RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 1
SEKOLAH :
SMP NEGERI 1 Gembong
MAPEL : IPA/BIOLOGI
KELAS /SMT
: IX / 1 ( GASAL )
WAKTU : 6 x 40 menit
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 1
SEKOLAH : SMP NEGERI 1 GEMBONG
A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan
sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
C.
INDIKATOR
- Mendeskripsikan istilah istilah yang berhubungan dengan pengeluaran zat
- Menyebutkan organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
- Mendesripsikan fungsi sistem ekskresi
- Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem eksresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
- Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem eksresi
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca buku paket Ilmu Alam
Sekitar 3, hal 1 - 4 siswa dapat membedakan defekasi, sekresi dan ekskresi
dengan benar.
2.
Melalui tayangan CD, siswa dapat
menyebutkan bagian-bagian ginjal, dan
fungsinya.masing-masing dengan tepat
3.
Dengan mengamati tayangan CD, siswa
dapat menjelaskan 3 tahapan proses terbentuknya urin dengan benar
4.
Dengan berdiskusi dengan teman
sebangku siswa dapat menyebutkan urutan jalannya urin keluar dari tubuh manusia
5.
Disajikan data macam-macam kelainan
dan penyakit pada ginjal, siswa dapat menyebutkan cara mengatasinya dengan
benar
6.
Dengan membaca buku paket Ilmu Alam
Sekitar hal 5 siswa dapat menyebutkan 5 fungsi kulit pada manusia dengan benar.
7.
Melalui pengamatan tayangan CD, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian kulit,
masing-masing dengan kandungannya dengan benar.
8.
Dengan membaca rangkuman materi pada
BKS tentang hati, siswa dapat menyebutkan 4 fungsi hati dengan benar.
9.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan fungsi hati hubungannya dengan fungsi ginjal dengan benar.
10.
Disajikan data macam-macam kelainan
dan penyakit pada hati, siswa dapat menyebut cara mengatasinya dengan benar
11.
Dengan penjelasan guru tentang cara
menjaga kesehatan alat ekskresi siswa dapat menyebutkan usaha-usaha yang dapat
dilakukan untuk menjaga kesehatan organ ekskresi dengan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1.
3 Istilah pengeluaran : defekasi, sekresi dan
ekskresi
Ø Defekasi
adalah proses pengeluaran sisa – sisa pensernaan berupa tinja ( feses ) yang dikeluarkan
melalui anus.
Ø Sekresi
adalah proses pengeluaran getah oleh kelenjar yang berguna bagi tubuh. Getah
tersebut umumnya mengandung enzim atau hormon.
Ø Ekskresi
adalah proses pengeluaran sisa metabolisme yang sudah tidak berguna lagi bagi
tubuh. Ekskret dapat berupa air beserta zat yang terlarut di dalamnya,
garam-garam mineral dan pigmen empedu yang dikeluarkan bersama urine dan
keringat.
2.
4 organ eksresi
manusia : Paru-paru, kulit, hati, ginjal
Paru
– paru ( Pulmo )
Ø Terdiri
atas dua bagian, yang sebelah kiri mempunyai dua gelambir ( belahan ) dan
sebelah kanan mempunyai tiga gelambir ( belahan ).
Ø Di
dalam paru-paru terdapat bronkus ( percabangan tenggorokan ) membentuk
bronkiolus. Ujung bronkiolus membentuk alveolus. Di alveolus inilah terjadi
pertukaran udara.
Ø Fungsi
paru-paru yaitu mengeluarkan zat sisa berupa CO2 dan H2O.
Kulit
( nitegumen )
Ø Jaringan
terluas pada tubuh manusia sampai 20.000 cm² dengan ketebalan 0,01 cm sampai
dengan 0,5 cm.
Ø Susunan
kulit terdiri atas :
a.
Epidermis ( kulit ari ) tersusun atas
lapisan tanduk dan lapisan Malpighi.
b.
