab

3
Model pembelajaran


-  Direc Instruction
-  Kooperatif Learning



D.
Langkah-langkah

Pertemuan 1

1
Kegiatan Pendahuluan


a.
Motivasi    :
-  Mengapa kita dapat melihat ? Apakah di dalam mata kita memiliki alat tertentu , sehingga kita dapat melihat ?



b.
Prasyarat Pengetahuan :
-  Mengapa ada orang yang harus menggunakan kacamata untuk dapat melihat benda dengan jelas ?


c.
Pra Eksperimen        :
-   

2
Kegiatan Inti


Eksplorasi
·          Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok

Elaborasi
·          Secara kelompok siswa melakukan diskusi tentang : “bagian mata beserta fungsinya, menggambarkan        proses pembentukan bayangan pada retina , daya akomodasi mata , penyebab cacat mata dan cara mengatasinya “.
·          Secara kelompok siswa melakukan diskusi tentang : “Bagian kamera beserta fungsinya,dan kesamaan fungsi bagian mata dengan kamera serta menggambarkan proses pembentukan bayangan pada kamera”
·          Guru memantau diskusi tiap kelompok dan membantu memberikan informasi yang benar
·          Secara kelompok siswa menyimpulkan hasil kegiatan di atas

Konfirmasi
·          Guru bersama siswa melakukan diskusi kelas dari hasil diskusi kelompok
·          Guru bersama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar


3
Penutup


·          Guru memberikan tes tentang “ Materi Mata dan Kamera “  
·          Guru memberikan tugas rumah  untuk mencari informasi tentang “  proses terbentuknya foto / gambar pada kamera “ di studio foto terdekat

Pertemuan 2

1
Kegiatan Pendahuluan


a.
Motivasi    :
-  Mengapa tukang jam dapat melihat onderdil jam yang kecil – kecil dalam waktu yang lama ?
-  Dengan alat apakah kita dapat melihat zat – zat renik  / sangat kecil ?
-  Dengan alat apakah kita dapat melihat benda-benda yang amat jauh ,hingga terlihat lebih dekat dan Lebih besar ?


b.
Prasyarat Pengetahuan :
-   


c.
Pra Eksperimen        :
-   

2
Kegiatan Inti


Eksplorasi
·          Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok
Elaborasi
·          Secara kelompok siswa melakukan diskusi tentang : “Lup dan  fungsinya, menggambarkan proses pembentukan bayangan pada lup”
·          Secara kelompok siswa melakukan diskusi tentang : “bagian mikroskop dan fungsinya, serta menggambarkan  proses pembentukan bayangan pada mikroskop “
·          Secara kelompok siswa melakukan diskusi tentang : “bagian teropong bumi dan fungsinya, serta menggambarkan  proses pembentukan bayangan pada teropong  bumi“
·          Guru memantau diskusi tiap kelompok dan membantu memberikan informasi yang benar
·          Secara kelompok siswa menyimpulkan hasil kegiatan di atas
Konfirmasi
·          Guru bersama siswa melakukan diskusi kelas dari hasil diskusi kelompok
·          Guru bersama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar


3
Penutup


·          Guru memberikan tes tentang “ Materi Lup, Mikroskop dan Teropong Bumi “ 



E.
Sumber Belajar

1.        Buku Fisika  Klas VIII Penerbit “ Grahadi “ Karangan “Setya Nurachmandani “ Halaman 212 s/d  234
2.        LKS
3.        Buku Referensi
4.        Model mata, Kamera, Lup, Mikroskop



F.
Penilaian

1
Teknik            :
-  Tes tertulis

2
Bentuk Instrumen     :
-  Uraian

3
Soal Instrumen          :


1).   Tes Uraian :
1.      Sebutkan 4 bagian mata yang kamu ketahui dan masing – masing jelaskan fungsinya      
2.      Gambarkan proses pembentukan bayangan pada retina untuk mata normal !
3.      Apa yang dimaksud daya akomodasi mata ?
4.      Jelaskan apa yang dimaksud 
a.        miopi  ?
b.        Apa penyebabnya ?
c.         Bagaimana cara menanggulanginya ?
5.      Gambarkan proses pembentukan bayangan untuk penderita hipermetropi !
6.      Seseorang menderita hipermetropi dengan titik dekat 50 cm. Agar dapat membaca normal, berapa kekuatan lensa yang diperlukan ?
7.      Sebutkan 4 bagian kamera yang kamu ketahui dan masing – masing jelaskan fungsinya !
8.      Sebutkan 3 kesamaan fungsi bagian mata dengan kamera !
9.      Gambarkan proses pembentukan bayangan pada kamera dan sebutkan sifat bayangan nya !
10. Sebutkan kegunaan lup dalam kehidupan sehari – hari !
11. Gambarkan proses pembentukan bayangan pada lup dan sebutkan sifat bayangannya!
12. Sebutkan 3 bagian mikroskop dan masing – masing jelaskan fungsinya !
13. Jelaskan prinsip kerja mikroskop !
14. Sebutkan 2 jenis teropong yang kamu ketahui !
15. Gambarkan proses pembentukan bayangan pada teropong bumi, dan sebutkan sifat Bayangannya ! 

KUNCI JAWABAN dan NORMA PENILAIAN
1.      Pupil           : celah sempit tempat masuknya cahaya
Iris              : otot berwarna yang mengatur ukuran pupil
Lensa mata : membiaskan cahaya dari benda supaya terbentuk bayangan pada retina
Retina         : tempat terbentunya bayangan
SCORE      : 4

No
SKOR
2
2
3
1
4
3
5
2
6
4
7
4
8
3
9
5
10
2
11
5
12
3
13
5
14
2
15
5
Jumlah Score : 50
Nilai  = jumlah score : 5
         = 50 : 5
         = 10

MENGETAHUI,
Kepala SMP N 1 GEMBONG




SUBAWI , S.Pd , M.Pd
NIP. 196309061985011003
                        
       GEMBONG ;   JANUARI  2013
       GURU MAPEL  IPA




        Dra. ENY KRISTIYANI
        NIP. 196012011993022002

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...