RSS

RENCANA PEMBELAJARAN IPA - BIOLOGI TENTANG SISTEM EKSKRESI KLAS 9 SMP N1 GEMBONG PATI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 1


SEKOLAH                    : SMP NEGERI 1 Gembong
MAPEL                         : IPA/BIOLOGI
KELAS /SMT               : IX / 1 ( GASAL )
WAKTU                       : 6 x 40 menit







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 1

SEKOLAH                       :     SMP NEGERI 1 GEMBONG
A.    STANDAR KOMPETENSI
       Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

B.     KOMPETENSI DASAR
         Mendeskripsikan sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
       
C.       INDIKATOR
  • Mendeskripsikan istilah istilah yang berhubungan dengan pengeluaran zat
  • Menyebutkan organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
  • Mendesripsikan fungsi sistem ekskresi
  • Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem eksresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
  • Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem eksresi

D.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Dengan membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar 3, hal 1 - 4 siswa dapat membedakan defekasi, sekresi dan ekskresi dengan benar.
2.        Melalui tayangan CD, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian ginjal, dan  fungsinya.masing-masing dengan tepat
3.        Dengan mengamati tayangan CD, siswa dapat menjelaskan 3 tahapan proses terbentuknya urin dengan benar
4.        Dengan berdiskusi dengan teman sebangku siswa dapat menyebutkan urutan jalannya urin keluar dari tubuh manusia
5.        Disajikan data macam-macam kelainan dan penyakit pada ginjal, siswa dapat menyebutkan cara mengatasinya dengan benar
6.        Dengan membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar hal 5 siswa dapat menyebutkan 5 fungsi kulit pada manusia dengan benar.
7.        Melalui pengamatan tayangan CD, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian kulit, masing-masing dengan kandungannya dengan benar.
8.        Dengan membaca rangkuman materi pada BKS tentang hati, siswa dapat menyebutkan 4 fungsi hati dengan benar.
9.        Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan fungsi hati hubungannya dengan fungsi ginjal dengan benar.
10.     Disajikan data macam-macam kelainan dan penyakit pada hati, siswa dapat menyebut cara mengatasinya dengan benar
11.     Dengan penjelasan guru tentang cara menjaga kesehatan alat ekskresi siswa dapat menyebutkan usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ ekskresi dengan benar.
E.       MATERI PEMBELAJARAN
1.        3 Istilah pengeluaran : defekasi, sekresi dan ekskresi 
Ø  Defekasi adalah proses pengeluaran sisa – sisa pensernaan  berupa tinja ( feses ) yang dikeluarkan melalui anus.
Ø  Sekresi adalah proses pengeluaran getah oleh kelenjar yang berguna bagi tubuh. Getah tersebut umumnya mengandung enzim atau hormon.
Ø  Ekskresi adalah proses pengeluaran sisa metabolisme yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh. Ekskret dapat berupa air beserta zat yang terlarut di dalamnya, garam-garam mineral dan pigmen empedu yang dikeluarkan bersama urine dan keringat.

2.        4 organ  eksresi manusia : Paru-paru, kulit, hati, ginjal
Paru – paru ( Pulmo )
Ø  Terdiri atas dua bagian, yang sebelah kiri mempunyai dua gelambir ( belahan ) dan sebelah kanan mempunyai tiga gelambir ( belahan ).
Ø  Di dalam paru-paru terdapat bronkus ( percabangan tenggorokan ) membentuk bronkiolus. Ujung bronkiolus membentuk alveolus. Di alveolus inilah terjadi pertukaran udara.
Ø  Fungsi paru-paru yaitu mengeluarkan zat sisa berupa CO2 dan H2O.
Kulit ( nitegumen )
Ø  Jaringan terluas pada tubuh manusia sampai 20.000 cm² dengan ketebalan 0,01 cm sampai dengan 0,5 cm.
Ø  Susunan kulit terdiri atas :
a.        Epidermis ( kulit ari ) tersusun atas lapisan tanduk dan lapisan Malpighi.
b.        Dermis ( kulit jangat ) pada lapisan ini terdapat akar rambut, kelenjar minyak, saluran kelenjar keringat, pembuluh darah, pembuluh getah bening dan ujung saraf.
c.        Jaringan pengikat bawah kulit, pada lapisan ini terdapat akar rambut, kelenjar minyak, lemak otot penggerak rambut, saraf dan kelenjar kenringat.
Ø  Fungsi kulit :
a.        Mengeluarkan air keringat, garam dapur dan urea.
b.        Pelindung tubuh terhadap gesekan, kuman dan bahan kimia.
c.        Pengatur suhu badan dan menjaga tubuh agar tidak terlalu mengeluarkan air.
d.        Tempat indra perasa dan peraba.
e.        Tempat menyimpan kelebihan lemak.
f.         Tempat pembentukan vitamin D dari provitamin D.

Hati ( hepar )
Ø  Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam dan letaknya berada pada rongga perut sebelah kanan, ada di bawah diafragma berwarna kecoklat-coklatan.
Ø  Fungsi hati :
a.        Mengeluarkan empedu.
b.        Membentuk urea
c.        Membentuk protein plasma.
d.        Tempat menyimpan gula dalam bentuk glikogen.
e.        Tempat pembongkaran eritrosite yang telah mati.
f.         Mengatur kadar gula dalam darah.
g.        Menawarkan racun.
h.        Tempat penguraian provitamin A menjadi vitamin A.

Ginjal ( ren )
Ø  Ginjal manusia berjumlah dua belah yang terletak dim kiri dan kanan tulang belakang bagian pinggang. Warna merah tua berbentuk seperti kacang merah.
Ø  Susunan ginjal terdiri atas : kulit ginjal (kortek), sumsum ginjal (medula), dan rongga ginjal (piala ginjal / pelvis).
Ø  Fungsi ginjal menyaring darah dan membuang sampah berupa nitrogen dari darah dalam bentuk urea, mengatur keseimbangan air dan garam dalam darah dan membuang racun dari dalam tubuh.
Ø  Proses pembentukan urin :
a.        Penyaringan ( Filtrasi )
Di bagian glomerolus darah disaring. Zat berupa air, glikosa, dan urea mengalami penyaringan kemudian masuk ke kapsula bowmen. Hasil penyaringan disebut filtrate glomelururs atau urin primer.
b.        Penyerapan kembali ( reabsorbsi )
Dari kapsula browmen urin primen mengalir ke saluran pengumpul. Dalam perjalanan terjadi reabsorbsi zat-zat yang masih berguna bagi tubuh, setelah reabsorbsi  kadar urea semakin tinggi sehingga terbentuk filtrate tubulus atau urin sekunder.
c.        Augmentasi
Sebelum sampai saluran pengumpul, darah melalui kapiler melepas zat-zat yang tidak berguna lainnya ke dalam urin sekunder. Selanjutnya urin sesungguhnya dikumpulkan dalam tubule kolekta menuju ronga ginjal, selanjutnya urin disalurkan melalui uereter ke kandung kemih.
Ø  Kandunga urin terdiri dari : air 99%, urea, zat warna empedu, garam-garam terutama garam dapur, zat-zat yang berlebihan seperti vitamin dan obat-obatan.
Ø  Perjalanan urin : ginjal – urerter – kandung kemih – uretra.
  1. 4 zat yang diekskresikan : CO2 dan H2O, keringat, cairan empedu, urine

4.        sistem kerja paru-paru sebagai tempat pertukaran CO2 sisa oksidasi biologi dalam tubuh, Sistem kerja kulit pada saat mengeluarkan keringat diawali dengan udara panas poripori melebar darah banyak menuju ke tempat tsb
kelebihan air akan keluar karena pengaruh kerja kelenjar keringat , sistem kerja hati sebagai alat ekskresi  dimulai dari pembongkaran sel erytrosit yang telah rusak menjdi cairan warno biru kehitaman , ginjal

F.  METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
        1.     Metode                                        :       tanya jawab
        2.     Model Pembelajaran                   :       diskusi



G. LANGKAH PEMBELAJARAN


PERTEMUAN

TAHAP

RINCIAN KEGIATAN

WAKTU
1



Pendahuluan


Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang system
     ekskresi pada manusia
c. Guru memberi motivasi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan system ekskresi pada manusia
d.  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang alat ekskresi , fungsi alat ekskresi dan penyakit pada alat ekskresi

10’

Kegiatan Inti


Eksplorasi
ü Siswa melakukan kajian pustaka secara berkelompok untuk :
*menemukan 3 istilah yang berhubungan dengan pengeluaran
menemukan 4 macam organ ekskresi dan zat yang dikeluarkan tiap organ ekskresi
* Memahami Paru2 mengeluarkan zat sisa



60’








Elaborasi
ü  Setiap kelompok melakukan diskusi dengan panduan BKS
ü  Perwakilan kelompok mempresentasikan  hasil diskusi
ü  Siswa yang lain memberikan tanggapan

Konfirmasi
Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi  dan presentasi siswa.
Membimbing siswa membuat rangkuman


Penutup

1.     Refleksi dan identifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan  diskusi di kelas
2.     Menugaskan siswa untuk mempelajari tentang ginjal dan hati sebagai sistem k ekskresi
10’







2

Pendahuluan

Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang apa fungsi ginjal
c. Guru memberi motivasi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan penyakit diabetes melitus
d.  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang alat ekskresi  paru-paru , hati dan fungsinya

5


Kegiatan Inti

Eksplorasi
ü Melakukan kajian pustaka secara kelompok untuk
*Memahami sistem kerja ginjal ,anatomi ginjal dan fungsinya
*Memahami sistem kerja  hati dan zat yang dihasilkannya

70 ‘

Elaborasi
ü Siswa perwakilan kelompok mempresentasikan  sistem kerja  ginjal sebagai alat ekskrei dan zat yang dihasilkannya , sistem kerja  hati dengan zat yang  dihasilkannya


Konfirmasi
ü  Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa.
ü  Membimbing siswa membuat rangkuman


Penutup

1.Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
2.Guru memberi tugas rumah mempelajari tentang sistem ekskresi
      pada kulit dan tentang pendataan penyakit pada organ ekskresi

5 ‘



3

Pendahuluan

Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang apa fungsi
     kulit pada manusia
c. Guru memberi motivasi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan penyakit herves
d.  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang alat ekskresi  kulit padamanusia  dan fungsinya; tentang  penyakit pada organ ekskresi

10 ‘

Kegiatan Inti

Eksplorasi
ü Melakukan kajian pustaka secara berkelompok untuk
Memahami kulit manusia mengeluarkan zat sisa
Memahami sistem kerja  kulit  dan zat yang dihasilkannya
Memahami anatomi kulit manusia  dan fungsinya
tentang pendataan penyakit pada organ ekskresi
60’



Elaborasi
ü Siswa perwakilan kelompok mempresentasikan  sistem kerja  kulit  dan zat yang dihasilkannya , juga anatomi kulit manusia juga  penyakit pada organ ekskresi
ü  Siswa yang lain memberikan tanggapan



Konfirmasi
ü  Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa.
ü  Membimbing siswa membuat rangkuman


Penutup

1 Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk
   memahami materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
        2 Guru memberi tugas rumah  tentang soal2 sistem ekskresi pada
         Manusia

10’


         

H.    SUMBER BELAJAR
  1. Buku Paket  Ilmu Alam Sekitar 3 kelas IX dan buku lain yang relevan
2.        Model alat ekskresi

I..     PENILAIAN


Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
No Instrumen
1.     Mendeskripsikan istilah istilah yang berhubungan dengan pengeluaran zat
2.     Mendesripsikan fungsi sistem ekskresi

3.     Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem eksresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
4.     Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem eksresi

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis



Tes tertulis

Pil. Ganda 

Pil. Ganda
Uraian
Uraian



Uraian
1

2 - 7
8 - 13
 14         



15

A.         Soal
Petunjuk:
Soal No1 sd 7 dijawab dengan cara menyilang pada huruf didepan jawaban yang paling benar.
SoalNo8 sd 13 dijawab dengan memberikan jawaban yang tepat ,
1.        Pengeluaran enzim dari kelenjar pankreas disebut ...
a.        Defekasi
b.        Ekskresi
c.        Sekresi
d.        Gutasi
2.        Organ tubuh di bawah ini yang merupakan alat  ekskresi adalah....
a.        ginjal
b.        anus
c.        lambung
d.        jantung
  1. Perhatikan gambar dibawah                       
 







Tempat penyaringan darah                                                                
ditunjukkan oleh nomor ....                                                                  
a.     1                                                                              
b.     2
c.      3
d.     4
  1. Urutan yang benar pada proses pembuatan urine adalah....
1.augmentasi
2.filtrasi
3.reabsorbsi
a.        1,2,3
b.        2,1,3
c.        2,3,1
d.        3,1,2





  1. Perhatikan gambar paru-paru dibawah                              
 







tempat  terjadinya pertukaran gas adalah....dan                     
ditunjukkan pada gambar nomer ...
a.        trachea dan 1                                                 
b.        Bronchus dan 4
c.        broncheolus dan 2                                             
d.        Alveolus dan 3
  1. Warna cairan empedu disebabkan adanya kandungan....
a.        ferrum
b.        hemin
c.        globin
d.        haemoglobin
  1. Bagian kulit yang menghasilkan keringat pada bagian....        










a.        kulit ari
b.        stratum lusidum                                                       
c.        stratum granulosum                                                                                                                    
d.        kulit jangat                                                              
  1. Sebutkan 4 organ ekskresi manusia!
  2. Sebutkan 4 zat yang diekskresikan manusia!
  3. Di bagian ginjal yang mana tempat terjadinya filtrasi?
11.     Tuliskan reaksi pertukaran gas di paru-paru!
12.     Sebutkan zat apa saja yang dihasilkan dalam pemecahan sel darah merah!
13.     Sebutkan 3 fungsi keringat bagi tubuh kita!
14.     Sebutkan 3 macam penyakit pada organ ekskresi
15.     Sebutkan 3 upaya dalam menjaga kesehatan organ ekskresi

B.  Kunci Jawaban
1.  C
2.  A
3.  A
4.  C
5.  D
6.  B
7.  B

8.  Ginjal, paru-paru, hati, kulit.
9.  Urine, CO2 dan H2O, cairan empedu, keringat
10. KUrteks(glomerulus)
11.C6H12O6 + O2   ----------->  CO2 +H2O
12. Fe dan hemin + globin
13. melembabkan kulit, membunuh kuman, mengeluarkan kotoran.
14. gagal ginjal, batu ginjal, diabetes melitus, bronkitis, jerawat, hepatitis dll
15.Makan teratur, jaga kebersihan, jika terasa sakit segera periksa dokter


C. Penskoran
No 1 sd 7  masing-masing skor 1 = 7
No 8 sd 15 masing-masing skor  4 = 13
Jumlah skor maksimal 20
                                                                     

Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...