RSS

RPP 5 (Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No: 5

                      Sekolah                    :   SMP Negeri 1 Gembong
                      Kelas / Semester     :   VII (tujuh)/Semester 1
                      Mata Pelajaran        :   IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
                      Alokasi waktu         :  4 X 40’

A. Standar Kompetensi  :     3.     Memahami wujud zat dan perubahannya

B. Kompetensi Dasar     :     3.2   Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

C. Tujuan Pembelajaran      :       Peserta didik dapat:
                                                1.     Menyimpulkan bahwa massa jenis merupakan ciri khas suatu zat.
                                                2.     Menyimpulkan pengaruh massa dan volume terhadap massa jenis suatu zat.
                                                3.     Menghitung massa jenis suatu zat.
                                                4.     Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

D. Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

E. Materi Pembelajaran  :    Massa Jenis

F. Metode Pembelajaran      :       Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Eksperimen

G. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah wujud zat dapat dibedakan berdasarkan massa jenisnya?
            -     Apakah massa dan volume mempengaruhi massa jenis suatu zat?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah massa jenis merupakan ciri khas suatu zat?
            -     Faktor apakah yang mempengaruhi massa jenis suatu zat?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil neraca dua lengan, mistar, kayu, besi, alumunium, busa dan karet.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan massa jenis sebagai ciri khas suatu zat.
F  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen pengaruh massa dan volume benda terhadap massa jenisnya.
F  Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan oleh peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari data percobaan.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Bagaimana menghitung massa jenis suatu zat?
            -     Mengapa air laut di muara sungai tidak dapat segera bercampur dengan air sungai?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah rumus massa jenis suatu zat?
            -     Bagaimana aplikasi konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari?

a.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi massa jenis suatu zat.
F  Guru memberikan contoh soal cara menghitung massa jenis suatu zat.
F  Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai massa jenis suatu zat di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
F  Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi konsep massa jenis dalam kehi-dupan sehari-hari.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

H. Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu.
b.   Buku kerja
c.   Alat-alat praktikum

I. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menyelidiki proses pemuain pada zat padat, cair dan gas
·     Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat
·     Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal
Observasi


Tes Unjuk kerja



 Tes tertulis
Lembar observas

Uji petik kerja prosedur dan produk

 uraian
·     Menggunakan alat  Muschenbroek untuk mengamati pemuaian zat
·     Buatlah rancangan percobaan tentang pemuaian zat
·     Jelaskan cara kerja setrika listrik otomatis....
·     Jika sebatang besi dibagi menjadi dua bagian, massa jenisnya....
a. tetap                                                                                           
b. menjadi setengah massa jenis mula-mula
c.menjadi dua kali massa jenis mula-mula
d. menjadi seperempat massa jenis mula-mula
·     Di muara sungai, air laut tidak dapat segera bercampur dengan air sungai. Mengapa demikian?



               
Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



 Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...