S I L A B U S
Nama Sekolah :
SMP Negeri 1 Gembong
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
IX/ Ganjil
Standard
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter siswa yang
diharapkan
|
Memahami berbagai system
ekskresi dalam kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan system ekskresi pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan system reproduksi dan penakit
yang berhubungan dengan system reproduksi pada mnusia
1.3 Mendeskripsikan system koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungana dengan kesehatan
|
Sistem Ekskresi pada manusia
Sistem Reproduksi pada Manusia
Sistem Saraf dan Indera pada
Manusia
|
v Mengamati strukstur alat ekskresi pada manusia
v Studi referensi dan presentasi hasil studi
v Studi referensi untuk menemukan kaitan antara
alat dan cara reproduksi hewan dan manusia
v Studi referensi untuk mempertajam pemahaman
siswa mengenai tujuan dan manfaat reproduksi
v Membuat peper mengenai kelainan dan penyakit
kelamin serta penyakit lain yang berkaitan dengan system reproduksi
v Mengamati struktur saraf dan indera pada manusia
v Studi referensi untuk mendata contoh kelainan
dan penyakit pada system saraf dan indera yang biasa dijumpai
|
v Membandingkan macam organ penyusun system
ekskresi pada manusia
v Mendesripsikan fungsi system ekskresi ada manusia
v Mendata contoh kelainan dan penyakit pada system
ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya
mengatasinya
v Mendeskripsikan alat reproduksi dan cara
perkembanganbiakan pada tumbuhan dan hewan
v Menjelaskan pentingnya reproduksi
v Memprediksikan tingkat pertumbuhan populasi
dengan proses reproduksi
v Mengidentifikasi organ reproduksi pada manusia
dan fungsinya
v Menjelaskan cara penularan dan penegahan
penyakit yang berkaitan dengan system reproduksi
v Membandingkan macam organ penyusun system saraf
pada manusia
v Menjelaskan fungsi otak, sumsum tulang belakang
dan sel saraf dalam system saraf manusia
v Menunjukan bagian-bagian alat indera pada manusia
v Menjelaskan contoh kelainan dan penyakit yang
berkaitan denga saraf dan indera yang biasa dijumpai
|
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Tugas Kelompok
Ulangan
Tugas Individu
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Tugas Kelompok
|
5 x 40 menit
4 x 40 menit
5 x 40 menit
|
Biologi 3, dan buku lain yang relevan
LKS System ekskresi
Biologi 3, dan buku lain yang relevan
LKS System reproduksi
Biologi 3, dan buku lain yang relevan
LKS System koordinasi
|
*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan
perhatian
( respect )
*Tekun
(diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)
*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan
perhatian
( respect )
*Tekun
(diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)
*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan
perhatian
( respect )
*Tekun
(diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)
kjhh perhatian ( respe
ct)
Tekun ( dilig)
Tanggung jawab ( responsibili
|
Memahami kelagsungan hidup
makhluk hidup
|
2.1 Mengidenfkasi kelangsungan hidup makhluk hidup
melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan
|
Kelangsungan Hidup Organisme
|
v Melakukan studi pustaka untuk memahami cara
adaptasi sehubungan dengan cirri makhluk hidup
v Studi pustaka untuk menemukan hubungan antara
kemampuan adapatasi dan reproduksi dengan kelangsungan hidup orgaisme
v Membuat peper mengenai kepunahan makhluk hidup
dan penyebab serta pencegahannya
|
v Mengaitkan cara adaptasi hewan dan tumbuhan
dengan cirri khusus yang dimilikinya
v Memprediksi punahnya beberapa hewan akibat
seleksi alam
v Memberi contoh hewan dan tumbuhan yang hampir
punah
v Menjelaskan peran perkembangbiakan dengan
kelangsungan hidup oraganisme
v Mengaitkan perilaku hewan tertentu di
lingkungannya dengan kelangsungan hidupnya
|
Tugas Kelompok
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Tugas Kelompok
|
5 x
40 menit
|
Biologi 3, dan buku lain yang relevan
|
*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan
perhatian
( respect )
*Tekun
(diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)
|
Memahami konsep kelistrikan
dan penerapannya dalam keidupan sehari-hari
|
3.1 Mendesripsikan muatan listrik untuk memahami
gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam
suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus
listrik ang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik
serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Listrik Satis
Listrik Dinamis
Sumber Arus Searah
Energi dan Daya Listrik
|
v Melakukan percobaan keistrikan pada benda yang
digosok dengan kain atau bulu
v Melalui kajian pustaka mengidentifikasi
benda-benda yang dapat menghasilkan listrik statis
v Melakukan percobaan dengan elektroskop untuk
menunukkan sifat-sifat muatan
v Melalui kajian pustaka menghitung besar gaya Coulomb
v Melalui kajian pustaka memahami konsep arus dan
tegangan listrik
v Melakukan percobaan pengukuran tegangan listrik
batere yang tersusun seri dan parallel
v Melakukan percobaan sederhana untuk membuat
table hubungan atara tegangan dan arus serta menanalisa table tersebut
v Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat
kelistrikan bahan
v Kajian pustaka untuk mendeskripsikan hokum
Kirchoff I dan menganalisis hubungan antara tegagan dan arus pada titik
cabang
v Kajian pustaka untuk menghitung arus dan
tegangan pada rangkaian sederhana
v Kajian pustaka untuk menghitung besar hambatan
pengganti seri dan parallel
v Melalui kajian pustaka memahami konsep gaya gerak listrik
v Melalui kajian pustaka untuk memahami kerja
elemen listrik
v Melakukan percobaan pengukuran tegangan dengan
multimeter
v Kajian pustaka untuk mendeskripsikan hubungan
antara energi dengan arus listrik dan tegangan
v Kajian pustaka untuk mendeskeripsikan hubungan
antara energi dengan daya listrik
v Kajian pustaka untuk menghitung daya dan energi
listrik yang digunakan di rumah tangga
v Melakukan percobaan untuk menunjukkan perubahan
energi listrik menjadi bentuk lain
v Kajian pustaka untuk mengklasifikasikan
alat-alat yang menggunakan energi listrik
v Melakukan percobaan cara penghematan listrik dan
alasannya
|
v Menjelaskan benda dapat bermuatan dengan cara
digosok
v Memberi contoh peristiwa sederhana yang
menghasilkan benda bermuatan listrik
v Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara
besar muatan dan jarak pisah dengan gaya
listrik yang muncul
v Menelaskan konsep arus dan tegangan listrik
v Membuat rangkaian komponen listrik berbagai
variasi seri dan parallel
v Mengukur dan menggambaran hubungan arus dan
tegangan dalam grafik
v Menyelidiki hubungan arus dan tegangan dalam
suatu rangkaian
v Menentukan perbedaan hambatan beberapa jenis
logam/bahan
v Mendeskripsikan Hukum Kirchoff I
v Menggunakan Hkm. Kirchohh I unuk menghitung V
dan I dalam rangkaian
v Menghitung hambatan pengganti pd rangkaian seri
dan parallel
v Menjelaskan konsep gaya gerak listrik sumber arus listrik
v Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen primer
dan sekunder
v Mengukur tegangan antara kutub-kutub elemen dan
tegangan jepit
v Menjelaskan hubungan antara V, I dan energi
istrik
v Menjelaskan hubungan antara daya listrik dengan
energi listrik dan satuannya
v Menerapka konsep energi untuk menghiung
penggunaan listrik di rumah tangga
v Menunjukkan perubahan energi listrik ke bentuk
lain
v Menunjukkan alat-alat yang memanfaatkan energi
listrik
v Mempraktekkan penhematan energi listrik dalam
kehidupan dan alas an-alasannya
|
Tugas kelomok
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Tugas Kleompok
Tugas Kelompok
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Ulangan
Tugas Individu
|
3 x 40 menit
5 x 40 menit
4 x 40 menit
3 x 40 menit
|
Fisika 3, dan buku lain yang relevan
LKS Listrik statis
Fisika 3, dan buku lain yang relevan
LKS Listrik dinamis
Fisika 3, dan buku lain yang relevan
LKS Sumber Arus
LKS Energi dan Daya
|
*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan
perhatian
( respect )
*Tekun
(diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)
*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan
perhatian
( respect )
*Tekun
(diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)
*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan
perhatian
( respect )
*Tekun
(diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)
*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan
perhatian
( respect )
*Tekun
(diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)
|
Memahami konsep kemagnetan
dan enerapannya dalam ahidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat
magnet
|
Kemagnetan
§ |
v Melakukan percobaan untuk menunjukkan
sifat-sifat kutub magnet
v Mencoba membuat magnet dan menghilangkan sifat magnet
v Kajian pustaka memahami teori kemagnetan bumi
v Melakukan percobaan untuk menjelaskan medan magnet di sekitar
kawat berarus
|
v Menunjukkan sifat kutub magnet
v Mendemontrasikan cara membuat magnet dan
menghilangkan sifat kemagnetan
v Memaparkan teori kemagnetan bumi
v Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif di sekitar
kawat berarus
|
Tugas Kelompok
Tugas Kelompok
Ulangan
Ulangan
|
2 x
40 menit
|
Fisika 3, dan buku lain yang relevan
LKS Kemagnetan
|
*Disiplin
(disciplint)
*Rasa hormat dan
perhatian
( respect )
*Tekun
(diligence)
*Tanggung jawab (responsibility)
*Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
|
Gembong, JULI 2012
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar