RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO: 3
SEKOLAH :
SMP NEGERI 1
Gembong
MAPEL : IPA/BIOLOGI
KELAS /SMT
: IX / 1
WAKTU : 10 x
40 menit (5 x Pertemuan)
A.
STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
A.
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
B.
INDIKATOR
- Mendiskripsikan organ - organ penyusun sistem saraf manusia.
- Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang dan sel saraf dalam sistem koordinasi
- Membandingkan saraf pusat dengan saraf tepi, otak dengan sumsum tulang belakang, saraf otak dengan saraf otonom, saraf simpatik dengan saraf para simpatik
- Menunjukkan bagian- bagian alat indra dan fungsingnya
- Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indra yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca buku paket Ilmu Alam
Sekitar jilid 3 halaman 28-34 siswa dapat menyebutkan organ-organ penyusun
sistem saraf pada manusia beserta fungsinya dengan benar.
2.
Melalui diskusi siswa dapat
menyebutkan 3 sistem organ koordinasi pada manusia dengan tepat.
3.
Melalui diskusi siswa dapat
menyebutkan 3 fungsi utama system saraf pada manusia dengan benar.
4.
Melalui diskusi siswa dapat
menyebutkan perbedaan saraf pusat dengan saraf tepi pada manusia dengan benar.
5.
Melalui diskusi siswa dapat
menyebutkan perbedaan otak dengan sumsum tulang belakang pada manusia dengan
benar.
6.
Melalui diskusi siswa dapat
menyebutkan perbedaan serabut saraf otak dengan serabut saraf tulang belakang
serta saraf otonom pada manusia dengan benar.
7.
Melalui diskusi siswa dapat
menyebutkan perbedaan antara saraf simpatik dan saraf para simpatik. pada manusia
dengan benar.
8.
Disajikan carta/ tayangan CD siswa dapat menyebutkan bagian-bagian sel
saraf dan fungsinya dengan tepat.
9.
Disajikan data komponen organ dalam
gerak biasa secara acak, siswa dapat mengurutkan dengan benar.
10. Disajikan
data komponen organ dalam gerak reflek secara acak, siswa dapat mengurutkan
dengan benar.
11. Dengan
membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar 3 halaman 37-48 siswa dapat menyebutkan 5
macam indra pada manusia beserta fungsinya dengan benar.
12. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian-bagian mata manusia beserta
fungsinya dengan benar.
13. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian-bagian telinga manusia beserta
fungsinya dengan benar.
14. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian-bagian kulit manusia beserta
fungsinya dengan benar.
15. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian-bagian hidung manusia beserta
fungsinya dengan benar.
16. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian-bagian lidah manusia beserta
fungsinya dengan benar.
17. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan kelainan / penyakit pada alat indra
manusia dengan benar.
18. Dengan
penjelasan guru tentang cara menjaga kesehatan alat indra siswa dapat
menyebutkan usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan indra dengan
benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1.
saraf sensorik, motorik, penghubung
Ø Saraf
sensorik disebut juga sel saraf indra, karena berfungsi meneruskan rangsang
dari penerima (indra) ke saraf pusat (otak dan sumsum belakang).
Ø Saraf
motorik (sel saraf penggerak) berfungsi membawa impuls dari pusat saraf (otak dan sumsum belakang) ke otot atau
efektor.
Ø Saraf
penghubung / asosiasi / konektor berfungsi menghubungkan dan meneruskan impuls
dari sel saraf sensorik ke sel saraf motorik. Sel saraf ini banyak terdapat di
otak dan sumsum belakang.
2.
kelenjar, hormon, fungsi dan letaknya
hormon
adalah zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar buntu (endokrin)
kelenjar
endokrin dalam tubuh manusia terdiri dari :
Ø kelenjar
hipofisis
disebut
juga master of gland, karena menghasilkan bermacm-macam hormon yang mengatur
kerja kelenjar hormon lainnya. Hipofisis terbagi menjadi tiga bagian, yaitu
bagian depan (lobus anterior), bagian tengah (lobus intermedia) dan bagian
belakang (lobus posterior).
Hormon
yang dihasilkan oleh hipofisis bagian depan antara lain :
a.
hormon pertumbuhan ( growth hormone /
GH ), berfungsi mengendalikan pertumbuhan tulang, otot dan organ serta
mempengaruhi kecepatan pertumbuhan tubuh. Bila seseorang kelebihan hormone ini
akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa atu disebut gigantisme. Sebaliknya, jika kekurangan mengakibatkan kekerdilan
atau kretinisme
b.
hormone tirotropin ( thyroid
stimulating hormone / TSH ), berfungsi memelihara pertumbuhan dan perkembangan
kelenjar tiroid.
c.
Hormone Adrenocorticotropic / ACTH,
berfungsi mengatur kegiatan kelenjar anak ginjalatau adrenal.
d.
Follicle Stimulating Hormon / FSH,
berfungsi memacu pertumbuhan sel telur pada wanita dan sel sperma pada pria.
e.
Luteinizing Hormon / LH, berfungsi
merangsang pengeluaran sel telur dari ovarium pada wanita. Pada pria LH disebut
Interstitial Cell Stimulating Hormon / ICSH yang merangsang sel interstitial
pada testa untuk berkembang dan menghasilkan hormon testosteron.
f.
Hormone laktogen (prolaktin),
berfungsi merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI pada ibu setelah
melahirkan.
Hipofisis
bagian tengah fungsinya belum jelas. Diduga berperan dalam pigmentasi kulit.
Hipofisis belakang menghasilkan :
a.
Hormone Antidiuretik (ADH) yang
berfungsi mengatur pengeluaran air kencing.
b.
Hormone Oksitosin berfungsi merangsang
kontraksi pada dinding rahim / uterus sehingga mempermudah proses kehamilan.
Ø kelenjar
tiroid (gondok)
berjumlah
sepasang terletak di leher bagian bagian depan dan di bawah jakun. Kelenjar
gondok menghasilkan hormone tiroksin yang berfungsi mengatur pertukaran zat
(metabolism) serta mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh tubuh serta
mental.
Ø kelenjar
paratiroid (anak gondok)
menghasilkan
hormone paratiroid (parathormon) yang berfungsi mengatur metabolism kalsium
dalam darah.
Ø kelenjar
adrenalin (anak ginjal)
terletak
menempel di atas ginjal. Menghasilkan hormone adrenalin yang berfungsi
mengingkatkan denyut jantung, meningkatkan kecepatan pernafasan dan menaikkan
tekanan darah. Hormone adrenalin juga berfungsi mengubah glikogen (gula otot)
menjadi glukosa (gula darah)
Ø kelenjar
pancreas
menghasilkan
hormone insulin dan glucagon yang berfungsi dalam pengaturan gula dalam darah.
Hormone insulin berfungsi menurunkan kadar glukosa dalam darahsedangkan hormone
glucagon berfungsi meningkatkan kadar gula dalam darah.
Ø kelenjar
kelamin (gonad)
dibedakan
kelenjar kelamin pria dan wanita.
Kelenjar
kelamin wanita adalah ovarium yang menghasilkan ovum, hormone estrogen dan
progesterone. Hormone estrogen berfunsi mengatur tanda-tanda kelamin sekunder
wanita seperti menstruasi, payudara membesar, pinggul melebar. Sedangkan
hormone progesteron berfungsi mempersiapkan dinding rahim untuk menerima
embrio.
Kelenjar
kelamin pria adalah testis yang menghasilkan sel sperma dan hormone
testosterone. Hormone ini berperan dalam pengaturan tanda-tanda kelamin
sekunder pria seperti tumbuh kumis, dad bidang, suara membesar, tumbuh jakun
dan tumbuh rambut pada kaki.
3.
bagian dan cara kerja alat indera
Indera
adalah alat tubuh manusia yang peka terhadap rangsang tertentu.
Ø Mata
Mata
terdiri atas :
a.
Kornea (lapisan tipis, kenyal, tembus
pandang) sebagai pelindung
b.
Pupil (orang-orangan) untuk jalannya
sinar yang masuk.
c.
Iris (selaput pelangi) berwarna
coklat, hitam, kecil, biru kehijauan tergantung keturunan. Fungsinya untuk
mengatur besar kecilnya sinar yang masuk.
d.
Lensa mata (berakomodasi) yaitu
mencembung dan memipih untuk melihat pada jarak tertentu.
e.
Retina (layar / film) yaitu tempat
terbentuknya bayangan. Bagian yang paling peka terhadap cahaya disebuk bintik
kuning.
f.
Urat saraf yaitu menyampaikan rangsang
ke otak.
g.
Cacat mata
-
Hipermetropi (rabun dekat) bayangan
jatuh di belakang retina, dapat ditolong dengan lensa positif (cembung)
-
Miopi (rabun jauh) bayangan jatuh di
depan retina. Dapat ditolong dengan lensa cekung
-
Presbiopi (cacat mata tua) karena daya
akomodasi sudah melemah dapat ditolong dengan kaca mata bikoval / rangkap.
