RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No: 3
Sekolah : SMP Negeri 1 Gembong
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA
(Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu
: 2 X 40’
A. Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari
benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
B. Kompetensi Dasar : 1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti
dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
C. Tujuan Pembelajaran : Peserta
didik dapat:
1. Mengetahui cara menentukan besaran panjang
suatu benda dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup.
2. Mengetahui cara menentukan besaran massa
suatu benda dengan menggunakan neraca Ohaus dan neraca elektronik.
3. Mengetahui cara menentukan besaran waktu
dengan menggunakan stopwatch.
4. Mengetahui cara menentukan volume benda
padat yang bentuknya teratur dan tidak teratur.
5. Mengetahui alat-alat laboratorium yang lain
beserta fungsinya.
D. Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
E. Materi Pembelajaran :
PENGUKURAN
Mengukur adalah
membandingkan besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang ditetapkan
sebagai satuan.
Alat ukur standart harus memenuhi 3 syarat :
a. mempunyai nilai tetap, tidak mengalami perubahan dalam keadaan apapun
b.
dapat digunakan secara
internasional
c.
mudah
ditiru
Alat ukur panjang :
a.
mistar
: ketelitian 0,1 cm = 1 mm
b.
pita
ukur : ketelitian 0,1 cm = 1 mm
c.
jangka
sorong : ketelitian 0,1 mm
d.
micrometer
sekrup : ketelitian 0,01 mm
Alat ukur massa :
neraca pasar, neraca lengan tunggal, neraca dua lengan, neraca tiga lengan dan
neraca elektronik.
Alat ukur waktu : jam
matahari, jam pasir, arloji, stopwatch, jam atom.
Pengukuran zat padat tak berauran menggunakan sebuah gelas berpancuran dan sebuah
gelas ukur.
F. Metode Pembelajaran : Model:
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative
Learning
Metode:
- Diskusi
kelompok
- Eksperimen
G. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi
dan apersepsi
- Bagaimana cara menggunakan alat ukur
sederhana?
- Bagaimana mendapatkan hasil pengukuran yang
tepat?
- Prasyarat pengetahuan
- Apakah Satuan Internasional (SI) dari
besaran panjang, massa dan waktu?
- Bagaimana mengkonversi satuan dari hasil
pengukuran ke dalam Satuan Internasional (SI) ?
Pra
eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang
digunakan dalam pengukuran.
b. Kegiatan Inti.
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Mengetahui cara
menentukan besaran panjang suatu benda dengan menggunakan mistar, jangka sorong
dan mikrometer sekrup.
F Mengetahui cara
menentukan besaran massa suatu benda dengan menggunakan neraca Ohaus dan neraca
elektronik.
F Mengetahui cara
menentukan besaran waktu dengan menggunakan stopwatch.
F Mengetahui cara
menentukan volume benda padat yang bentuknya teratur dan tidak teratur.
F Mengetahui alat-alat
laboratorium yang lain beserta fungsinya
F melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Perwakilan dari tiap
kelompok diminta untuk mengambil mistar, jangka sorong dan mikro-meter sekrup.
F Guru mempresentasikan
bagian-bagian mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dan menunjukkannya
kepada peserta didik.
F Guru meminta salah
satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh
guru, jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.
F Guru
mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek,
cara membaca skala, menentukan nilai dan membandingkan tingkat ketelitian dari
hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer
sekrup.
F Guru juga melakukan
hal yang sama terhadap alat ukur neraca Ohaus, neraca elektronik dan stopwatch.
F Peserta didik
mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan oleh guru.
F Guru memeriksa
kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Guru memberikan
penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
F Peserta didik
(dibimbing oleh guru) merangkum kegiatan yang telah dilaksanakan. . Uji
kompetensi lisan:
Ø
Sebutkan
bagian-bagian dari jangka sorong, mikrometer sekrup dan neraca Ohaus.
Ø
Sebutkan
tingkat ketelitian dari hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka
sorong dan mikrometer sekrup.
H. Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu
b. Buku
kerja
c.
Alat-alat
ukur
I. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Mengukur besaran fisika secara baik dan
benar dengan meng-gunakan alat ukur
§
Memperhatikan
dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengu-kuran.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
beserta fungsinya
|
Contoh Instrumen:
- Instrumen eksperimen
Menentukan
volume benda padat yang bentuknya tidak teratur dengan menggunakan gelas ukur.
Benda
|
Volume
air
|
Volume
benda + air
|
Volume
benda
|
Benda 1
|
|
|
|
Benda 2
|
|
|
|
Benda 3
|
|
|
|
.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
AnyWuryaningrum, M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
Gembong, JULI 2012
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar