KRITERIA KETUNTASAN
MINIMAL
Penghitungan Kriteria
Krtuntasan Minimal (KKM)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Gembong KELAS /
Semester : VII/
I-II
Mata Pelajaran : IPA Tahun
Pelajaran :
2012 -2813
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Penentuan KKM
dari Faktor
|
Hasil KKM dari
aspek
|
||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intak Siswa
|
||||
1
|
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda
alam dengan menggunakan kekuatan
|
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan
beserta satuannya
|
78
|
78
|
72
|
76
|
1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
|
78
|
76
|
72
|
75
|
||
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
78
|
76
|
72
|
75
|
||
JUMLAH
|
208
|
206
|
216
|
226
|
||
RATA-RATA KD. 1
|
78
|
77
|
72
|
75
|
||
2
|
2. Memahami sistem dalam kehidupan manusia
|
2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan
larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
|
75
|
75
|
72
|
73
|
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang
diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
|
78
|
75
|
72
|
75
|
||
2.3 Menjelaskan nama-nama dan rumus kimia sederhana
|
78
|
75
|
72
|
75
|
||
2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
73
|
73
|
72
|
73
|
||
JUMLAH
|
263
|
261
|
288
|
296
|
||
RATA-RATA KD. 2
|
76
|
74,5
|
72
|
74
|
||
2
|
2. Memahami klasifikasi zat
|
2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan
larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
|
74
|
73
|
72
|
73
|
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang
diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
|
78
|
75
|
72
|
75
|
||
2.3 Menjelaskan nama-nama dan rumus kimia sederhana
|
78
|
78
|
72
|
76
|
||
2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
76
|
75
|
72
|
74,3
|
||
JUMLAH
|
306
|
301
|
288
|
298,3
|
||
RATA-RATA KD. 3
|
76,5
|
75,3
|
72
|
74,6
|
||
4
|
4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan
kimia
|
4.1 Membandingkam sifat fisika zat dan sifat kimia zat
|
77
|
76
|
72
|
75
|
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara
berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
|
74
|
73
|
72
|
73
|
||
4.3 Menyimpulkan perubahan campuran fisika dan kimia
berdasarkan hasil percobaan sederhana
|
74
|
73
|
72
|
73
|
||
4.4 Mengidentifikasikan terjadinya reaksi kimia melalui
percobaan sederhana
|
76
|
73
|
72
|
74,7
|
||
JUMLAH
|
301
|
295
|
288
|
295,7
|
||
RATA-RATA KD. 4
|
75,3
|
73,8
|
72
|
73,7
|
||
5
|
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
5.1 Melaksanakan pengamatan obyek secara terencana dan
sistematis untuk memperoleh
inforamsi gejala alam biotik dan antibiotik
|
80
|
80
|
72
|
77,3
|
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan
gerka lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
76
|
77
|
72
|
75
|
||
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya
untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
|
76
|
80
|
72
|
76
|
||
5.4 Menerpakan keselamaan kerja dalam melakukan pengamatan
gejala-gejala alam
|
75
|
76
|
72
|
74,3
|
||
JUMLAH
|
307
|
313
|
288
|
302,6
|
||
RATA-RATA KD. 5
|
76,8
|
78,3
|
72
|
75,7
|
||
6
|
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
|
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
|
80
|
80
|
72
|
77,3
|
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri
yang dimiliki
|
78
|
78
|
72
|
76
|
||
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
80
|
80
|
72
|
77,3
|
||
JUMLAH
|
238
|
238
|
216
|
230,6
|
||
RATA-RATA KD. 6
|
79,3
|
79,3
|
72
|
76,9
|
||
7
|
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
|
7.1 Menentukan ekosistem dan saling berhubungan antara
komponen ekosistem
|
78
|
76
|
72
|
75
|
7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk
hidup dalam pelestarian ekosistem
|
80
|
80
|
72
|
77,,3
|
||
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia
terhadap lingkungan
|
76
|
74
|
72
|
74
|
||
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
76
|
74
|
72
|
74
|
||
JUMLAH
|
310
|
304
|
288
|
300,3
|
||
RATA-RATA KD. 7
|
77,5
|
76
|
72
|
75,1
|
||
KRITERIA KETUNTASAN
MINIMAL
|
77
|
76
|
72
|
75
|
||
Mengetahui
|
Gembong,
juli 2012
|
||||||||||||||||||||||||
Kepala
SMP N 1 Gembong
|
Guru
Mata Pelajaran
|
||||||||||||||||||||||||
Any
Wuryaningrum, M.Pd.
|
Dra.
Eny Kristiyani
|
||||||||||||||||||||||||
NIP
196509041989022001
|
NIP.
196012011993022002
|
||||||||||||||||||||||||







0 komentar:
Posting Komentar