RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 3 (HORMON)


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                      NO: 3

SEKOLAH                :  SMP NEGERI 1 Gembong
MAPEL                    :  IPA/BIOLOGI
KELAS /SMT           :  IX / 1
WAKTU                   :  10 x 40 menit (5 x Pertemuan)

A.    STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

A.    KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
       
B.     INDIKATOR
  1. Mendiskripsikan organ - organ penyusun sistem saraf manusia.
  2. Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang dan sel saraf dalam sistem koordinasi
  3. Membandingkan saraf pusat dengan saraf tepi, otak dengan sumsum tulang belakang, saraf otak dengan saraf otonom, saraf simpatik dengan saraf para simpatik
  4. Menunjukkan bagian- bagian alat indra dan fungsingnya
  5. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indra yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Dengan membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3 halaman 28-34 siswa dapat menyebutkan organ-organ penyusun sistem saraf pada manusia beserta fungsinya dengan benar.
2.        Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan 3 sistem organ koordinasi pada manusia dengan tepat.
3.        Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan 3 fungsi utama system saraf pada manusia dengan benar.
4.        Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan perbedaan saraf pusat dengan saraf tepi pada manusia dengan benar.
5.        Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan perbedaan otak dengan sumsum tulang belakang pada manusia dengan benar.
6.        Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan perbedaan serabut saraf otak dengan serabut saraf tulang belakang serta saraf otonom pada manusia dengan benar.
7.        Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan perbedaan antara saraf simpatik dan saraf para simpatik. pada manusia dengan benar.
8.        Disajikan carta/ tayangan CD  siswa dapat menyebutkan bagian-bagian sel saraf dan fungsinya dengan tepat.
9.        Disajikan data komponen organ dalam gerak biasa secara acak, siswa dapat mengurutkan dengan benar.
10.     Disajikan data komponen organ dalam gerak reflek secara acak, siswa dapat mengurutkan dengan benar.
11.     Dengan membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar 3 halaman 37-48 siswa dapat menyebutkan 5 macam indra pada manusia beserta fungsinya dengan benar.
12.     Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian-bagian mata manusia beserta fungsinya dengan benar.
13.     Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian-bagian telinga manusia beserta fungsinya dengan benar.
14.     Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian-bagian kulit manusia beserta fungsinya dengan benar.
15.     Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian-bagian hidung manusia beserta fungsinya dengan benar.
16.     Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan bagian-bagian lidah manusia beserta fungsinya dengan benar.
17.     Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan kelainan / penyakit pada alat indra manusia dengan  benar.
18.     Dengan penjelasan guru tentang cara menjaga kesehatan alat indra siswa dapat menyebutkan usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan indra dengan benar.


E. MATERI PEMBELAJARAN
1.       saraf sensorik, motorik, penghubung
Ø  Saraf sensorik disebut juga sel saraf indra, karena berfungsi meneruskan rangsang dari penerima (indra) ke saraf pusat (otak dan sumsum belakang).
Ø  Saraf motorik (sel saraf penggerak) berfungsi membawa impuls dari pusat saraf  (otak dan sumsum belakang) ke otot atau efektor.
Ø  Saraf penghubung / asosiasi / konektor berfungsi menghubungkan dan meneruskan impuls dari sel saraf sensorik ke sel saraf motorik. Sel saraf ini banyak terdapat di otak dan sumsum belakang.
2.       kelenjar, hormon, fungsi dan letaknya
hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar buntu (endokrin)
kelenjar endokrin dalam tubuh manusia terdiri dari :
Ø  kelenjar hipofisis
disebut juga master of gland, karena menghasilkan bermacm-macam hormon yang mengatur kerja kelenjar hormon lainnya. Hipofisis terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian depan (lobus anterior), bagian tengah (lobus intermedia) dan bagian belakang (lobus posterior).
Hormon yang dihasilkan oleh hipofisis bagian depan antara lain :
a.        hormon pertumbuhan ( growth hormone / GH ), berfungsi mengendalikan pertumbuhan tulang, otot dan organ serta mempengaruhi kecepatan pertumbuhan tubuh. Bila seseorang kelebihan hormone ini akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa atu disebut gigantisme. Sebaliknya, jika kekurangan mengakibatkan kekerdilan atau kretinisme
b.        hormone tirotropin ( thyroid stimulating hormone / TSH ), berfungsi memelihara pertumbuhan dan perkembangan kelenjar tiroid.
c.        Hormone Adrenocorticotropic / ACTH, berfungsi mengatur kegiatan kelenjar anak ginjalatau adrenal.
d.        Follicle Stimulating Hormon / FSH, berfungsi memacu pertumbuhan sel telur pada wanita dan sel sperma pada pria.
e.        Luteinizing Hormon / LH, berfungsi merangsang pengeluaran sel telur dari ovarium pada wanita. Pada pria LH disebut Interstitial Cell Stimulating Hormon / ICSH yang merangsang sel interstitial pada testa untuk berkembang dan menghasilkan hormon testosteron.
f.         Hormone laktogen (prolaktin), berfungsi merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI pada ibu setelah melahirkan.
Hipofisis bagian tengah fungsinya belum jelas. Diduga berperan dalam pigmentasi kulit. Hipofisis belakang menghasilkan :
a.        Hormone Antidiuretik (ADH) yang berfungsi mengatur pengeluaran air kencing.
b.        Hormone Oksitosin berfungsi merangsang kontraksi pada dinding rahim / uterus sehingga mempermudah proses kehamilan.
Ø  kelenjar tiroid (gondok)
berjumlah sepasang terletak di leher bagian bagian depan dan di bawah jakun. Kelenjar gondok menghasilkan hormone tiroksin yang berfungsi mengatur pertukaran zat (metabolism) serta mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh tubuh serta mental.
Ø  kelenjar paratiroid (anak gondok)
menghasilkan hormone paratiroid (parathormon) yang berfungsi mengatur metabolism kalsium dalam darah.
Ø  kelenjar adrenalin (anak ginjal)
terletak menempel di atas ginjal. Menghasilkan hormone adrenalin yang berfungsi mengingkatkan denyut jantung, meningkatkan kecepatan pernafasan dan menaikkan tekanan darah. Hormone adrenalin juga berfungsi mengubah glikogen (gula otot) menjadi glukosa (gula darah)
Ø  kelenjar pancreas
menghasilkan hormone insulin dan glucagon yang berfungsi dalam pengaturan gula dalam darah. Hormone insulin berfungsi menurunkan kadar glukosa dalam darahsedangkan hormone glucagon berfungsi meningkatkan kadar gula dalam darah.
Ø  kelenjar kelamin (gonad)
dibedakan kelenjar kelamin pria dan wanita.
Kelenjar kelamin wanita adalah ovarium yang menghasilkan ovum, hormone estrogen dan progesterone. Hormone estrogen berfunsi mengatur tanda-tanda kelamin sekunder wanita seperti menstruasi, payudara membesar, pinggul melebar. Sedangkan hormone progesteron berfungsi mempersiapkan dinding rahim untuk menerima embrio.
Kelenjar kelamin pria adalah testis yang menghasilkan sel sperma dan hormone testosterone. Hormone ini berperan dalam pengaturan tanda-tanda kelamin sekunder pria seperti tumbuh kumis, dad bidang, suara membesar, tumbuh jakun dan tumbuh rambut pada kaki.
3.       bagian dan cara kerja alat indera
Indera adalah alat tubuh manusia yang peka terhadap rangsang tertentu.
Ø  Mata
Mata terdiri atas :
a.        Kornea (lapisan tipis, kenyal, tembus pandang) sebagai pelindung
b.        Pupil (orang-orangan) untuk jalannya sinar yang masuk.
c.        Iris (selaput pelangi) berwarna coklat, hitam, kecil, biru kehijauan tergantung keturunan. Fungsinya untuk mengatur besar kecilnya sinar yang masuk.
d.        Lensa mata (berakomodasi) yaitu mencembung dan memipih untuk melihat pada jarak tertentu.
e.        Retina (layar / film) yaitu tempat terbentuknya bayangan. Bagian yang paling peka terhadap cahaya disebuk bintik kuning.
f.         Urat saraf yaitu menyampaikan rangsang ke otak.
g.        Cacat mata
-          Hipermetropi (rabun dekat) bayangan jatuh di belakang retina, dapat ditolong dengan lensa positif (cembung)
-          Miopi (rabun jauh) bayangan jatuh di depan retina. Dapat ditolong dengan lensa cekung
-          Presbiopi (cacat mata tua) karena daya akomodasi sudah melemah dapat ditolong dengan kaca mata bikoval / rangkap.
-          Astigmatisme, benda tampak garis lurus
Ø  Telinga
Suara yang dapat kita dengar adalah suara yang memiliki frekuensi antara 20 Hz – 20.000 Hz.
a.        Telinga luar terdiri dari : daun telinga, saluran telinga, gengang telinga. Berfungsi sebagai penerima bunyi.
b.        Telinga tengah terdiri dari : tulang martil, landasan dan sanggurdi. Berfungsi meneruskan getaran bunyi.
c.        Telinga bagian dalam terdiri dari : tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran dan rumah siput (koklea) di rumah siput terdapat cairan dan saraf yang dihubungkan dengan saraf pendengar di otak.
Proses pendengaran
Bunyi (getaran) – telinga luar – telinga tengah – telinga dalam – otak.
Ø  Hidung
Sebagai alat pembau. Dirongga hidung terdapat rambut-rambut (penyaring udara) dan lender (tempat menempelnya kotoran) sebagai pelembap dan saraf pembau yang peka terhadap zat-zat kimia berupa uap atau gas.
Ø  Lidah
Sebagai alat pengecap. Ujung-ujung urat saraf terdapat di bagian atas membentuk kelompok yang disebut kuncup pengecap. Ujung lidah peka terhadap rasa manis, tepi lidah peka terhadap rasa asin dan asam, pangkal lidah peka terhadap rasa pahit.
Ø  Kulit
Sebagai alat peraba (sentuhan, tekanan, sakit, dingin, panas dan lain-lain)
Kulit dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
a.        Epidermis ( kulit ari ) tersusun atas lapisan tanduk dan lapisan Malpighi.
b.        Dermis ( kulit jangat ) pada lapisan ini terdapat akar rambut, kelenjar minyak, saluran kelenjar keringat, pembuluh darah, pembuluh getah bening dan ujung saraf.
c.        Lapisan kulit ikat di bawah kulit berfungsi menyimpan cadangan lemak.

F.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
        1.     Metode                                        :       tanya jawab
        2.     Model Pembelajaran                   :       diskusi

G.   LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN

TAHAP

RINCIAN KEGIATAN

WAKTU
1

Pendahuluan


a.   Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan
      menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa
      kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai
     wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang system organ saraf
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan system organ saraf
d  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang sistem organ saraf
e.   Pra Eksprimen
1.        Meminta siswa untuk mencubit salah satu teman
2.        Siswa yang dicubit diminta menjawab sakit atau tidak
3.        Meminta siswa menjawab : mengapa bisa merasakan sakit atau tidak ?

10’
Kegiatan Inti


Eksplorasi
ü  Siswa diminta duduk  mengelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü  Siswa membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar jilid 3 hal 28 – 34.
ü  Mencari tahu tentang :
·            3 organ sistem koordinasi
·            3 fungsi utama system saraf



60’








Elaborasi
ü  Diskusi kelompok tentang :
·           Susunan  skema sistem saraf pada manusia
·           perbedaan saraf pusat dengan saraf tepi
·           perbedaan otak dengan sumsum tulang belakang
·           perbedaan serabut saraf otak dengan serabut saraf tulang belakang serta saraf otonom
·           perbedaan antara saraf simpatik dan saraf  para simpatik.
ü  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi  yang diwakili oleh salah satu   anggota kelompoknya


Konfirmasi
ü  Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa
ü  Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.


Penutup

1.        Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi melalui pembuatan rangkuman bersama siswa.
2.         Guru memberi tugas rumah  tentang fertilisasi dan proses kehamilan

10’
2

Pendahuluan

a.   Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan
      menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa
      kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai
     wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang sel saraf dan fungsinya
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan sel saraf dan fungsinya
d  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang sel saraf dan fungsinya
e.   Pra Eksprimen
  • Meminta siswa untuk menggelitik temannya
  • Siswa yang digelitik diminta menjawab yang dirasakan

10

Kegiatan Inti

Eksplorasi
ü  Siswa diminta duduk  mengelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü  Siswa memperhatikan penayangan CD dan mengkaji pustaka tentang karakteristik sel syaraf dan fungsinya
ü  Siswa menerima penjelasan dari guru tentang perbedaan gerak biasa dan gerak reflek.

60’

Elaborasi
Diskusi kelompok tentang :
·         bagian-bagian sel saraf dan fungsinya
·         mengurutkan organ pelaku gerak reflek
·         mengurutkan organ pelaku gerak biasa
Wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya


Konfirmasi
ü  Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa
ü  Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan


Penutup

ü  Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
ü  Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami materi
ü  Guru memberi penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik
ü  Membimbing siswa membuat rangkuman
ü  Uji kompentensi lisan

10




3


Pendahuluan

a.   Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan
      menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa
      kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai
     wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang kelainan / penyakit pada sistem saraf
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kelainan / penyakit pada sistem saraf
d  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang kelainan / penyakit pada sistem saraf

10


Kegiatan Inti

Eksplorasi
1.        Siswa diminta duduk  mengelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
2.        Siswa membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar  jilid 3 hal 37 – 45
       Siswa menerima penjelasan dari guru tentang kelainan / penyakit
         pada sistem saraf
3.         4.     Siswa menerima penjelasan dari guru tentang  cara  mengatasi
4.                 kelainan / penyakit pada sistem saraf

60’

Elaborasi
1.        Diskusi kelompok tentang :
  • kelainan / penyakit  pada sistem saraf
  • pencegahan kelainan / penyakit  pada sistem saraf
2.        Wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
3.        Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan



Konfirmasi
1.        Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa.
2.        Membantu siswa membuat rangkuman


Penutup

1.       Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan mengingatkan bahwa pada pertemuan berikutnya dilaksanakan ulangan.
2.       Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami materi
3.       Guru memberi tugas rumah pendataan penyakit / kelainan sistem saraf

    10
4

Pendahuluan

1.      Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan  
2.        Apresiasi
·         Guru bertanya yang berkaitan dengan penyakit yang ada hubungannya panca indra
·         Mengapa orang bisa tuli?
3.        Prasyarat pengetahuan
 Sistem organ
4.        Pra Eksprimen
1.        Meminta siswa untuk mencubit salah satu teman
2.        Siswa yang dicubit diminta menjawab sakit atau tidak
3.        Meminta siswa menjawab : mengapa bisa merasakan sakit atau tidak ?

10’


Kegiatan Inti

Eksplorasi
ü  Siswa diminta duduk  mengelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
ü  Siswa memperhatikan penayangan CD dan mengkaji pustaka tentang karakteristik panca indra dan fungsinya




Elaborasi
1. Diskusi kelompok tentang :
bagian-bagian mata manusia beserta fungsinya
bagian-bagian telinga manusia beserta fungsinya
bagian-bagian kulit manusia beserta fungsinya
bagian-bagian hidung manusia beserta fungsinya
bagian-bagian lidah manusia beserta fungsinya
kelainan indra
2. Wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
3. Guru membimbing peserta didik pada saat presentasi





Konfirmasi
ü  Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa
ü  Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan



Penutup

4.       Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan mengingatkan bahwa pada pertemuan berikutnya dilaksanakan ulangan.
5.       Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami materi
6.       Guru memberi tugas rumah pendataan tentang panca indra dan penyakit /
 kelainan panca indra

    10
5

Pendahuluan

a.   Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan
      menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa
      kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai
     wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang hormon
c. Guru memberi apersepsi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan hormon d  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang hormon
10’


Kegiatan Inti

Eksplorasi
1. Siswa diminta duduk  mengelompok sesuai dengan kelompok yang sudah
     dibentuk sebelumnya.
2.Siswa membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar  jilid 3 hal 37 – 45 Siswa
    menerima penjelasan dari guru tentang kelenjar endokrin
5.        3. Siswa menerima penjelasan dari guru tentang kelenjar endokrin
6.         


Elaborasi
1.        Diskusi kelompok tentang :
·         bagian-bagian macam – macam penyusun kelenjar endokrin
·         hormon yang dihasilkan dari macam-macam kelenjar endokrin
·         dampak kelebihan dan kekurangan hormon dalam tubuh
2.        Wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
3.        Guru membimbing peserta didik dalam presentasi


Konfirmasi
1.Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan
    presentasi siswa.
2. Guru membimbing siswa membuat rangkuman


Penutup

1. Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi
     berdasarkan tanya jawab dan mengingatkan bahwa pada pertemuan
     berikutnya dilaksanakan ulangan.
2. Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk
    memahami materi
3. Guru memberi tugas rumah pendataan tentang panca indra dam penyakit /
    kelainan pada panca indra



A.           SUMBER BELAJAR
  1. Buku Paket  kelas IX dan buku lain yang relevan
  2. LKS dari MGMP
       
I.        PENILAIAN

Indikator
Penilaian

Teknik

Bentuk Instrumen
No Instrumen
  1. Mendiskripsikan organ - organ penyusun sistem saraf manusia.
  2. Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang dan sel saraf dalam sistem koordinasi
  3. Membandingkan saraf pusat dengan saraf tepi, otak dengan sumsum tulang belakang, saraf otak dengan saraf otonom, saraf simpatik dengan saraf para simpatik
  4. Menunjukkan bagian- bagian alat indra dan fungsingnya
  5. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indra yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis



Tes tertulis

Tes tertulis



Pil. Ganda dan uraian
Pil. Ganda dan

Pil. Ganda



Pil Ganda
Uraian
Uraian


1
9
2

3, 4,7,8



5, 6
11-18
19







A.Tes
Petunjuk:
Soal No1 sd 5 dijawab dengan cara menyilang pada huruf didepan jawaban yang paling benar.
SoalNo7 sd 10 dijawab dengan memberikanjawaban yang tepat ,
  1. Bagian sel saraf yang menghubungkan antar badan sel adalah....
a.        Akson             b. Dendrit                                c. neuron                 d. mielin
  1. Sel saraf yang berfungsi menerima rangsang disebut....
a.        Sensorik         b. Motorik                c. penghubung        d. campuran
  1. Sistem saraf manusia dibedakan menjadi . . . .
a.        sistem saraf pusat dan sistem saraf sadar
b.        otak dan sumsum tulang belakang
c.        susunan saraf pusat dan susunan saraf tepi
d.        sistem saraf sadar dan sistem saraf tak sadar
  1. Berikut ini aktivitas organ yang dipengaruhi saraf parasimpatik adalah. . . .
a.        meningkatnya denyut jantung
b.        meningkatnya peristaltik lambung
c.        meningkatnya laju pernapasan
d.        melebarnya pupil
  1. Bagian indera penglihat yang berfungsi mengatur banyaknya cahaya yang masuk adalah....
a.        Kornea           b. Iris                       c. lensa                    d. kelopak
  1. Bagian indera pendengar yang termasuk telinga luar adalah....
a.        liang telinga    b. tingkap jorong      d. eustachius           d. rumah siput
  1. Sistem saraf pusat terdiri atas ....
a.        otak dan serabut saraf                                   c. serabut saraf dan sumum tulangbelakang
b.        otak dan sumsum tulang belakang d. otak besar, otak kecil, dan sumsum tulang belakang
  1. Berikut ini adalah fungsi dari sistem saraf simpatik, kecuali
a.        menurunkan sekresi ludah                             c memperbesar pupil
b.        mempercepat denyut jantung                        d.meningkatkan sekresi empedu
  1. Buatlah bagan sel saraf dan beri keterangannya!
  2. Jelaskan urutan jalannya rangsang pada sel saraf!
  3. Jelaskan urutan cara kerja mata
  4. Bagian telinga yang mengatur keseimbangan terdapat pada bagian mana?
  5. Bagian indera pembau yang berfungsi menyaring udara adalah...
  6. Sebutkan 3 perlakuan yang diterima udara pernapasan saat dalam hidung!
  7. Ujung indera perasa berupa sel apa?
  8. Buatkan skema letak bagian indera perasa yang peka terhadap rasa asin, manis, pahit, asam!
17.     Ujung indera peraba terletak pada kulit bagian mana?
  1. Jelaskan urutan kepekaan rabaan kulit dari yang paling luar!
  2. Sebutkan 5 kelainan pada organ saraf!

B.Kunci Jawaban
NO
KUNCI
SKOR
1
B
1
2
A
1
3
C
1
4
D
1
5
A
1
6
A
1
7
B
1
8
A
1
9
 inti sel
Badan sel
Protoplasma
Dendrit
Akson/neurit
Mielin
nodusranvier
5
10
Dendrit-badan sel-neurit
3
11
Rangsang-lensa-retina
3
12
Telinga dalam
1
13
Rambut hidung
1
14
Disaring,diatur kelembabannya,disesuaikan suhunya
3
15
Sel saraf sensoris
1
16
Ujung –manis,pangkal-pahit,tepi-asam dan asin
4
17
Dermis
1
18
Sentuhan,tekanan,panas,dingin,nyeri
5
19
Gegar otak, parkinson, saraf kejepit, meningitis, hidrocephalus, imsomnea, sclerotis, nyeri saraf
5

Skor maks
40



Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...