RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Gembong
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam, Fisika
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII (Delapan) / 2 (Dua)
|
|
Standar Kompetensi (SK)
|
:
|
6
|
Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optik
dalam produk teknologi sehari – hari.
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
:
|
6.4
|
Mendeskripsikan alat – alat optik dan penerapannya dalam
Kehidupan sehari - hari
|
Indikator
|
:
|
1.
Mengetahui
bagian- bagian mata dan fungsi masing – masing bagian
2.
Menggambar
pembentukan bayangan yang jatuh tepat pada retina, di depan retina dan di
belakang retina
3.
Menjelaskan
beberapa cacat mata dan cara menanggulangi
4.
Mengetahui bagian –
bagian kamera
5.
Menggambar
pembentukan bayangan pada kamera dan menentukan sifat bayangannya
6.
Menggambar
pembentukan bayangan pada lup dan menentukan sifat bayangannya
7.
Menjelaskan cara kerja
mikroskop
8.
Menggambar pembentukan
bayangan pada mikroskop dan menentukan sifat bayangannya
9.
Menggambar pembentukan
bayangan pada teropong dan menentukan sifat bayangannya
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 40 menit
|
A.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta
didik mampu :
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Menyebutkan
bagian – bagian mata serta fungsinya
2.
Menggambarkan
pembentukan bayangan pada mata normal
3.
Menjelaskan daya
akomodasi mata
4.
Menjelaskan penyebab
cacat mata dan cara menanggulanginya
5.
Menggambarkan
pembentukan bayangan pada cacat mata ( miopi dan hipermetropi )
6.
Menentukan ukuran kaca
mata ( kekuatan lensa ) dan focus lensa yang digunakan untuk menolong
penderita cacat mata ( miopi dan hipermetropi )
7.
Menyebutkan
bagian – bagian kamera dan funsinya
8.
Menyebutkan
kesamaan fungsi bagian mata dengan
kamera
9.
Menggambarkan
pembentukan bayangan pada kamera dan menentukan sifat bayangannya
10.
Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja lup
11.
Menggambar
pembentukan bayangan pada lup dan menentukan sifat bayangannya
12.
Membedakan
sifat bayangan lup jika dilihat dengan
mata berakomodasi maksimum dan jika dilihat dengan mata tidak berakomodasi
13. Menjelaskan bagian dan
fungsi mikroskop
15. Menggambar pembentukan bayangan pada mikroskop dan menentukan
sifat bayangannya
16. Menjelaskan bagian – bagian teropong
17. Menyebutkan jenis – jenis teropong
18. Menggambar pembentukan bayangan pada teropong bumi dan menentukan sifat bayangannya
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
|
Materi
Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Alat-alat Optik
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
|
Metode
Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Pendekatan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
-
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Metode
pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
- Diskusi Kelompok
- Tanya – Jawab
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Model
pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
-
Direc
Instruction
- Kooperatif Learning
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
D.
|
Langkah-langkah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan
1
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Motivasi :
- Mengapa kita dapat melihat ? Apakah di dalam mata kita memiliki
alat tertentu , sehingga kita dapat melihat ?
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Prasyarat Pengetahuan :
- Mengapa ada orang yang harus menggunakan kacamata untuk dapat
melihat benda dengan jelas ?
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Pra Eksperimen :
-
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Kegiatan
Inti
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa
dalam pembentukan kelompok
Elaborasi
·
Secara kelompok siswa
melakukan diskusi tentang : “bagian mata beserta fungsinya,
menggambarkan proses pembentukan
bayangan pada retina , daya akomodasi mata , penyebab cacat mata dan cara
mengatasinya “.
·
Secara kelompok siswa
melakukan diskusi tentang : “Bagian kamera beserta fungsinya,dan kesamaan
fungsi bagian mata dengan kamera serta menggambarkan proses pembentukan
bayangan pada kamera”
·
Guru memantau diskusi
tiap kelompok dan membantu memberikan informasi yang benar
·
Secara kelompok siswa
menyimpulkan hasil kegiatan di atas
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa
melakukan diskusi kelas dari hasil diskusi kelompok
·
Guru bersama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Penutup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Guru memberikan tes
tentang “ Materi Mata dan Kamera “
·
Guru memberikan tugas
rumah untuk mencari informasi tentang
“ proses terbentuknya foto / gambar
pada kamera “ di studio foto terdekat
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Motivasi :
- Mengapa tukang jam dapat melihat onderdil jam yang kecil – kecil
dalam waktu yang lama ?
- Dengan alat apakah kita dapat melihat zat – zat renik / sangat kecil ?
- Dengan alat apakah kita dapat melihat benda-benda yang amat jauh
,hingga terlihat lebih dekat dan Lebih besar ?
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Prasyarat Pengetahuan :
-
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Pra Eksperimen :
-
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Kegiatan
Inti
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Eksplorasi
·
Guru membimbing siswa
dalam pembentukan kelompok
Elaborasi
·
Secara kelompok siswa
melakukan diskusi tentang : “Lup dan
fungsinya, menggambarkan proses pembentukan bayangan pada lup”
·
Secara kelompok siswa
melakukan diskusi tentang : “bagian mikroskop dan fungsinya, serta
menggambarkan proses pembentukan
bayangan pada mikroskop “
·
Secara kelompok siswa
melakukan diskusi tentang : “bagian teropong bumi dan fungsinya, serta
menggambarkan proses pembentukan
bayangan pada teropong bumi“
·
Guru memantau diskusi
tiap kelompok dan membantu memberikan informasi yang benar
·
Secara kelompok siswa
menyimpulkan hasil kegiatan di atas
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa
melakukan diskusi kelas dari hasil diskusi kelompok
·
Guru bersama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Penutup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Guru
memberikan
tes tentang “ Materi Lup, Mikroskop dan Teropong Bumi “
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
E.
|
Sumber
Belajar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Buku Fisika Klas VIII Penerbit “ Grahadi “ Karangan
“Setya Nurachmandani “ Halaman 212 s/d
234
2.
LKS
3.
Buku Referensi
4.
Model
mata, Kamera, Lup, Mikroskop
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
F.
|
Penilaian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Teknik :
- Tes tertulis
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Bentuk Instrumen
:
- Uraian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Soal Instrumen :
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1).
Tes Uraian :
1.
Sebutkan
4 bagian mata yang kamu ketahui dan masing – masing jelaskan fungsinya
2.
Gambarkan
proses pembentukan bayangan pada retina untuk mata normal !
3.
Apa
yang dimaksud daya akomodasi mata ?
4.
Jelaskan
apa yang dimaksud
a.
miopi ?
b.
Apa
penyebabnya ?
c.
Bagaimana
cara menanggulanginya ?
5.
Gambarkan
proses pembentukan bayangan untuk penderita hipermetropi !
6.
Seseorang
menderita hipermetropi dengan titik dekat 50 cm. Agar dapat membaca normal,
berapa kekuatan lensa yang diperlukan ?
7.
Sebutkan
4 bagian kamera yang kamu ketahui dan masing – masing jelaskan fungsinya !
8.
Sebutkan
3 kesamaan fungsi bagian mata dengan kamera !
9.
Gambarkan
proses pembentukan bayangan pada kamera dan sebutkan sifat bayangan nya !
10.
Sebutkan
kegunaan lup dalam kehidupan sehari – hari !
11.
Gambarkan
proses pembentukan bayangan pada lup dan sebutkan sifat bayangannya!
12.
Sebutkan
3 bagian mikroskop dan masing – masing jelaskan fungsinya !
13. Jelaskan prinsip kerja mikroskop !
14.
Sebutkan
2 jenis teropong yang kamu ketahui !
15.
Gambarkan
proses pembentukan bayangan pada teropong bumi, dan sebutkan sifat
Bayangannya !
KUNCI JAWABAN dan NORMA PENILAIAN
1.
Pupil : celah sempit tempat masuknya
cahaya
Iris : otot berwarna
yang mengatur ukuran pupil
Lensa mata : membiaskan cahaya dari benda supaya terbentuk bayangan pada
retina
Retina : tempat terbentunya
bayangan
SCORE : 4
Jumlah Score : 50
Nilai = jumlah score : 5
= 50 : 5
= 10
|
MENGETAHUI,
Kepala SMP N 1 GEMBONG
SUBAWI , S.Pd , M.Pd
NIP. 196309061985011003
|
GEMBONG ; JANUARI
2013
GURU MAPEL IPA
Dra. ENY
KRISTIYANI
NIP.
196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar