RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No: 5
Sekolah : SMP Negeri 1 Gembong
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu :
4 X 40’
A. Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya
B. Kompetensi Dasar : 3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan
sehari-hari
C. Tujuan Pembelajaran : Peserta
didik dapat:
1. Menyimpulkan bahwa massa jenis merupakan
ciri khas suatu zat.
2. Menyimpulkan pengaruh massa dan volume
terhadap massa jenis suatu zat.
3. Menghitung massa jenis suatu zat.
4. Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari.
D. Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
E. Materi Pembelajaran : Massa
Jenis
F. Metode Pembelajaran : Model:
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode:
- Diskusi kelompok
- Eksperimen
G. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Apakah wujud zat dapat dibedakan
berdasarkan massa jenisnya?
- Apakah massa dan volume mempengaruhi massa
jenis suatu zat?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah massa jenis merupakan ciri khas
suatu zat?
- Faktor apakah yang mempengaruhi massa jenis
suatu zat?
. Pra
eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil neraca dua lengan,
mistar, kayu, besi, alumunium, busa dan karet.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan massa jenis sebagai ciri
khas suatu zat.
F Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen pengaruh
massa dan volume benda terhadap massa jenisnya.
F Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan oleh peserta didik apakah
sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau
kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan
dari data percobaan.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan
informasi yang sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Bagaimana menghitung massa jenis suatu zat?
- Mengapa air laut di muara sungai tidak
dapat segera bercampur dengan air sungai?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah rumus massa jenis suatu zat?
- Bagaimana aplikasi konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari?
a. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi massa jenis
suatu zat.
F Guru memberikan
contoh soal cara menghitung massa jenis suatu zat.
F Guru menunjuk salah
satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai massa jenis suatu zat di depan
kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
F Guru memberikan
beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
F Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi konsep massa jenis dalam kehi-dupan
sehari-hari.
F Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil
diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
H. Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu.
b. Buku
kerja
c. Alat-alat
praktikum
I. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menyelidiki proses
pemuain pada zat padat, cair dan gas
·
Merencanakan percobaan
sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat
·
Menunjukkan prinsip
pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal
|
Observasi
Tes Unjuk kerja
Tes tertulis
|
Lembar observas
Uji petik kerja prosedur dan produk
uraian
|
·
Menggunakan alat Muschenbroek untuk mengamati pemuaian zat
·
Buatlah rancangan
percobaan tentang pemuaian zat
·
Jelaskan cara kerja
setrika listrik otomatis....
·
Jika sebatang besi dibagi menjadi dua bagian, massa
jenisnya....
a. tetap
b. menjadi
setengah massa jenis mula-mula
c.menjadi dua kali massa jenis mula-mula
d. menjadi seperempat massa jenis mula-mula
·
Di muara sungai, air laut tidak dapat segera bercampur
dengan air sungai. Mengapa demikian?
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
|
Gembong, JULI 2012
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar