RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No: 2
Sekolah : SMP Negeri 1 Gembong
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi
waktu : 4 X
40’
I. Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk
mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
II. Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan
pengukurannya.
III. Tujuan Pembelajaran : Peserta
didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian suhu.
2. Menjelaskan bagian-bagian dari termometer.
3. Menyebutkan jenis-jenis termometer.
4. Menggunakan termometer untuk mengukur suhu
suatu benda.
5. Membaca skala pada termometer.
6. Membandingkan skala pada termometer Celsius
dengan termometer skala Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.
IV. Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
V. Materi Pembelajaran :
SUHU
Suhu adalah ukuran atau
derajat panas dinginnya suatu benda. Benda yang panas memiliki suhu yang tinggi
dan benda yang dingin memiliki suhu yang rendah
1. Termometer
Termometer adalah alat untuk mengukur suhu
-
Zat termometrik
Sifat termometrik suatu
zat antara lain perubahan wujud dan perubahan volume
-
Menentukan skala pada
termometer
·
Titik tetap bawah
ditentukan berdasarkan titik lebur es murni pada tekanan 1 atmosfer
·
Titik tetap atas
ditentukan berdasarkan titik didih air murni pada tekanan 1 atmosfer
Ada empat (4) macam
skala termometer, yaitu sebagai berikut :
·
skala Celcius : titik
tetap bawah 0oC, titik tetap atas 100oC dan terbagi atas
100 skala
·
skala Fahrenhait : titik
tetap bawah 3,2oF, titik tetap atas 212oF dan terbagi
atas 180 skala
·
skala Reamur : titik
tetap bawah 0oR, titik tetap atas 80oR dan terbagi atas
80 skala
·
skala Kelvin : titik
tetap bawah 273oK, titik tetap atas 373oK dan terbagi
atas 100 skala
-
Jenis-jenis termometer
·
Termoter maksimum –
minimum
·
Termometer klinis
·
Termometer optik
·
Termometer laboratorium
2. Kesetaraan termometer
-
Kesetaraan skala Celcius
dan skala Fahrenhait
-
Kesetaraan skala Celcius
dan skala Reamur
-
Kesetaraan skala Celcius
da skala Kelvin
Metode Pembelajaran : Model:
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode:
- Diskusi kelompok
- Eksperimen
VI. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Apakah hubungan suhu dengan panas atau
dingin?
- Alat apakah yang dipakai untuk mengukur
bila suhu tubuhmu terasa panas?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan suhu?
- Apakah Satuan Internasional dari besaran
suhu?
. Pra
eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang
terbuat dari kaca.
b. Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
pengertian suhu.
F Menjelaskan
bagian-bagian dari termometer
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Secara kelompok,
peserta didik mendiskusikan pengertian besaran dan klasifikasinya, kemudian
membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok
meng-komunikasikannya.
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN KEDUA
a Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Hasil pengukuran suhu harus dinyatakan
dengan satuan; satuan apakah yang digunakan?
- Apakah satuan suhu dalam Standar
Internasional (SI)?
. Prasyarat pengetahuan
- Guru menunjukkan sebuah termometer, peserta
didik diminta untuk membaca skala.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Menggunakan
termometer untuk mengukur suhu suatu benda.
F Membaca skala pada
termometer.
F Membandingkan skala
pada termometer Celsius dengan termometer skala Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Melalui diskusi
kelas, guru menginformasikan cara membaca skala termometer yang benar.
F Guru
mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan, pengukuran suhu suatu objek, dan
pembacaan skala pada termometer.
F Melalui diskusi
kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada termometer
Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.
F Guru memberikan
informasi cara menentukan skala termometer Celsius dengan termometer Kelvin,
Reamur, dan Fahrenheit dengan perbandingan Tc : Tk :Tr : (Tf - 32) = 5 : (Tc +
273) : 4 : 9.
F Guru memberikan
contoh soal latihan mengenai cara menghitung skala termometer Celsius, Kelvin,
Reamur, dan Fahrenheit.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
VII. Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu
b. Buku
kerja
c. Termometer
VIII. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Membandingkan
skala termometer Celsius dengan termometer yang lain.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Mengapa tangan
manusia tidak dapat dijadikan alat ukur suhu, padahal tangan dapat membedakan
panas dan dingin?
§ Bila termometer
Celsius menunjukkan skala 800, maka skala Reamur akan menunjukkan....
a.640 c.1000
b.960 d.1500
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
AnyWuryaningrum,M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
|
Gembong, JULI 2012
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar