RSS

SILABUS SMP N 1 GEMBONG PATI KLAS 9 SEMESTER GASAL


S I L A B U S
Nama Sekolah                        : SMP Negeri 1 Gembong
Mata Pelajaran                       : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IX/ Ganjil


Standard Kompetensi


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Karakter siswa yang diharapkan
Memahami berbagai system ekskresi dalam kehidupan manusia
















































1.1     Mendeskripsikan system ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan













1.2     Mendeskripsikan system reproduksi dan penakit yang berhubungan dengan system reproduksi pada mnusia











1.3     Mendeskripsikan system koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungana dengan kesehatan






Sistem Ekskresi pada manusia



















Sistem Reproduksi pada Manusia




















Sistem Saraf dan Indera pada Manusia


















v  Mengamati strukstur alat ekskresi pada manusia
v  Studi referensi dan presentasi hasil studi















v  Studi referensi untuk menemukan kaitan antara alat dan cara reproduksi hewan dan manusia
v  Studi referensi untuk mempertajam pemahaman siswa mengenai tujuan dan manfaat reproduksi
v  Membuat peper mengenai kelainan dan penyakit kelamin serta penyakit lain yang berkaitan dengan system reproduksi




v  Mengamati struktur saraf dan indera pada manusia
v  Studi referensi untuk mendata contoh kelainan dan penyakit pada system saraf dan indera yang biasa dijumpai























v  Membandingkan macam organ penyusun system ekskresi pada manusia
v  Mendesripsikan fungsi system ekskresi ada manusia
v  Mendata contoh kelainan dan penyakit pada system ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya








v  Mendeskripsikan alat reproduksi dan cara perkembanganbiakan pada tumbuhan dan hewan
v  Menjelaskan pentingnya reproduksi
v  Memprediksikan tingkat pertumbuhan populasi dengan proses reproduksi
v  Mengidentifikasi organ reproduksi pada manusia dan fungsinya
v  Menjelaskan cara penularan dan penegahan penyakit yang berkaitan dengan system reproduksi





v  Membandingkan macam organ penyusun system saraf pada manusia
v  Menjelaskan fungsi otak, sumsum tulang belakang dan sel saraf dalam system saraf manusia
v  Menunjukan bagian-bagian  alat indera pada manusia
v  Menjelaskan contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan denga saraf dan indera yang biasa dijumpai























Ulangan


Ulangan

 

 

Ulangan













Ulangan



Ulangan

Tugas Kelompok


Ulangan


Tugas Individu








Ulangan


Ulangan


Ulangan

Tugas Kelompok






















5 x 40 menit


















4 x 40 menit



















5 x 40 menit



































Biologi 3,  dan buku lain yang relevan

LKS System ekskresi













Biologi 3,  dan buku lain yang relevan

LKS System reproduksi














Biologi 3,  dan buku lain yang relevan

LKS System koordinasi































*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan perhatian
( respect )
 *Tekun  (diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)



*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan perhatian
( respect )
 *Tekun  (diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)




*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan perhatian
( respect )
 *Tekun  (diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)

























kjhh perhatian ( respe ct)
Tekun ( dilig)
Tanggung jawab ( responsibili

Memahami kelagsungan hidup makhluk hidup

2.1     Mengidenfkasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan















Kelangsungan Hidup Organisme
















v  Melakukan studi pustaka untuk memahami cara adaptasi sehubungan dengan cirri makhluk hidup
v  Studi pustaka untuk menemukan hubungan antara kemampuan adapatasi dan reproduksi dengan kelangsungan hidup orgaisme
v  Membuat peper mengenai kepunahan makhluk hidup dan penyebab serta pencegahannya



v  Mengaitkan cara adaptasi hewan dan tumbuhan dengan cirri khusus yang dimilikinya
v  Memprediksi punahnya beberapa hewan akibat seleksi alam
v  Memberi contoh hewan dan tumbuhan yang hampir punah
v  Menjelaskan peran perkembangbiakan dengan kelangsungan hidup oraganisme
v  Mengaitkan perilaku hewan tertentu di lingkungannya dengan kelangsungan hidupnya



Tugas Kelompok



Ulangan


Ulangan


Ulangan



Tugas Kelompok





 5 x 40 menit
















Biologi 3,  dan buku lain yang relevan












*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan perhatian
( respect )
 *Tekun  (diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)





Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam keidupan sehari-hari

































































































3.1     Mendesripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari









3.2     Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari



























3.3     Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik ang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari






3.4     Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari


Listrik Satis



















Listrik Dinamis




































Sumber Arus Searah














Energi dan Daya Listrik



v  Melakukan percobaan keistrikan pada benda yang digosok dengan kain atau bulu
v  Melalui kajian pustaka mengidentifikasi benda-benda yang dapat menghasilkan listrik statis
v  Melakukan percobaan dengan elektroskop untuk menunukkan sifat-sifat muatan
v  Melalui kajian pustaka menghitung besar gaya Coulomb




v  Melalui kajian pustaka memahami konsep arus dan tegangan listrik
v  Melakukan percobaan pengukuran tegangan listrik batere yang tersusun seri dan parallel
v  Melakukan percobaan sederhana untuk membuat table hubungan atara tegangan dan arus serta menanalisa table tersebut
v  Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat kelistrikan bahan
v  Kajian pustaka untuk mendeskripsikan hokum Kirchoff I dan menganalisis hubungan antara tegagan dan arus pada titik cabang
v  Kajian pustaka untuk menghitung arus dan tegangan pada rangkaian sederhana
v  Kajian pustaka untuk menghitung besar hambatan pengganti seri dan parallel



v  Melalui kajian pustaka memahami konsep gaya gerak listrik
v  Melalui kajian pustaka untuk memahami kerja elemen listrik
v  Melakukan percobaan pengukuran tegangan dengan multimeter








v  Kajian pustaka untuk mendeskripsikan hubungan antara energi dengan arus listrik dan tegangan
v  Kajian pustaka untuk mendeskeripsikan hubungan antara energi dengan daya listrik
v  Kajian pustaka untuk menghitung daya dan energi listrik yang digunakan di rumah tangga
v  Melakukan percobaan untuk menunjukkan perubahan energi listrik menjadi bentuk lain
v  Kajian pustaka untuk mengklasifikasikan alat-alat yang menggunakan energi listrik
v  Melakukan percobaan cara penghematan listrik dan alasannya

v  Menjelaskan benda dapat bermuatan dengan cara digosok
v  Memberi contoh peristiwa sederhana yang menghasilkan benda bermuatan listrik
v  Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar muatan dan jarak pisah dengan gaya listrik yang muncul








v  Menelaskan konsep arus dan tegangan listrik
v  Membuat rangkaian komponen listrik berbagai variasi seri dan parallel

v  Mengukur dan menggambaran hubungan arus dan tegangan dalam grafik
v  Menyelidiki hubungan arus dan tegangan dalam suatu rangkaian
v  Menentukan perbedaan hambatan beberapa jenis logam/bahan
v  Mendeskripsikan Hukum Kirchoff I
v  Menggunakan Hkm. Kirchohh I unuk menghitung V dan I dalam rangkaian
v  Menghitung hambatan pengganti pd rangkaian seri dan parallel












v  Menjelaskan konsep gaya gerak listrik sumber arus listrik
v  Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen primer dan sekunder
v  Mengukur tegangan antara kutub-kutub elemen dan tegangan jepit








v  Menjelaskan hubungan antara V, I dan energi istrik
v  Menjelaskan hubungan antara daya listrik dengan energi listrik dan satuannya
v  Menerapka konsep energi untuk menghiung penggunaan listrik di rumah tangga
v  Menunjukkan perubahan energi listrik ke bentuk lain
v  Menunjukkan alat-alat yang memanfaatkan energi listrik
v  Mempraktekkan penhematan energi listrik dalam kehidupan dan alas an-alasannya



Tugas kelomok


Ulangan



Ulangan












Ulangan

Tugas Kleompok



Tugas Kelompok



Ulangan


Ulangan


Ulangan

Ulangan



Ulangan














Ulangan


Ulangan



Ulangan










Ulangan

Ulangan


Ulangan



Ulangan

Ulangan


Tugas Individu

3 x 40 menit


















 5  x 40 menit



































 4  x 40 menit
















 3  x 40 menit


Fisika 3,  dan buku lain yang relevan

LKS Listrik statis













Fisika 3,  dan buku lain yang relevan

LKS Listrik dinamis






























Fisika 3,  dan buku lain yang relevan

LKS Sumber Arus











LKS Energi dan Daya

*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan perhatian
( respect )
 *Tekun  (diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)



*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan perhatian
( respect )
 *Tekun  (diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)





















*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan perhatian
( respect )
 *Tekun  (diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)

*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan perhatian
( respect )
 *Tekun  (diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)



Memahami konsep kemagnetan dan enerapannya dalam ahidupan sehari-hari

4.1     Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet










Kemagnetan










§   





v  Melakukan percobaan untuk menunjukkan sifat-sifat kutub magnet
v  Mencoba membuat magnet  dan menghilangkan sifat magnet
v  Kajian pustaka memahami teori kemagnetan bumi
v  Melakukan percobaan untuk menjelaskan medan magnet di sekitar kawat berarus



v  Menunjukkan sifat kutub magnet
v  Mendemontrasikan cara membuat magnet dan menghilangkan sifat kemagnetan
v  Memaparkan teori kemagnetan bumi
v  Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif di sekitar kawat berarus




Tugas Kelompok

Tugas Kelompok



Ulangan

Ulangan




 2  x 40 menit
















Fisika 3,  dan buku lain yang relevan

LKS Kemagnetan





*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan perhatian
( respect )
 *Tekun  (diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)



                                                                                                                                                                                                                                                        
Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...