RSS

RPP Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No: 2

         Sekolah                   :     SMP Negeri 1 Gembong
         Kelas / Semester    :     VII (tujuh)/Semester 1
         Mata Pelajaran       :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
         Alokasi waktu         :     4 X 40’

I.  Standar Kompetensi  :     1.     Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
II.  Kompetensi Dasar     :     1.2   Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.

III. Tujuan Pembelajaran     :        Peserta didik dapat:
                                                1.     Menjelaskan pengertian suhu.
                                                2.     Menjelaskan bagian-bagian dari termometer.
                                                3.     Menyebutkan jenis-jenis termometer.
                                                4.     Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu benda.
                                                5.     Membaca skala pada termometer.
                                                6.     Membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer skala Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.
IV. Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

V.  Materi Pembelajaran :    
SUHU

Suhu adalah ukuran atau derajat panas dinginnya suatu benda. Benda yang panas memiliki suhu yang tinggi dan benda yang dingin memiliki suhu yang rendah
1.    Termometer
Termometer adalah alat untuk mengukur suhu
-          Zat termometrik
Sifat termometrik suatu zat antara lain perubahan wujud dan perubahan volume
-          Menentukan skala pada termometer
·         Titik tetap bawah ditentukan berdasarkan titik lebur es murni pada tekanan 1 atmosfer
·         Titik tetap atas ditentukan berdasarkan titik didih air murni pada tekanan 1 atmosfer
Ada empat (4) macam skala termometer, yaitu sebagai berikut :
·         skala Celcius      :   titik tetap bawah 0oC, titik tetap atas 100oC dan terbagi atas 100 skala
·         skala Fahrenhait :   titik tetap bawah 3,2oF, titik tetap atas 212oF dan terbagi atas 180 skala
·         skala Reamur     :   titik tetap bawah 0oR, titik tetap atas 80oR dan terbagi atas 80 skala
·         skala Kelvin        :   titik tetap bawah 273oK, titik tetap atas 373oK dan terbagi atas 100 skala
-          Jenis-jenis termometer
·         Termoter maksimum – minimum
·         Termometer klinis
·         Termometer optik
·         Termometer laboratorium

2.    Kesetaraan termometer
-          Kesetaraan skala Celcius dan skala Fahrenhait
     
-          Kesetaraan skala Celcius dan skala Reamur
     
-          Kesetaraan skala Celcius da skala Kelvin

Metode Pembelajaran    :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Eksperimen

VI. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA 
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah hubungan suhu dengan panas atau dingin?
            -     Alat apakah yang dipakai untuk mengukur bila suhu tubuhmu terasa panas?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan suhu?
            -     Apakah Satuan Internasional dari besaran suhu?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang terbuat dari kaca.

b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan pengertian suhu.
F  Menjelaskan bagian-bagian dari termometer
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Secara kelompok, peserta didik mendiskusikan pengertian besaran dan klasifikasinya, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok meng-komunikasikannya.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a    Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Hasil pengukuran suhu harus dinyatakan dengan satuan; satuan apakah yang digunakan?
            -     Apakah satuan suhu dalam Standar Internasional (SI)?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Guru menunjukkan sebuah termometer, peserta didik diminta untuk membaca skala.

b.   Kegiatan Inti                   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu benda.
F  Membaca skala pada termometer.
F  Membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer skala Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Melalui diskusi kelas, guru menginformasikan cara membaca skala termometer yang benar.
F  Guru mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan, pengukuran suhu suatu objek, dan pembacaan skala pada termometer.
F  Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.
F  Guru memberikan informasi cara menentukan skala termometer Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit dengan perbandingan Tc : Tk :Tr : (Tf - 32) = 5 : (Tc + 273) : 4 : 9.
F  Guru memberikan contoh soal latihan mengenai cara menghitung skala termometer Celsius, Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

VII. Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku kerja
c.   Termometer

VIII. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
  • Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat.

§  Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain.

Tes tertulis
Tes uraian
§  Mengapa tangan manusia tidak dapat dijadikan alat ukur suhu, padahal tangan dapat membedakan panas dan dingin?
§  Bila termometer Celsius menunjukkan skala 800, maka skala Reamur akan menunjukkan....
   a.640             c.1000
   b.960             d.1500 

                                                                                                       
                                                                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah,



AnyWuryaningrum,M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...