RSS

LARON DAN 10 tanda-tanda zaman sebuah bangsa sedang menuju jurang kehancuran

 
Laron
Ada pemandangan menarik yang bisa disimak dari perilaku serangga yang bernama laron. sebuah perilaku aneh terjadi ketika laron menemukan cahaya. Secara massal, ribuan laron berbondong bondong terbang menuju lampu panas. Mereka berebut menabraknya. Dan "Tak !" Laron laron itu pun mati bergiliran.
Sulit mencari penjelasan kenapa laron senekat itu. Dan itu terus berulang dari generasi ke generasi. Tanpa sedikitpun mengambil pelajarandari pengalaman generasi sebelumnya. Padahal naluri ,makhluk hidup selalu menginginkan kehidupan bertahan selamanya. Apa laron tidak suka kehidupan ? Mustahil.
Justru, pelajaran laron bisa berharga buat manusia. Sepertinya, wallahu a'lam, Allah SWT mengajarkan manusia untuk berfikir lewat perilaku laron. Jangan seperti laron, karena itu bisa membahayakan.
Serangkaian perilaku itu antara lain. Laron salah menafsirkan dari dunia gelap ke dunia terang. Suasana gelap dalam rongga rongga kayu yang selama ini mengungkung, menumbuhkan eufria dahsyat tentang terang. Terang menjadi sangat sangat menarik. Tanpa mengkaji sedikitpun tentang terang. Mereka terus berkerumun di tengah terang yang secara kebetulan mereka temukan. Dan demi terang itu, mereka kemudian mati.
Sepertinya, laron juga kurang kritis tentang nilai mayoritas. Kalau banyak yang menuju huruf A, maka A menjadi benar dan menjadi pilihan terbaik.
Padahal, tidak semua yang kebanyakan itu benar. Dan sebaliknya, tidak semua yang sedikit itu salah. Nilai benar salah, baik buruk tidak berbanding lurus dengan banyak sedikit.
Dan terakhir, laron kurang membuka mata kalau aktivitas hidup bukan terkungkung pada dua garis besar : gelap terang , hitam putih. Karena Allah melengkapi hidup ini dengan keindahan seribu satu warna. Tapi jadikan putih tetap sebagai dasar semua warna. Dan memang kenyataannya, semua warna itu jika bergabung akan menghasilkan putih.
 
 
 
 
10 tanda-tanda zaman sebuah bangsa sedang menuju jurang kehancuran, yaitu:

1. Meningkatnya kekerasan di kalangan remaja;
2. Membudayanya ketidak jujuran
3.Sikap fanatik terhadap kelompok/peer group;
4. Rendahnya rasa hormat kepada orang tua & guru;
5. Semakin kaburnya moral baik & buruk;
6. Penggunaan bahasa yang memburuk;
7.Meningkatnya perilaku merusak diri, seperti penggunaan narkoba, alkohol, & seks
bebas;
8.Rendahnya rasa tanggung jawab sebagai individu & sebagai warga negara;
9. Menurunnya etos kerja & adanya rasa saling curiga;
10. Kurangnya kepedulian di antara sesama

(Lickona. Educating for Character: How our school can teach respect & responsibility., New Yor Bantam Books, 1992:12-22)
 
 
 
sellu ramai,,end exis group anda,,,i like
 
 
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...