-
Astigmatisme, benda tampak garis lurus
Ø Telinga
Suara
yang dapat kita dengar adalah suara yang memiliki frekuensi antara 20 Hz –
20.000 Hz.
a.
Telinga luar terdiri dari : daun
telinga, saluran telinga, gengang telinga. Berfungsi sebagai penerima bunyi.
b.
Telinga tengah terdiri dari : tulang
martil, landasan dan sanggurdi. Berfungsi meneruskan getaran bunyi.
c.
Telinga bagian dalam terdiri dari :
tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran dan rumah siput
(koklea) di rumah siput terdapat cairan dan saraf yang dihubungkan dengan saraf
pendengar di otak.
Proses
pendengaran
Bunyi
(getaran) – telinga luar – telinga tengah – telinga dalam – otak.
Ø Hidung
Sebagai
alat pembau. Dirongga hidung terdapat rambut-rambut (penyaring udara) dan
lender (tempat menempelnya kotoran) sebagai pelembap dan saraf pembau yang peka
terhadap zat-zat kimia berupa uap atau gas.
Ø Lidah
Sebagai
alat pengecap. Ujung-ujung urat saraf terdapat di bagian atas membentuk
kelompok yang disebut kuncup pengecap. Ujung lidah peka terhadap rasa manis,
tepi lidah peka terhadap rasa asin dan asam, pangkal lidah peka terhadap rasa
pahit.
Ø Kulit
Sebagai
alat peraba (sentuhan, tekanan, sakit, dingin, panas dan lain-lain)
Kulit
dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
a.
Epidermis ( kulit ari ) tersusun atas
lapisan tanduk dan lapisan Malpighi.
b.
Dermis ( kulit jangat ) pada lapisan
ini terdapat akar rambut, kelenjar minyak, saluran kelenjar keringat, pembuluh
darah, pembuluh getah bening dan ujung saraf.
c.
Lapisan kulit ikat di bawah kulit
berfungsi menyimpan cadangan lemak.
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Metode : tanya jawab
2.
Model Pembelajaran : diskusi
G. LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
TAHAP
|
RINCIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
a. Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religius dengan
menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
kelas sebagai
wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang system organ saraf
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan
beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan system organ saraf
d Guru
menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang sistem organ saraf
e. Pra Eksprimen
1.
Meminta siswa untuk mencubit salah
satu teman
2.
Siswa yang dicubit diminta menjawab
sakit atau tidak
3.
Meminta siswa menjawab : mengapa
bisa merasakan sakit atau tidak ?
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
ü Siswa
diminta duduk mengelompok sesuai
dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü Siswa
membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3 hal 28 – 34.
ü Mencari tahu tentang :
·
3 organ sistem koordinasi
·
3 fungsi utama system saraf
|
60’
|
|
Elaborasi
ü Diskusi
kelompok tentang :
·
Susunan
skema sistem saraf pada manusia
·
perbedaan saraf pusat dengan
saraf tepi
·
perbedaan otak dengan sumsum
tulang belakang
·
perbedaan serabut saraf otak
dengan serabut saraf tulang belakang serta saraf otonom
·
perbedaan antara saraf
simpatik dan saraf para simpatik.
ü Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi
yang diwakili oleh salah satu
anggota kelompoknya
|
|||
Konfirmasi
ü Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas
hasil diskusi dan presentasi siswa
ü Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
|
|||
Penutup
|
1.
Guru mengidentifikasi
masalah yang dialami siswa untuk memahami materi melalui pembuatan rangkuman
bersama siswa.
2.
Guru memberi tugas rumah tentang fertilisasi dan proses kehamilan
|
10’
|
|
2
|
Pendahuluan
|
a. Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religius dengan
menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
kelas sebagai
wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang sel saraf dan fungsinya
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan
beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan sel saraf dan fungsinya
d Guru
menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang sel saraf dan fungsinya
e. Pra Eksprimen
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
ü Siswa
diminta duduk mengelompok sesuai
dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü Siswa
memperhatikan penayangan CD dan mengkaji pustaka tentang
karakteristik sel syaraf dan fungsinya
ü Siswa
menerima penjelasan dari guru tentang perbedaan gerak biasa dan gerak reflek.
|
60’
|
|
Elaborasi
Diskusi
kelompok tentang :
·
bagian-bagian sel saraf dan
fungsinya
·
mengurutkan organ pelaku gerak
reflek
·
mengurutkan organ pelaku gerak biasa
Wakil dari
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
|
|||
Konfirmasi
ü Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas
hasil diskusi dan presentasi siswa
ü Guru
membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
|
|||
Penutup
|
ü Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi
berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
ü Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk
memahami materi
ü Guru
memberi penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik
ü Membimbing
siswa membuat rangkuman
ü Uji
kompentensi lisan
|
10’
|
|
3
|
Pendahuluan
|
a. Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religius dengan
menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
kelas sebagai
wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang kelainan / penyakit pada sistem
saraf
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan
beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kelainan / penyakit pada sistem saraf
d Guru
menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang kelainan / penyakit pada sistem saraf
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1.
Siswa diminta duduk mengelompok sesuai dengan kelompok yang
sudah dibentuk sebelumnya.
2.
Siswa membaca buku paket Ilmu Alam
Sekitar jilid 3 hal 37 – 45
Siswa
menerima penjelasan dari guru tentang kelainan / penyakit
pada sistem saraf
3.
4.
Siswa
menerima penjelasan dari guru tentang cara mengatasi
4.
kelainan / penyakit pada sistem saraf
|
60’
|
|
Elaborasi
1.
Diskusi kelompok tentang :
2.
Wakil dari kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya
3.
Guru membimbing peserta didik untuk
membuat kesimpulan
|
|||
Konfirmasi
1.
Guru memberikan
penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa.
2.
Membantu siswa membuat
rangkuman
|
|||
Penutup
|
1.
Guru mengidentifikasi
masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan mengingatkan
bahwa pada pertemuan berikutnya dilaksanakan ulangan.
2.
Siswa melakukan refleksi
tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami materi
3.
Guru memberi tugas rumah
pendataan penyakit / kelainan sistem saraf
|
10’
|
|
4
|
Pendahuluan
|
1. Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin
berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai
wujud kepedulian lingkungan
2.
Apresiasi
·
Guru bertanya yang
berkaitan dengan penyakit yang ada hubungannya panca indra
·
Mengapa orang bisa tuli?
3.
Prasyarat pengetahuan
Sistem
organ
4.
Pra Eksprimen
1.
Meminta siswa untuk mencubit salah
satu teman
2.
Siswa yang dicubit diminta menjawab
sakit atau tidak
3.
Meminta siswa menjawab : mengapa
bisa merasakan sakit atau tidak ?
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
ü Siswa
diminta duduk mengelompok sesuai
dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü Siswa
memperhatikan penayangan CD dan mengkaji pustaka tentang
karakteristik panca indra dan fungsinya
|
|
|
|
Elaborasi
1. Diskusi
kelompok tentang :
bagian-bagian
mata manusia beserta fungsinya
bagian-bagian
telinga manusia beserta fungsinya
bagian-bagian
kulit manusia beserta fungsinya
bagian-bagian
hidung manusia beserta fungsinya
bagian-bagian
lidah manusia beserta fungsinya
kelainan indra
2. Wakil
dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
3. Guru
membimbing peserta didik pada saat presentasi
|
|
|
|
Konfirmasi
ü Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas
hasil diskusi dan presentasi siswa
ü Guru
membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
|
|
|
Penutup
|
4.
Guru mengidentifikasi
masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan mengingatkan
bahwa pada pertemuan berikutnya dilaksanakan ulangan.
5.
Siswa melakukan refleksi
tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami materi
6.
Guru memberi tugas rumah
pendataan tentang panca indra dan penyakit /
kelainan panca indra
|
10’
|
|
5
|
Pendahuluan
|
a. Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religius dengan
menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapian kelas sebagai
wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang hormon
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan
beberapa pertanyaan yang berkaitan hormon d Guru menyampaikan cakupan materi secara
garis besar tentang
hormon
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1. Siswa
diminta duduk mengelompok sesuai
dengan kelompok yang sudah
dibentuk sebelumnya.
2.Siswa
membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar
jilid 3 hal 37 – 45 Siswa
menerima penjelasan dari guru tentang kelenjar endokrin
5.
3. Siswa
menerima penjelasan dari guru tentang
kelenjar endokrin
6.
|
|
|
Elaborasi
1.
Diskusi kelompok tentang :
·
bagian-bagian macam – macam penyusun kelenjar endokrin
·
hormon yang dihasilkan dari
macam-macam kelenjar endokrin
·
dampak kelebihan dan
kekurangan hormon dalam tubuh
2.
Wakil dari kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya
3.
Guru membimbing peserta didik dalam presentasi
|
|||
Konfirmasi
1.Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas
hasil diskusi dan
presentasi siswa.
2. Guru
membimbing siswa membuat rangkuman
|
|||
Penutup
|
1. Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi
berdasarkan tanya jawab dan mengingatkan
bahwa pada pertemuan
berikutnya dilaksanakan ulangan.