Dermis ( kulit jangat ) pada lapisan
ini terdapat akar rambut, kelenjar minyak, saluran kelenjar keringat, pembuluh
darah, pembuluh getah bening dan ujung saraf.
c.
Jaringan pengikat bawah kulit, pada
lapisan ini terdapat akar rambut, kelenjar minyak, lemak otot penggerak rambut,
saraf dan kelenjar kenringat.
Ø Fungsi
kulit :
a.
Mengeluarkan air keringat, garam dapur
dan urea.
b.
Pelindung tubuh terhadap gesekan,
kuman dan bahan kimia.
c.
Pengatur suhu badan dan menjaga tubuh
agar tidak terlalu mengeluarkan air.
d.
Tempat indra perasa dan peraba.
e.
Tempat menyimpan kelebihan lemak.
f.
Tempat pembentukan vitamin D dari
provitamin D.
Hati
( hepar )
Ø Hati
merupakan kelenjar terbesar di dalam dan letaknya berada pada rongga perut
sebelah kanan, ada di bawah diafragma berwarna kecoklat-coklatan.
Ø Fungsi
hati :
a.
Mengeluarkan empedu.
b.
Membentuk urea
c.
Membentuk protein plasma.
d.
Tempat menyimpan gula dalam bentuk
glikogen.
e.
Tempat pembongkaran eritrosite yang
telah mati.
f.
Mengatur kadar gula dalam darah.
g.
Menawarkan racun.
h.
Tempat penguraian provitamin A menjadi
vitamin A.
Ginjal
( ren )
Ø Ginjal
manusia berjumlah dua belah yang terletak dim kiri dan kanan tulang belakang
bagian pinggang. Warna merah tua berbentuk seperti kacang merah.
Ø Susunan
ginjal terdiri atas : kulit ginjal (kortek), sumsum ginjal (medula), dan rongga
ginjal (piala ginjal / pelvis).
Ø Fungsi
ginjal menyaring darah dan membuang sampah berupa nitrogen dari darah dalam
bentuk urea, mengatur keseimbangan air dan garam dalam darah dan membuang racun
dari dalam tubuh.
Ø Proses
pembentukan urin :
a.
Penyaringan ( Filtrasi )
Di
bagian glomerolus darah disaring. Zat berupa air, glikosa, dan urea mengalami
penyaringan kemudian masuk ke kapsula bowmen. Hasil penyaringan disebut
filtrate glomelururs atau urin primer.
b.
Penyerapan kembali ( reabsorbsi )
Dari
kapsula browmen urin primen mengalir ke saluran pengumpul. Dalam perjalanan
terjadi reabsorbsi zat-zat yang masih berguna bagi tubuh, setelah
reabsorbsi kadar urea semakin tinggi
sehingga terbentuk filtrate tubulus atau urin sekunder.
c.
Augmentasi
Sebelum
sampai saluran pengumpul, darah melalui kapiler melepas zat-zat yang tidak
berguna lainnya ke dalam urin sekunder. Selanjutnya urin sesungguhnya
dikumpulkan dalam tubule kolekta menuju ronga ginjal, selanjutnya urin
disalurkan melalui uereter ke kandung kemih.
Ø Kandunga
urin terdiri dari : air 99%, urea, zat warna empedu, garam-garam terutama garam
dapur, zat-zat yang berlebihan seperti vitamin dan obat-obatan.
Ø Perjalanan
urin : ginjal – urerter – kandung kemih – uretra.
- 4 zat yang diekskresikan : CO2 dan H2O, keringat, cairan empedu, urine
4.
sistem kerja
paru-paru sebagai tempat pertukaran CO2 sisa oksidasi biologi
dalam tubuh, Sistem kerja kulit pada saat mengeluarkan
keringat diawali dengan udara panas poripori melebar darah banyak menuju ke
tempat tsb
kelebihan air akan keluar karena pengaruh kerja kelenjar keringat , sistem kerja hati sebagai alat ekskresi dimulai dari pembongkaran sel erytrosit yang
telah rusak menjdi cairan warno biru kehitaman , ginjal
F. METODE DAN MODEL
PEMBELAJARAN
1.
Metode : tanya jawab
2.
Model Pembelajaran : diskusi
G. LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
|
TAHAP
|
RINCIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
Guru menciptakan suasana
kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian
lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang system
ekskresi pada manusia
c. Guru memberi motivasi
siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang
berkaitan dengan system ekskresi pada manusia
d. Guru menyampaikan cakupan materi secara
garis besar tentang alat ekskresi , fungsi alat ekskresi dan penyakit pada
alat ekskresi
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
ü Siswa melakukan kajian pustaka secara berkelompok untuk :
*menemukan 3 istilah yang berhubungan dengan pengeluaran
menemukan 4 macam organ ekskresi dan zat yang
dikeluarkan tiap organ ekskresi
* Memahami Paru2 mengeluarkan zat sisa
|
60’
|
|
Elaborasi
ü Setiap kelompok melakukan diskusi dengan panduan BKS
ü Perwakilan kelompok mempresentasikan
hasil diskusi
ü Siswa yang lain memberikan tanggapan
|
|||
Konfirmasi
Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi
siswa.
Membimbing siswa membuat rangkuman
|
|||
Penutup
|
1.
Refleksi dan identifikasi
masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan diskusi di kelas
2.
Menugaskan siswa untuk
mempelajari tentang ginjal dan hati sebagai sistem k ekskresi
|
10’
|
|
2
|
Pendahuluan
|
Guru menciptakan suasana
kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian
lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang apa fungsi ginjal
c. Guru memberi motivasi
siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang
berkaitan dengan penyakit
diabetes melitus
d. Guru menyampaikan cakupan materi secara
garis besar tentang alat ekskresi paru-paru , hati
dan fungsinya
|
5 ‘
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
ü Melakukan kajian pustaka secara kelompok untuk
*Memahami sistem kerja ginjal ,anatomi ginjal dan fungsinya
*Memahami sistem kerja hati dan
zat yang dihasilkannya
|
70 ‘
|
|
Elaborasi
ü Siswa perwakilan kelompok mempresentasikan sistem kerja ginjal sebagai alat ekskrei dan zat yang
dihasilkannya , sistem kerja hati
dengan zat yang dihasilkannya
|
|||
|
Konfirmasi
ü Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas
hasil diskusi dan presentasi siswa.
ü Membimbing siswa membuat rangkuman
|
||
|
Penutup
|
1.Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi
berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
2.Guru memberi tugas rumah mempelajari tentang sistem
ekskresi
pada kulit dan tentang pendataan penyakit
pada organ ekskresi
|
5 ‘
|
3
|
Pendahuluan
|
Guru menciptakan suasana
kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian
lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang apa fungsi
kulit pada manusia
c. Guru memberi motivasi
siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang
berkaitan dengan penyakit
herves
d. Guru menyampaikan cakupan materi secara
garis besar tentang alat ekskresi kulit padamanusia dan fungsinya; tentang penyakit pada organ
ekskresi
|
10 ‘
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
ü Melakukan kajian pustaka secara
berkelompok untuk
Memahami kulit manusia mengeluarkan zat sisa
Memahami sistem kerja kulit dan zat yang dihasilkannya
Memahami anatomi kulit manusia dan
fungsinya
tentang pendataan penyakit pada organ ekskresi
|
60’
|
|
|
Elaborasi
ü Siswa perwakilan kelompok mempresentasikan sistem kerja kulit
dan zat yang dihasilkannya , juga anatomi kulit manusia juga penyakit pada organ ekskresi
ü Siswa yang lain memberikan tanggapan
|
||
|
Konfirmasi
ü Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas
hasil diskusi dan presentasi siswa.
ü Membimbing siswa membuat rangkuman
|
||
Penutup
|
1 Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk
memahami materi berdasarkan tanya jawab dan
diskusi di kelas
2 Guru memberi tugas rumah tentang soal2 sistem ekskresi pada
Manusia
|
10’
|
|
|
H. SUMBER BELAJAR
- Buku Paket Ilmu Alam Sekitar 3 kelas IX dan buku lain yang relevan
2.
Model alat ekskresi
I.. PENILAIAN
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
No
Instrumen
|
|
1.
Mendeskripsikan istilah istilah yang
berhubungan dengan pengeluaran zat
2.
Mendesripsikan fungsi sistem
ekskresi
3.
Mendata contoh kelainan dan penyakit
pada sistem eksresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya
mengatasinya.
4.
Menyadari pentingnya menjaga
kesehatan organ sistem eksresi
|
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
Pil.
Ganda
Pil. Ganda
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
2 - 7
8 - 13
14
15
|
A.
Soal
Petunjuk:
Soal
No1 sd 7 dijawab dengan cara menyilang pada
huruf didepan jawaban yang paling benar.
SoalNo8
sd 13 dijawab dengan memberikan jawaban yang tepat ,
1.
Pengeluaran enzim dari kelenjar pankreas disebut ...
a.
Defekasi
b.
Ekskresi
c.
Sekresi
d.
Gutasi
2.
Organ tubuh di bawah ini yang merupakan alat ekskresi adalah....
a.
ginjal
b.
anus
c.
lambung
d.
jantung
- Perhatikan gambar dibawah
Tempat
penyaringan darah
ditunjukkan oleh
nomor ....
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
- Urutan yang benar pada proses pembuatan urine adalah....
1.augmentasi
2.filtrasi
3.reabsorbsi
a.
1,2,3
b.
2,1,3
c.
2,3,1
d.
3,1,2
- Perhatikan gambar paru-paru dibawah
tempat terjadinya pertukaran gas adalah....dan
ditunjukkan pada
gambar nomer ...
a.
trachea dan 1
b.
Bronchus dan 4
c.
broncheolus dan 2
d.
Alveolus dan 3
- Warna cairan empedu disebabkan adanya kandungan....
a.
ferrum
b.
hemin
c.
globin
d.
haemoglobin
- Bagian kulit yang menghasilkan keringat pada bagian....
a.
kulit ari
b. stratum lusidum
c. stratum
granulosum
d.
kulit jangat
- Sebutkan 4 organ ekskresi manusia!
- Sebutkan 4 zat yang diekskresikan manusia!
- Di bagian ginjal yang mana tempat terjadinya filtrasi?
11.
Tuliskan reaksi pertukaran gas di paru-paru!
12.
Sebutkan zat apa saja yang dihasilkan dalam pemecahan sel
darah merah!
13.
Sebutkan 3 fungsi keringat bagi tubuh kita!
14.
Sebutkan 3 macam penyakit pada organ ekskresi
15.
Sebutkan 3 upaya dalam menjaga kesehatan organ ekskresi
B. Kunci Jawaban
1. C
2. A
3. A
4. C
5. D
6. B
7. B
8. Ginjal,
paru-paru, hati, kulit.
9. Urine, CO2
dan H2O, cairan empedu, keringat
10. KUrteks(glomerulus)
11.C6H12O6 + O2 -----------> CO2 +H2O
12.
Fe dan hemin + globin
13. melembabkan kulit, membunuh kuman, mengeluarkan
kotoran.
14. gagal ginjal,
batu ginjal, diabetes melitus, bronkitis, jerawat, hepatitis dll
15.Makan teratur,
jaga kebersihan, jika terasa sakit segera periksa dokter
C.
Penskoran
No 1 sd 7 masing-masing
skor 1 = 7
No 8 sd 15 masing-masing skor 4 = 13
Jumlah skor
maksimal 20
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
|
Gembong, JULI 2012
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar