RSS

RPP Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No: 3

              Sekolah                    :       SMP Negeri 1 Gembong
              Kelas / Semester     :       VII (tujuh)/Semester 1
               Mata Pelajaran       :       IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
              Alokasi waktu           :          2 X 40’

A. Standar Kompetensi  :     1.     Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.

B. Kompetensi Dasar     :     1.3   Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

C. Tujuan Pembelajaran      :       Peserta didik dapat:
                                                1.     Mengetahui cara menentukan besaran panjang suatu benda dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup.
                                                2.     Mengetahui cara menentukan besaran massa suatu benda dengan menggunakan neraca Ohaus dan neraca elektronik.
                                                3.     Mengetahui cara menentukan besaran waktu dengan menggunakan stopwatch.
                                                4.     Mengetahui cara menentukan volume benda padat yang bentuknya teratur dan tidak teratur.
                                                5.     Mengetahui alat-alat laboratorium yang lain beserta fungsinya.

D. Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


E. Materi Pembelajaran  :   
PENGUKURAN

Mengukur adalah membandingkan besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan.
Alat ukur standart harus memenuhi 3 syarat :
a.    mempunyai nilai tetap, tidak mengalami perubahan dalam keadaan apapun
b.    dapat digunakan secara internasional
c.    mudah ditiru
Alat ukur panjang :
a.    mistar : ketelitian 0,1 cm = 1 mm
b.    pita ukur : ketelitian 0,1 cm = 1 mm
c.    jangka sorong : ketelitian 0,1 mm
d.    micrometer sekrup : ketelitian 0,01 mm
Alat ukur massa : neraca pasar, neraca lengan tunggal, neraca dua lengan, neraca tiga lengan dan neraca elektronik.
Alat ukur waktu : jam matahari, jam pasir, arloji, stopwatch, jam atom.
Pengukuran zat padat tak berauran menggunakan sebuah gelas berpancuran dan sebuah gelas ukur.


F. Metode Pembelajaran     :        Model:
                                               -        Direct Instruction (DI)
                                                 -       Cooperative Learning
                                                 Metode:
                                                 -       Diskusi kelompok
                                                 -       Eksperimen
G. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      Motivasi dan apersepsi
      -     Bagaimana cara menggunakan alat ukur sederhana?
      -     Bagaimana mendapatkan hasil pengukuran yang tepat?
      -     Prasyarat pengetahuan
      -     Apakah Satuan Internasional (SI) dari besaran panjang, massa dan waktu?
      -     Bagaimana mengkonversi satuan dari hasil pengukuran ke dalam Satuan Internasional (SI) ?
      Pra eksperimen
      -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang digunakan dalam pengukuran.



b.   Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengetahui cara menentukan besaran panjang suatu benda dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup.
F  Mengetahui cara menentukan besaran massa suatu benda dengan menggunakan neraca Ohaus dan neraca elektronik.
F  Mengetahui cara menentukan besaran waktu dengan menggunakan stopwatch.
F  Mengetahui cara menentukan volume benda padat yang bentuknya teratur dan tidak teratur.
F  Mengetahui alat-alat laboratorium yang lain beserta fungsinya
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mistar, jangka sorong dan mikro-meter sekrup.
F  Guru mempresentasikan bagian-bagian mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dan menunjukkannya kepada peserta didik.
F  Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.
F  Guru mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek, cara membaca skala, menentukan nilai dan membandingkan tingkat ketelitian dari hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup.
F  Guru juga melakukan hal yang sama terhadap alat ukur neraca Ohaus, neraca elektronik dan stopwatch.
F  Peserta didik mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan oleh guru.
F  Guru memeriksa kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) merangkum kegiatan yang telah dilaksanakan.  .           Uji kompetensi lisan:
Ø  Sebutkan bagian-bagian dari jangka sorong, mikrometer sekrup dan neraca Ohaus.
Ø  Sebutkan tingkat ketelitian dari hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup.

H. Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku kerja
c.    Alat-alat ukur

I. Penilaian Hasil Belajar

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal  
§ Mengukur besaran fisika secara baik dan benar dengan meng-gunakan alat ukur

§ Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengu-kuran.

Tes tertulis
Tes uraian
  • Sebutkan lima macam alat laboratorium
      beserta fungsinya

Contoh Instrumen:
      -     Instrumen eksperimen
            Menentukan volume benda padat yang bentuknya tidak teratur dengan menggunakan gelas ukur.
Benda
Volume air
Volume benda + air
Volume benda
Benda 1



Benda 2



Benda 3



           
.

                                                                                                       



           


Mengetahui,
Kepala Sekolah,



AnyWuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002

                                                                                                                                     



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...