2. Siswa
melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk
memahami materi
3. Guru memberi
tugas rumah pendataan tentang panca indra dam penyakit /
kelainan pada panca indra
|
|
A.
SUMBER BELAJAR
- Buku Paket kelas IX dan buku lain yang relevan
- LKS dari MGMP
I. PENILAIAN
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
No
Instrumen
|
|
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes
tertulis
|
Pil.
Ganda dan uraian
Pil.
Ganda dan
Pil.
Ganda
Pil
Ganda
Uraian
Uraian
|
1
9
2
3, 4,7,8
5, 6
11-18
19
|
A.Tes
Petunjuk:
Soal
No1 sd 5 dijawab dengan cara menyilang pada huruf didepan jawaban yang paling
benar.
SoalNo7
sd 10 dijawab dengan memberikanjawaban yang tepat ,
- Bagian sel saraf yang menghubungkan antar badan sel adalah....
a.
Akson b.
Dendrit c.
neuron d. mielin
- Sel saraf yang berfungsi menerima rangsang disebut....
a.
Sensorik b.
Motorik c. penghubung d. campuran
- Sistem saraf manusia dibedakan menjadi . . . .
a.
sistem saraf pusat dan sistem saraf sadar
b.
otak dan sumsum tulang belakang
c.
susunan saraf pusat dan susunan saraf tepi
d.
sistem saraf sadar dan sistem saraf tak sadar
- Berikut ini aktivitas organ yang dipengaruhi saraf parasimpatik adalah. . . .
a.
meningkatnya denyut jantung
b.
meningkatnya peristaltik lambung
c.
meningkatnya laju pernapasan
d.
melebarnya pupil
- Bagian indera penglihat yang berfungsi mengatur banyaknya cahaya yang masuk adalah....
a.
Kornea b.
Iris c. lensa d. kelopak
- Bagian indera pendengar yang termasuk telinga luar adalah....
a.
liang telinga b.
tingkap jorong d. eustachius d. rumah siput
- Sistem saraf pusat terdiri atas ....
a.
otak dan serabut saraf c.
serabut saraf dan sumum tulangbelakang
b.
otak dan sumsum tulang belakang d. otak besar, otak kecil, dan sumsum tulang belakang
- Berikut ini adalah fungsi dari sistem saraf simpatik, kecuali…
a.
menurunkan sekresi ludah c memperbesar pupil
b.
mempercepat denyut jantung d.meningkatkan sekresi empedu
- Buatlah bagan sel saraf dan beri keterangannya!
- Jelaskan urutan jalannya rangsang pada sel saraf!
- Jelaskan urutan cara kerja mata
- Bagian telinga yang mengatur keseimbangan terdapat pada bagian mana?
- Bagian indera pembau yang berfungsi menyaring udara adalah...
- Sebutkan 3 perlakuan yang diterima udara pernapasan saat dalam hidung!
- Ujung indera perasa berupa sel apa?
- Buatkan skema letak bagian indera perasa yang peka terhadap rasa asin, manis, pahit, asam!
17.
Ujung indera peraba terletak pada kulit bagian mana?
- Jelaskan urutan kepekaan rabaan kulit dari yang paling luar!
- Sebutkan 5 kelainan pada organ saraf!
B.Kunci Jawaban
NO
|
KUNCI
|
SKOR
|
1
|
B
|
1
|
2
|
A
|
1
|
3
|
C
|
1
|
4
|
D
|
1
|
5
|
A
|
1
|
6
|
A
|
1
|
7
|
B
|
1
|
8
|
A
|
1
|
9
|
inti sel
Badan sel
Protoplasma
Dendrit
Akson/neurit
Mielin
nodusranvier
|
5
|
10
|
Dendrit-badan sel-neurit
|
3
|
11
|
Rangsang-lensa-retina
|
3
|
12
|
Telinga dalam
|
1
|
13
|
Rambut hidung
|
1
|
14
|
Disaring,diatur kelembabannya,disesuaikan suhunya
|
3
|
15
|
Sel saraf sensoris
|
1
|
16
|
Ujung –manis,pangkal-pahit,tepi-asam dan asin
|
4
|
17
|
Dermis
|
1
|
18
|
Sentuhan,tekanan,panas,dingin,nyeri
|
5
|
19
|
Gegar otak, parkinson, saraf kejepit, meningitis,
hidrocephalus, imsomnea, sclerotis, nyeri saraf
|
5
|
|
Skor maks
|
40
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
|
Gembong, JULI 2012
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar