RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA FISIKA KLAS 9 SEMESTER GASAL SMP N 1 GEMBONG PATI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 5 )

A.   Identitas                          :

Nama Sekolah                 : SMP.N 1 Gembong.................................
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam ( Fisika )
Kelas/Semester              : IX / Gasal
Alokasi Waktu                 : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )

Standar Kompetensi            : 3.    Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan
                                                      sehari-hari
Kompetensi Dasar               : 3.1. Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala
                                                      listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator                              :  1.    Menjelaskan model atom menurut E. Rutherford, dan Niels Bohr
2.     Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dilakukan dengan cara tertentu.
3.     Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik.
4.     Menjelaskan interaksi antar muatan listrik
5.     Menjelaskan cara kerja elektroskop
6.     Menjelaskan pengertian medan listrik
7.     Menggambarkan pola garis gaya listrik muatan positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik
8.     Menuliskan bunyi hukum Coulomb
9.     Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik.

B.    Tujuan Pembelajaran         :
1.     Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan model atom menurut E. Rutherford, dan Niels Bohr , menjelaskan cara kerja elektroskop, dan  menuliskan bunyi hukum Coulomb dengan benar
2.     Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dilakukan dengan cara tertentu, memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik, menjelaskan pengertian medan listrik, menggambarkan pola garis gaya listrik muatan positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik, dan menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik dengan benar.
3.     Melalui Eksperimen, siswa dapat menjelaskan interaksi antar muatan listrik dengan benar

C.    Materi Pembelajaran          :
Ø  Listrik statis adalah muatan listrik yang berada dalam keadaan diam.
Ø  Konsep atom secara umum:
1.     Benda terdiri atas atom-atom sejenis.
2.     Setiap atom terdiri atas sebuah inti yang dikelilingi oleh satu atau lebih elektron.
3.     Inti atom bermuatan positif, elektron bermuatan negatif.
4.     Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif dan netron yang tidak bermuatan listrik.
Ø  Untuk memperoleh muatan dapat dilakukan dengan:
1.     gosokan
2.     induksi
Ø  Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mengetahui suatu benda bermuatan listrik atau tidak
Ø  Cara kerja elektroskop sebagai berikut:


 










Ø  Medan listrik (E) adalah ruangan di sekitar benda bermuatan listrik yang mengalami gaya listrik.
Ø  Jika suatu benda yang bermuatan listrik diletakkan di suatu ruangan, maka dalam ruangan ersebut terdapat medan listrik. Jika benda lain yang bermuatan listrik diletakkan di ruang tersebut, maka kedua benda akan mengalami gaya. Jika muatan kedua benda sejenis, maka gaya yang terjadi adalah gaya tolak-menolak dan jika kedua benda mempunyai muatan yang tidak sejenis, maka gaya yang terjadi adalah gaya tarik-menarik.
Ø  Medan listrik dilukiskan dengan garis-garis gaya listrik yang arahnya dari kutub positif ke kutub negatif


 







Ø  Hukum Coulomb: Besarnya gaya tarik-menarik atau tolakmenolak antara dua benda yang bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan benda masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda itu.


 





D.    Metode Pembelajaran         :
1.     Model      : -  Direct Instruction (DI)
                                -  Cooperative Learning
2.     Metode    : -  Diskusi Kelompok
-  Eksperimen
-  Ceramah

E.    Kegiatan Pembelajaran                  :
      Langkah-langkah
PERTEMUAN PERTAMA

No
Kegiatan
Waktu
1
a.  Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Berdoa
Ø  Mengecek kehadiran siswa
Ø  Menanyakan kabar siswa
Ø  Prasyarat Pengetahuan:
Pernahkah kamu menyentuh layar TV atau monitor komputer yang nyala? Kamu mungkin akan merasakan sengatan kecil pada jari tanganmu?
Ø  Motivasi:
Apa yang menyebabkan kamu merasakan sengatan tersebut?
Ø  Informasi KKM KD
Ø  Informasi Rancangan Penilaian KD
Ø  Menyampaikan TP
Ø  Tes Awal ( Terlampir)
b.  Kegiatan Inti
1.     Eksplorasi
§  Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§  Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 133-148, BKS Fisika MGMP Pati halaman 2-3
§  Guru menjelaskan model atom menurut E. Rutherford, dan Niels Bohr ,dan menjelaskan cara kerja elektroskop
2.     Elaborasi
§  Peserta didik melakukan kegiatan eksperimen pada LKS (terlampir ) untuk mengetahui interaksi antar muatan listrik dengan bimbingan guru
§  Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk menjelaskan cara memberi muatan listrik pada suatu benda, dan memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik
§  Guru meminta 2 peserta didik dari kelompok yang berbeda  mempresentasikan hasil kegiatan dan guru membimbing diskusi kelas
§  Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§  Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan hasil kegiatan dengan baik
    

3.     Konfirmasi
§  Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan cara memberi muatan listrik pada suatu benda, interaksi antar muatan listrik, dan cara kerja elektroskop
§  Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§  Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan

c.  Penutup
Ø  Bersama peserta didik guru membuat rangkuman materi
Ø  Guru memberi umpan balik berupa post tes secara lisan
Ø  Guru memberi tugas terstruktur BKS Fisika MGMP Kab. Pati halaman 22 Romawi II
Ø  Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya
Ø  Guru memberi salam

10’













55’



























15’




PERTEMUAN KEDUA

No
Kegiatan
Waktu
1
a.     Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Berdoa
Ø  Mengecek kehadiran siswa
Ø  Menanyakan kabar siswa
Ø  Prasyarat Pengetahuan:
Jelaskan pengertian listrik statis!
Ø  Motivasi:
Mengapa siaran TV dibawah Sutet pada sebuah rumah tangga kacau?
Ø  Informasi KKM KD
Ø  Informasi Rancangan Penilaian KD
Ø  Menyampaikan TP
b.    Kegiatan Inti
1.     Eksplorasi
§  Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§  Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 141-145, BKS Fisika MGMP Pati halaman 2-3
§  Guru mebagikan Lembar Kerja Siswa ( terlampir )
2.     Elaborasi
§  Peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok untuk menjelaskan pengertian medan listrik,  menggambarkan pola garis gaya listrik muatan positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik.
§  Peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok BKS Fisika MGMP IPS Kab. Pati halaman 3-4 untuk menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik dengan bimbingan guru
§  Guru meminta 2 peserta didik dari kelompok yang berbeda  mempresentasikan hasil kegiatan dan guru membimbing diskusi kelas
§  Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§  Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan hasil kegiatan dengan baik
    
3.     Konfirmasi
§  Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya menggambar pola garis gaya listrik muatan positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik, dan menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik
§  Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§  Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan



d.  Penutup
Ø  Bersama peserta didik guru membuat rangkuman materi
Ø  Guru memberi umpan balik berupa post tes secara lisan
Ø  Guru memberi tugas terstruktur BKS Fisika MGMP Kab. Pati halaman 20-23
Ø  Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya
Ø  Guru memberi salam

10’













55’





























15’

F.    Alat/Bahan/Sumber Belajar            : 
1.     Alat/ Bahan       : penggaris plastik,  kain sutera, batang kaca,   statif, kain wool,  benang
2.     Suber Belajar    : Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 133-148, BKS Fisika MGMP IPA
               Kab.Pati 2-4
G.    Media Pembelajaran           : Laptop, LCD
H.    Penilaian                                        :
  1. Jenis                                        :Tes tertulis
  2. Bentuk                                      :Tes Uraian
  3. Instrumen/soal                           :Terlampir
  4. Kunci /Pedoman Penskoran       :Terlampir

                                                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002






Lampiran Tes Awal Proses
1.     Sebutkan kandungan dari inti atom.
2.     Disebut apakah bagian atom yang bermuatan listrik negatif?
3.     Disebut apakah bagian atom yang bermuatan listrik positif?
4.     Bagaimana interaksi antara proton dengan elektron?

Lampiran Tes Formatif ( Ulangan Harian )
A.    Pilihlah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
1.     Menurut deret tribolistrik, jika emas (Au) digosok dengan kain wol, maka emas akan . . . .
a.     bermuatan positif
b.    bermuatan negatif
c.     netral
d.    mungkin positif, mungkin negatif
2.     Sebuah benda akan bermuatan positif bila . . . .
a.     kelebihan elektron
b.    kekurangan elektron
c.     kekurangan proton
d.    jumlah proton sama dengan jumlah elektron
3.     Sebuah benda akan bermuatan negatif bila . . . .
a.     kelebihan elektron
b.    kekurangan elektron
c.     kekurangan proton
d.    jumlah proton sama dengan jumlah elektron
4.     Jika di dalam suatu benda terdapat keseimbangan antara jumlah proton dengan jumlah elektron, maka benda tersebut . . . .
a.     bermuatan positif
b.    bermuatan negatif
c.     netral
d.    kadang-kadang bermuatan positif
5.     Jika dua muatan listrik sejenis didekatkan akan tolak-menolak dan bila tidak sejenis didekatkan akan tarik-menarik. Pernyataan tersebut sesuai dengan . . . .
a.     hukum Ohm
b.    hukum Kirchoff
c.     hukum Newton
d.    hukum Coulomb
6.     Pada hukum Coulomb besar gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan berbanding terbalik dengan . . . .
a.     besar muatan masing-masing
b.    kuadrat muatan masing-masing
c.     jarak antara dua muatan
d.    kuadrat jarak antara dua muatan
7.     Satuan sistem internasional gaya Coulomb adalah . . . .
a.     Ammeter
b.    coulomb
c.     Newton
d.    Nm2/C2
8.     Satuan sistem internasional muatan listrik adalah . . . .
a.     Coulomb
b.    ampere
c.     farad
d.    mikrocoulomb
9.     Dua buah muatan yang sejenis dan besarnya sama didekatkan pada jarak d ternyata kedua muatan saling menolak dengan gaya F. Agar gaya tolak menjadi 1/ 16 kali semula, maka jarak kedua muatan harusdiubah menjadi . . . .
a.     ¼d
b.    ½d
c.     4 d
d.    2 d
10.  Dua buah muatan A dan B yang besar dan sejenis didekatkan pada jarak r sehingga mengalami gaya tolak F. Jika jarak keduanya diubah menjadi setengah dari jarak semula, maka gaya tolak antara dua muatan tersebut menjadi . . . .
a.     ¼ F
b.    ½ F
c.     2F
d.    4F



B. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1.     Jelaskan pengertian listrik statis!
2.     Kapan suatu benda dikatakan:
a.                     bermuatan positif,
b.                    bermuatan negatif,
c.                     netral?
3.     Jelaskan terjadinya arus listrik di dalam suatu penghantar!
4.     Bagaimanakah bunyi hukum Coulomb?
5.     Dua buah muatan listrik yang tidak sejenis didekatkan akan tarik-menarik dan apabila semakin didekatkan gaya tarik akan semakin besar, mengapa demikian?

Kunci Jawaban dan Norma Penilaian Tes Formatif
A.    Pilihan Ganda

No Soal
Jawaban
1
A
2
B
3
A
4
C
5
D
6
D
7
C
8
A
9
C
10
D

Skor Pilihan Ganda  = Benar x 5

B.    Essay
No Soal
Jawaban
Skor
1
Listrik statis adalah muatan listrik yang berada dalam keadaan diam.

2
2
a. Jika kekurangan elektron
2

b. Jika kelebihan elektron
2

c. Jika jumlah proton = jumlah elektron
2
3
Arus lirtrik akan mengalir dalam penghantar jika terjadi beda potensial pada ujung-ujungnya
4
4
Besarnya gaya tarik-menarik atau tolakmenolak antara dua benda yang bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan benda masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda itu
4
5
Karena jarak kedua muatan semakin besar
4
Skor Makasimum
20
                                    Skor yang diperoleh
     Skor Soal Esaay =                                       x 50
                                    Skor Maksimum
Skor Akhir = Skor PG+ Skor Essay




Lembar Kerja Siswa
Kegiatan 1
A.    Tujuan                     : Mempelajari Interaksi Benda-benda Bermuatan Listrik
B.    Alat dan bahan        :
1.     penggaris plastik           4.  kain sutera
2.     batang kaca                  5.  statif
3.     kain wool                        6.  benang
C.    Cara kerja
1.     Ikatkan sebatang penggaris plastik pada statif. Gosokgosokkan satu ujung penggaris tersebut dan satu ujung penggaris plastik kedua dengan kain wool.
2.     Dekatkan penggaris plastik kedua ke penggaris plastik yang digantung. Amati perilaku kedua penggaris tersebut. Catat hasil pengamatanmu.
3.     Dengan cara yang sama, lakukan untuk batang kaca yang digosok dengan kain sutera. Sekarang, gosok kembali satu ujung penggaris plastik yang digantung dengan kain wool dan batang kaca dengan kain sutera.
4.     Dekatkan batang kaca pada penggaris tersebut. Amati perilaku kedua benda tersebut, catat hasil pengamatanmu.
D.    Analisis dan diskusi
1.     Apakah penggaris bermuatan listrik setelah digosokkan pada kain wool? Jelaskan.
2.     Apakah batang kaca bermuatan listrik setelah digosokkan pada kain sutera? Jelaskan.
3.     Apa yang terjadi jika penggaris setelah digosokkan pada kain sutera? Jelaskan.
4.     Buat kesimpulan dari hasil kegiatanmu.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 6 )

I.      Identitas                             :
Nama Sekolah                 : SMP.N 1 Gembong...............................
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam ( Fisika )
Kelas/Semester              : IX / Gasal
Alokasi Waktu                  : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan )

Standar Kompetensi            :  3.    Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-
                                                       hari
Kompetensi Dasar               : 3.2   Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta
                                                       penerapannya dalam kehidupan sehari-hari                                                       
      Indikator                             :  1.    Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik.
2.     Menjelaskan konsep kuat arus listrik
3.     Menentukan besarnya salah satu variabel rumus I =q/t
4.     Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel.
5.     Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
6.     Menyelidiki hubungan  antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (hukum Ohm).
7.     Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara hambatan kawat penghantar , panjang kawat penghantar, hambatan jenis, dan luas penampang kawat penghantar
8.     Menjelaskan  perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, isolator, dan semi konduktor).
9.     Menggunakan hukum I Kirchoff  untuk menghitung tegangan dan arus dalam rangkaian.
10.  Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri ,paralel, dan campuran
11.  Menjelaskan fungsi sekering dan saklar

Alokasi Waktu                     : 8 x 40 menit ( 4 x pertemuan )
J.     Tujuan Pembelajaran         :
4.     Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik,  menjelaskan konsep kuat arus listrik,  menentukan  besarnya salah satu variabel rumus I =q/t dengan benar
5.     Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik, menggunakan hukum I Kirchoff  untuk menghitung tegangan dan arus dalam rangkaian, menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri ,paralel, dan campuran , dan menjelaskan fungsi sekering dan saklar , dan dan  menjelaskan  perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, isolator, dan semi konduktor) dengan benar .
6.     Melalui Eksperimen, siswa dapat membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel,  menyelidiki hubungan  antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (hukum Ohm), menjelaskan secara  kualitatif hubungan antara hambatan kawat penghantar , panjang kawat penghantar, hambatan jenis, dan luas penampang kawat penghantar dengan benar
K.    Materi Pembelajaran          :
o    Arus listrik sebagai aliran partikel-partikel bermuatan positif dari kutub positif baterai ke kutub negatifnya. Arah aliran elektron adalah dari titik yang potensialnya lebih rendah ke titik yang potensialnya lebih tinggi.
o    Kuat arus listrik dinyatakan sebagai jumlah muatan yang melewati suatu penampang setiap detiknya. Secara matematis dirumuskan dengan persamaan :





I =
 

Q = I. t
 

 
                                       atau

dimana :              Q = muatan listrik (coulomb, C)
                           I = kuat arus listrik (ampere, A)
                           t = waktu (sekon, s)
o    Beda potensial listrik atau tegangan listrik adalah besarnya usaha (enrgi) yang digunakan untuk memindahkan muatan listrik dari titik yang potensialnya tinggi ke titik yang potensialnya rendah.
Dirumuskan :
Dimana :  V = beda potensial (volt, V)
                W = energi (joule, J)
                 Q = muatan listrik (coulomb, C)

 
V =
 
                                                              


o   Sakelar adalah suatu alat listrik yang berfungsi untuk memutus dan mengalirkan arus listrik.
o    Sekering adalah alat pengaman listrik
o    Rangkaian komponen listrik yang disusun secara berderet dengan tidak adanya cabang pada sumber listrik disebut dengan rangkaian seri.
o    Rangkaian paralel adalah rangkaian komponen listrik yang disusun secara sejajar sehingga terbentuk cabang diantara sumber arus listrik.
o    Hukum Ohm: ’’kuat arus yang mengalir dalam suatu penghantar sebanding dengan potensialnya antara ujung-ujung penghantar itu, asal suhu penghantar itu tetap.’’
Secara matematis hukum Ohm dapat ditulis sebagai berikut :





  I =
 

V = beda potensial, satuan volt (V)
I   = kaut arus, satuan ampere (A)
R = hambatan, satuan ohm (W)
 
 





o    Hambatan kawat penghantar ditentukan oleh tiga faktor, yaitu panjang kawat, luas penampang kawat dan jenis bahan kawat.
Secara matematis dinyatakan dengan rumus berikut :


R = r
 
 




Dimana :           R = hambatan kawat (ohm)
                                 l  = panjang kawat (m)
                                 A = luas penampang kawat (m2)
                                 r = hambatan jenis kawat (ohm m)

o    Konduktor adalah bahan yang dapat dialiri arus listrik atau mudah mengahantarkan arus listrik. Contoh : tembaga, besi, baja, seng
o    Isolator adalah bahan yang tidak dapat atau sulit menghantarkan arus listrik. Contoh : kaca, plastik, kayu, kertas
o    Semikonduktor adalah bahan yang memiliki daya hantar listrik diantara konduktor dan isolator. Contoh : silikon, germanium, arsen.
o    Hukum I Kirchoff : dalam rangkaian bercabang, jumlah kuat arus yang masuk ke suatutitik cabang sama dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik cabang itu.
Secara sistematis dinyatakan sebagai berikut :
                     S Imasuk = S Ikeluar
                 
                                                                     I = I1 + I2 + I3 = I4






Berdasarkan hukum I Kirchhoff maka pada rangkaian yang tidak bercabang besarnya kuat arus dimana-mana besarnya sama. 






o    Rangkaian hambatan listrik
Didalam rangkaian listrik tertutup, hambatan-hambatan dapat disusun dalam dua macam, yaitu secaraseri dan paralel.
a.     Susunan Seri
beberapa hambatan yang disusun secara berurutan disebut susnan seri. Arus listrik yang mengalir melalui hambatan yang satu mengalir pula melalui hambatan berikutnya. Besar hambatan pengganti seri (Rs) merupakan jumlah tiap-tiap hambatan penyusun rangkaian tersebut.
Besar hambatan pengganti (Rs) adalah:
               Rs = R1 + R2 + R3 +…+Rn
b.    Susunan Paralel
susunan hambatan paralel adalah beberapa hambatan yang disusn sejajar yaitu dengan cara menghubungkan ujung-ujung tiap-tiap hambatan menjadi satu.
Niali hambatan pengganti (Rp) merupakan jumlah kebalikan nilai hambatan yang dirangkai
Nilai hambatan pengganti (Rp) adalah:
                       

L.    Metode Pembelajaran         :
1.     Model      : -  Direct Instruction (DI)
                                -  Cooperative Learning
2.     Metode    : -  Diskusi Kelompok
-  Eksperimen
-  Ceramah

M.   Kegiatan Pembelajaran                  :
      Langkah-langkah
PERTEMUAN PERTAMA

No
Kegiatan
Waktu
1
e.  Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Berdoa
Ø  Mengecek kehadiran siswa
Ø  Menanyakan kabar siswa
Ø  Prasyarat Pengetahuan:
Apakah satuan muatan listrik?
Ø  Motivasi:
Apa yang menyebabkan lampu senter menyala?
Ø  Informasi KKM KD
Ø  Informasi Rancangan Penilaian KD
Ø  Menyampaikan TP
f.   Kegiatan Inti
1.     Eksplorasi
§  Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§  Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 150-154,  BKS Fisika MGMP Pati halaman 6-3
§  Guru menjelaskan menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik,  menjelaskan konsep kuat arus listrik,  menentukan  besarnya salah satu variabel rumus I =q/t
2.     Elaborasi
§  Peserta didik melakukan kegiatan 4 eksperimen pada BKS Fisika MGMP IPA Kab. Pati  dengan bimbingan guru
§  Peserta didik mendiskusikan perbedaan saklar dan sekering
§  Guru meminta perwakilan  peserta didik dari kelompok yang berbeda  mempresentasikan hasil kegiatan dan guru membimbing diskusi kelas
§  Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§  Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan hasil kegiatan dengan baik
    
3.     Konfirmasi
§  Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan arah arus listrik dan arah elektron
§  Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§  Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan

g.  Penutup
Ø  Bersama peserta didik guru membuat rangkuman materi
Ø  Guru memberi umpan balik berupa post tes secara lisan
Ø  Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya yaitu hukum Ohm dan hambatan kawat penghantar
Ø  Guru memberi tugas membaca membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 164-173
Ø  Guru memberi salam

10’











55’




























15’


                                                                      PERTEMUAN KEDUA

No
Kegiatan
Waktu
1
c.     Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Berdoa
Ø  Mengecek kehadiran siswa
Ø  Menanyakan kabar siswa
Ø  Menanyakan tugas membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 164-173
Ø  Prasyarat Pengetahuan:
Jelaskan pengertian kuat arus listrik!
Ø  Motivasi:
Mengapa jaringan transmisi listrik PLN,  kawat penghantar yang digunakan berukuran besar?
Ø  Menyampaikan TP
d.    Kegiatan Inti
1.     Eksplorasi
§  Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§  Guru meminta peserta didik membuka BKS Fisika MGPM IPA Kab.Pati hal 10-11
2.     Elaborasi
§  Peserta didik melakukan kegiatan Eksperimen BKS Fisika MGPM IPA Kab.Pati hal 10-11 dengan bimbingan guru
§  Peserta didik berdiskusi untuk menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik
§  Peserta didik mendiskusikan perbedaan konduktor, isolator dan semikonduktor
§  Guru meminta perwakilan peserta didik dari kelompok yang berbeda  mempresentasikan hasil kegiatan dan guru membimbing diskusi kelas
§  Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§  Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan hasil kegiatan dengan baik    
3.     Konfirmasi
§  Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan hukum Ohm, dan faktor yang mempengaruhi besarnya hambatan kawat penghantar
§  Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§  Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan

h.  Penutup
Ø  Bersama peserta didik guru membuat rangkuman materi
Ø  Guru memberi umpan balik berupa post tes secara lisan
Ø  Guru memberi tugas terstruktur BKS Fisika MGMP Kab. Pati halaman 25-27
Ø  Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya yaitu hukum Kirchoff dan Rangkaian Hambatan
Ø  Guru memberi salam

10’













55’























15’

PERTEMUAN KETIGA

No
Kegiatan
Waktu
1
e.     Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Berdoa
Ø  Mengecek kehadiran siswa
Ø  Menanyakan kabar siswa
Ø  Menanyakan tugas membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 178-183
Ø  Prasyarat Pengetahuan:
Jelaskan pengertian hambatan!
Ø  Motivasi:
Mengapa pemasangan lampu pada instalasi di rumah kalian di buat secara paralel?
Ø  Menyampaikan TP
f.      Kegiatan Inti
1.     Eksplorasi
§  Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§  Guru meminta peserta didik membuka Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 178-183
§  Guru membagikan Lembar Kerja Siswa ( terlampir)
2.     Elaborasi
§  Peserta didik ,membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa
§  Peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok dengan menggunakan hukum I Kirchoff  untuk menghitung tegangan dan arus dalam rangkaian, menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri ,paralel, dan campuran
§  Guru meminta perwakilan peserta didik dari kelompok yang berbeda  mempresentasikan hasil kegiatan dan guru membimbing diskusi kelas
§  Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§  Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan hasil kegiatan dengan baik    
3.     Konfirmasi
§  Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan hukum I Kirchoff, dan perbedaan hambatn seri dan paralel
§  Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§  Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan

i.   Penutup
Ø  Bersama peserta didik guru membuat rangkuman materi
Ø  Guru memberi umpan balik berupa post tes secara lisan
Ø  Guru memberi tugas terstruktur BKS Fisika MGMP Kab. Pati halaman 27-29
Ø  Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya yaitu energi dan daya listrik
Ø  Guru memberi salam

10’












55’




















15’

N.    Alat/Bahan/Sumber Belajar            : 
2.   Alat/ Bahan       : lampu pijar, penghantar, batu baterai, Bacismeter, Ammeter, voltmeter, saklar, penjepit buaya, kawat nikelin, kawat tembaga kecil, kawat tembaga besar
3.   Suber Belajar     : Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 164-188, BKS Fisika MGMP IPA   Kab.Pati 6-29
O.    Media Pembelajaran           : Laptop, LCD
P.    Penilaian                                        :
  1. Jenis                                        :Tes tertulis
  2. Bentuk                                      :Tes Uraian
  3. Instrumen/soal                           :Terlampir
  4. Kunci /Pedoman Penskoran       :Terlampir



Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Any Wuryaningrum, M.Pd.                                       
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2011
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002







Lampiran SOAL ULANGAN HARIAN

1.     Jelaskan pengertian arusl listrik!
2.     Berapakah besar muatan listrik yang mengalir pada sepanjang seutas kawat, jika :
a.     kuat arus 4 A mengalir selama 30 sekon.?
b.     kuat arus 10 mA mengalir selama 5 menit?
3.     Suatu rangkaian listrik memiliki hambatan 0,05 kW  dan penghantar tersebut memiliki beda potensial 12 volt. Berapa kuat arus yang mengalir pada rangkaian tersebut?
4.     Jelaskan apa yang dimaksud konduktor, isolator, semi konduktor dan sebutkan dua contohnya masing-masing!
5.     Seutas kawat panjangnya 20 m, luas penampang 2 mm2 dan hambatan jenisnya 4 x 10-2  Wm diberi tegangan 40 volt. Hitunglah kuat arus yang mengalir pada kawat listrik tersebut!
6.     Muatan listrik sebanyak 0,3 coulomb mengalir melalui penghantar selama 1 menit. Berapa besar kuat arus yang mengalir?
7.     Suatu penghantar dihubungkan dengan sumber tegangan 6 V. Pada amperemeter kuat arus terbaca 3mA. Berapakah besarnya hambatan penghantar tersebut ?
8.     Jika diameter seutas kawat diperbesar menjadi dua kali diamater semula, Berapakah besar hambatan kawat sekarang?
9.     Perhatikan gambar!


 







Kuat arus I1 dialirkan melalui tiga cabang kawat penghantar. Apabila I1 = 10 A, I4 = ….

10.  Tiga buah resistor masing-masing R1 = 60 W , R2 = 100 W , dan R3 = 150 W .
a.     Hitung resistansi pengganti jika di- susun seri!
b.    Hitung resistansi pengganti jika di-susun paralel!
c.     Hitung resistansi pengganti jika di-susun seperti rangkaian berikut!
d.    Hitung kuat arus I, I1 dan I2 jika diberi sumber tegangan 12 volt!
                                               





KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN


No Soal
Jawaban
Skor
1
Listrik statis adalah muatan listrik yang berada dalam keadaan diam.

2
2
a. Jika kekurangan elektron
2

b. Jika kelebihan elektron
2

c. Jika jumlah proton = jumlah elektron
2
3
Arus lirtrik akan mengalir dalam penghantar jika terjadi beda potensial pada ujung-ujungnya
4
4
Besarnya gaya tarik-menarik atau tolakmenolak antara dua benda yang bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan benda masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda itu
4
5
Karena jarak kedua muatan semakin besar
4
Skor Makasimum
20




                                    Skor yang diperoleh
     Skor Soal Esaay =                                       x 50
                                    Skor Maksimum


Lembar Kerja Siswa
Kegiatan 1
C.    Tujuan                     : Mempelajari Interaksi Benda-benda Bermuatan Listrik
D.    Alat dan bahan        :
1.     penggaris plastik           4.  kain sutera
2.     batang kaca                  5.  statif
3.     kain wool                        6.  benang
E.    Cara kerja
1.     Ikatkan sebatang penggaris plastik pada statif. Gosokgosokkan satu ujung penggaris tersebut dan satu ujung penggaris plastik kedua dengan kain wool.
2.     Dekatkan penggaris plastik kedua ke penggaris plastik yang digantung. Amati perilaku kedua penggaris tersebut. Catat hasil pengamatanmu.
3.     Dengan cara yang sama, lakukan untuk batang kaca yang digosok dengan kain sutera. Sekarang, gosok kembali satu ujung penggaris plastik yang digantung dengan kain wool dan batang kaca dengan kain sutera.
4.     Dekatkan batang kaca pada penggaris tersebut. Amati perilaku kedua benda tersebut, catat hasil pengamatanmu.
F.    Analisis dan diskusi
1.     Apakah penggaris bermuatan listrik setelah digosokkan pada kain wool? Jelaskan.
2.     Apakah batang kaca bermuatan listrik setelah digosokkan pada kain sutera? Jelaskan.
3.     Apa yang terjadi jika penggaris setelah digosokkan pada kain sutera? Jelaskan.
4.     Buat kesimpulan dari hasil kegiatanmu.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 7 )

Q. Identitas              :
Nama Sekolah             : SMP.N 1 Gembong.................................
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam ( Fisika )
Kelas/Semester           : IX / 1 (  Gasal )
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)
Standar Kompetensi            :  3.    Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan     
                                                       sehari-hari
Kompetensi Dasar               : 3.3   Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya
                                                       serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
      Indikator                            :  1.    Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (ggl) sumber arus listrik.
2.     Menjelaskan perbedaan elemen primer dan elemen skunder
3.     Mengidentifikasi contoh elemen primer dan elemen skunder dalam kehidupan sehari-hari.
4.     Menentukan besarnya  tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai).
5.     Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder

)
R.    Tujuan Pembelajaran         :
7.     Melalui Eksperimen, siswa dapat menjelaskan  gaya gerak listrik (ggl) sumber arus listrik , dan menentukan besarnya  tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai). dengan benar
8.     Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan perbedaan elemen primer dan elemen skunder, mengidentifdkasi contoh elemen primer dan elemen skunder dalam kehidupan sehari-hari , dan menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder dengan benar .

S.    Materi Pembelajaran          :
Ø  Arus listrik terjadi jika du titik yang berhubungan terdapat beda potensial
Ø  Agar pada kedua titik yang berhubungan selalu terdapat beda potensial dapat dilakukan dengan bantuan sumber tegangan / sumber arus listrik yaitu alat yang dapat menimbulkan beda potensial atau menghasilkan muatan listrik
Ø  Gaya Gerak Listrik (GGL) adalah besarnya tegangan yang terdapat pada sumber tegangan (misal baterai) sebelum dipasang pada suatau rangkaian
Ø  Tegangan jepit atau tegangan klem adalah besarnya tegangan setelah sumber tegangan tersebut dipasang dalam rangkaian atau setelah terjadi arus listrik
Ø  GGL elemen selalu memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan nilai tegangan jepitnya
Ø  Elemen Listrik primer adalah sumber arus listrik yang tidak dapat diisi ulang bilamuatan listriknya habis
Ø  Contoh elemen listrik primer adalah elemen volta, elemen leclanche, elemen kering (batu baterai)
Ø  Elemen Listrik sekunder adalah sumber arus listrik yang dapat diisi ulang bila muatan listriknya habis
Ø  Contoh elemen listrik sekunder adalah aki, baterai isi ulang
           
T.    Metode Pembelajaran         :
1.     Model      : -  Direct Instruction (DI)
                                -  Cooperative Learning
2.     Metode    : -  Diskusi Kelompok
-  Eksperimen


U.    Kegiatan Pembelajaran                  :
      Langkah-langkah
PERTEMUAN PERTAMA

No
Kegiatan
Waktu
1
j.   Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Berdoa
Ø  Mengecek kehadiran siswa
Ø  Menanyakan kabar siswa
Ø  Prasyarat Pengetahuan:
Rangkaian listrik di rumahmu mempunyai sumber tegangan
listrik. Sebutkan sumber tegangan listrik yang dapat menyalakan
lampu rumahmu sehingga tidak gelap?
Ø  Motivasi:
Apakah yang dimaksud dengan tegangan jepit?
Ø  Informasi KKM KD
Ø  Menyampaikan TP

k.  Kegiatan Inti
1.     Eksplorasi
§  Peserta didik membentuk kelompok eksperimen beranggotakan 5 siswa ,
§  Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Elok Sudibyo dkk hal 155-162,  BKS Fisika MGMP Pati halaman 16
2.     Elaborasi
§  Peserta didik melakukan kegiatan 10 eksperimen pada BKS Fisika MGMP IPA Kab. Pati  hal 16 dengan bimbingan guru
§  Guru meminta perwakilan  peserta didik  mempresentasikan hasil kegiatan dan guru membimbing diskusi kelas
§  Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§  Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan hasil kegiatan dengan baik
    
3.     Konfirmasi
§  Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan ggl dan tegangan jepit
§  Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§  Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan

l.   Penutup
Ø  Bersama peserta didik guru membuat rangkuman materi
Ø  Guru memberi umpan balik berupa post tes secara lisan
Ø  Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya yaitu macam-macam sumber tegangan
Ø  Guru memberi salam

10’













55’



















15’
 


PERTEMUAN KEDUA
No
Kegiatan
Waktu
1
a.   Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Berdoa
Ø  Mengecek kehadiran siswa
Ø  Menanyakan kabar siswa
Ø  Prasyarat Pengetahuan:
Apakah yang dimaksud dengan ggl?
Ø  Motivasi:
Apakah yang dimaksud dengan elemen kering?
Ø  Menyampaikan TP

b.   Kegiatan Inti
1.     Eksplorasi
§  Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§  Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Elok Sudibyo dkk hal 155-162,  BKS Fisika MGMP Pati halaman 17
2.     Elaborasi
§  Peserta didik melakukan kegiatan 11 pada BKS Fisika MGMP IPA Kab. Pati  hal 17 dengan bimbingan guru
§  Guru meminta perwakilan  peserta didik  mempresentasikan hasil kegiatan sebagai berikut : Kelompok I mempresentasikan  hasil pengamatan, Kelompok II mempresentasikan jawaban pertanyaan , Kelompk III mempresentasikan hasil kesimpulan, Kelompok IV memprentasikan jawaban pertanyaan bagian h, dan kelompok V membuat kesimpulan hasil diskusi  dengan bimbingan guru
§  Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§  Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan hasil kegiatan dengan baik
    
3.     Konfirmasi
§  Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan ggl dan tegangan jepit
§  Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§  Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan

c.   Penutup
Ø  Bersama peserta didik guru membuat rangkuman materi
Ø  Guru memberi umpan balik berupa post tes secara lisan
Ø  Guru memberi Tugas Terstruktur Buku BKS Fisika MGMP IPA Kab. Pati hal 22-25
Ø  Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya yaitu Energi dan Daya Listrik
Ø  Guru memberi salam

10’










55’























15’

Alat/Bahan/Sumber Belajar      : 
3.     Alat/ Bahan       : lampu pijar, penghantar, batu baterai, Bacismeter, Resistor
4.     Suber Belajar    : Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 155-162, BKS Fisika MGMP IPA
               Kab.Pati 16-19
V.    Media Pembelajaran           : Laptop, LCD
W.   Penilaian                                        :
  1. Jenis                                        :Tes tertulis
  2. Bentuk                                      :Tes Uraian
  3. Instrumen/soal                           :Terlampir
  4. Kunci /Pedoman Penskoran       :Terlampir

                                     
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP8 )

X.    Identitas                             :
Nama Sekolah                  : SMP N 1 Gembong
Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam ( Fisika )
Kelas/Semester                : IX / Gasal
Alokasi Waktu                           : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)

Standar Kompetensi            : 3.    Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan
                                                     sehari-hari
Kompetensi Dasar               : 3.1. Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta     
                                                      pemanfaatannya
                                                       dalam kehidupan sehari-hari
      Indikator                             :  1.    Menjelaskan keunggulan energi listrik dibandingkan dengan
                                                            energi yang  lain
·         Menjelaskan hubungan antara beda potensial (V) dan kuat arus (I), hambatan listrik(R) dan lama pemakaian ( t ) dengan energi listrik.
·         Menentukan besarnya energi listrik jika besar potensial (V) , kuat arus (I), dan lama pemakaian ( t )  diketahui.
·         Menunjukkan   perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain
·         Menjelaskan hubungan antara daya listrik dan energi listrik.
·         Menghitung penggunaan listrik di rumah tangga dengan mengkaitkan konsep energi dan daya listrik.
·         Mengidentifikasi cara-cara penghematan energi listrik.

Alokasi Waktu                     : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
Y.    Tujuan Pembelajaran         :
9.     Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan model atom menurut E. Rutherford, dan Niels Bohr , menjelaskan cara kerja elektroskop, dan  menuliskan bunyi hukum Coulomb dengan benar
10.  Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dilakukan dengan cara tertentu, memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik, menjelaskan pengertian medan listrik, menggambarkan pola garis gaya listrik muatan positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik, dan menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik dengan benar.
11.  Melalui Eksperimen, siswa dapat menjelaskan interaksi antar muatan listrik dengan benar

Z.    Materi Pembelajaran          :
Ø  Listrik statis adalah muatan listrik yang berada dalam keadaan diam.
Ø  Konsep atom secara umum:
5.     Benda terdiri atas atom-atom sejenis.
6.     Setiap atom terdiri atas sebuah inti yang dikelilingi oleh satu atau lebih elektron.
7.     Inti atom bermuatan positif, elektron bermuatan negatif.
8.     Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif dan netron yang tidak bermuatan listrik.
Ø  Untuk memperoleh muatan dapat dilakukan dengan:
3.     gosokan
4.     induksi
Ø  Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mengetahui suatu benda bermuatan listrik atau tidak

Ø  Cara kerja elektroskop sebagai berikut:


 










Ø  Medan listrik (E) adalah ruangan di sekitar benda bermuatan listrik yang mengalami gaya listrik.
Ø  Jika suatu benda yang bermuatan listrik diletakkan di suatu ruangan, maka dalam ruangan ersebut terdapat medan listrik. Jika benda lain yang bermuatan listrik diletakkan di ruang tersebut, maka kedua benda akan mengalami gaya. Jika muatan kedua benda sejenis, maka gaya yang terjadi adalah gaya tolak-menolak dan jika kedua benda mempunyai muatan yang tidak sejenis, maka gaya yang terjadi adalah gaya tarik-menarik.
Ø  Medan listrik dilukiskan dengan garis-garis gaya listrik yang arahnya dari kutub positif ke kutub negatif

Ø  Hukum Coulomb: Besarnya gaya tarik-menarik atau tolakmenolak antara dua benda yang bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan benda masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda itu.


 





Å.    Metode Pembelajaran         :
1.     Model      : -  Direct Instruction (DI)
                                -  Cooperative Learning
2.     Metode    : -  Diskusi Kelompok
-  Eksperimen
-  Ceramah

Ä.    Kegiatan Pembelajaran                  :
      Langkah-langkah
PERTEMUAN PERTAMA

No
Kegiatan
Waktu
1
m. Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Berdoa
Ø  Mengecek kehadiran siswa
Ø  Menanyakan kabar siswa
Ø  Prasyarat Pengetahuan:
Pernahkah kamu menyentuh layar TV atau monitor komputer yang nyala? Kamu mungkin akan merasakan sengatan kecil pada jari tanganmu?
Ø  Motivasi:
Apa yang menyebabkan kamu merasakan sengatan tersebut?
Ø  Informasi KKM KD
Ø  Informasi Rancangan Penilaian KD
Ø  Menyampaikan TP
Ø  Tes Awal ( Terlampir)
n.  Kegiatan Inti
1.     Eksplorasi
§  Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§  Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 133-148, BKS Fisika MGMP Pati halaman 2-3
§  Guru menjelaskan model atom menurut E. Rutherford, dan Niels Bohr ,dan menjelaskan cara kerja elektroskop
2.     Elaborasi
§  Peserta didik melakukan kegiatan eksperimen pada LKS (terlampir ) untuk mengetahui interaksi antar muatan listrik dengan bimbingan guru
§  Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk menjelaskan cara memberi muatan listrik pada suatu benda, dan memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik
§  Guru meminta 2 peserta didik dari kelompok yang berbeda  mempresentasikan hasil kegiatan dan guru membimbing diskusi kelas
§  Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§  Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan hasil kegiatan dengan baik
    


3.     Konfirmasi
§  Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan cara memberi muatan listrik pada suatu benda, interaksi antar muatan listrik, dan cara kerja elektroskop
§  Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§  Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan

o.  Penutup
Ø  Bersama peserta didik guru membuat rangkuman materi
Ø  Guru memberi umpan balik berupa post tes secara lisan
Ø  Guru memberi tugas terstruktur BKS Fisika MGMP Kab. Pati halaman 22 Romawi II
Ø  Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya
Ø  Guru memberi salam

10’













55’



























15’




PERTEMUAN KEDUA

No
Kegiatan
Waktu
1
g.    Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Berdoa
Ø  Mengecek kehadiran siswa
Ø  Menanyakan kabar siswa
Ø  Prasyarat Pengetahuan:
Jelaskan pengertian listrik statis!
Ø  Motivasi:
Mengapa siaran TV dibawah Sutet pada sebuah rumah tangga kacau?
Ø  Informasi KKM KD
Ø  Informasi Rancangan Penilaian KD
Ø  Menyampaikan TP
h.    Kegiatan Inti
1.     Eksplorasi
§  Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§  Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 141-145, BKS Fisika MGMP Pati halaman 2-3
§  Guru mebagikan Lembar Kerja Siswa ( terlampir )
2.     Elaborasi
§  Peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok untuk menjelaskan pengertian medan listrik,  menggambarkan pola garis gaya listrik muatan positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik.
§  Peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok BKS Fisika MGMP IPS Kab. Pati halaman 3-4 untuk menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik dengan bimbingan guru
§  Guru meminta 2 peserta didik dari kelompok yang berbeda  mempresentasikan hasil kegiatan dan guru membimbing diskusi kelas
§  Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§  Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan hasil kegiatan dengan baik
    
3.     Konfirmasi
§  Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya menggambar pola garis gaya listrik muatan positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik, dan menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik
§  Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§  Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan



p.  Penutup
Ø  Bersama peserta didik guru membuat rangkuman materi
Ø  Guru memberi umpan balik berupa post tes secara lisan
Ø  Guru memberi tugas terstruktur BKS Fisika MGMP Kab. Pati halaman 20-23
Ø  Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya
Ø  Guru memberi salam

10’













55’


























15’

Ö.    Alat/Bahan/Sumber Belajar            : 
4.     Alat/ Bahan       : penggaris plastik,  kain sutera, batang kaca,   statif, kain wool,  benang
5.     Suber Belajar    : Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 133-148, BKS Fisika MGMP IPA
               Kab.Pati 2-4
AA. Media Pembelajaran           : Laptop, LCD
BB. Penilaian                                        :
  1. Jenis                                        :Tes tertulis
  2. Bentuk                                      :Tes Uraian
  3. Instrumen/soal                           :Terlampir
  4. Kunci /Pedoman Penskoran       :Terlampir

Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002



                                   

                                                     
Lampiran Tes Awal Proses
1. Sebutkan kandungan dari inti atom.
2. Disebut apakah bagian atom yang bermuatan listrik negatif?
3. Disebut apakah bagian atom yang bermuatan listrik positif?
4. Bagaimana interaksi antara proton dengan elektron?

Lampiran Tes Formatif ( Ulangan Harian )
B.    Pilihlah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
1.     Menurut deret tribolistrik, jika emas (Au) digosok dengan kain wol, maka emas akan . . . .
a.     bermuatan positif
b.    bermuatan negatif
c.     netral
d.    mungkin positif, mungkin negatif
2.     Sebuah benda akan bermuatan positif bila . . . .
a.     kelebihan elektron
b.    kekurangan elektron
c.     kekurangan proton
d.    jumlah proton sama dengan jumlah elektron
3.     Sebuah benda akan bermuatan negatif bila . . . .
a.     kelebihan elektron
b.    kekurangan elektron
c.     kekurangan proton
d.    jumlah proton sama dengan jumlah elektron
4.     Jika di dalam suatu benda terdapat keseimbangan antara jumlah proton dengan jumlah elektron, maka benda tersebut . . . .
a.     bermuatan positif
b.    bermuatan negatif
c.     netral
d.    kadang-kadang bermuatan positif
5.     Jika dua muatan listrik sejenis didekatkan akan tolak-menolak dan bila tidak sejenis didekatkan akan tarik-menarik. Pernyataan tersebut sesuai dengan . . . .
a.     hukum Ohm
b.    hukum Kirchoff
c.     hukum Newton
d.    hukum Coulomb
6.     Pada hukum Coulomb besar gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan berbanding terbalik dengan . . . .
a.     besar muatan masing-masing
b.    kuadrat muatan masing-masing
c.     jarak antara dua muatan
d.    kuadrat jarak antara dua muatan
7.     Satuan sistem internasional gaya Coulomb adalah . . . .
a.     Ammeter
b.    coulomb
c.     Newton
d.    Nm2/C2
8.     Satuan sistem internasional muatan listrik adalah . . . .
a.     Coulomb
b.    ampere
c.     farad
d.    mikrocoulomb
9.     Dua buah muatan yang sejenis dan besarnya sama didekatkan pada jarak d ternyata kedua muatan saling menolak dengan gaya F. Agar gaya tolak menjadi 1/ 16 kali semula, maka jarak kedua muatan harusdiubah menjadi . . . .
a.     ¼d
b.    ½d
c.     4 d
d.    2 d
10.  Dua buah muatan A dan B yang besar dan sejenis didekatkan pada jarak r sehingga mengalami gaya tolak F. Jika jarak keduanya diubah menjadi setengah dari jarak semula, maka gaya tolak antara dua muatan tersebut menjadi . . . .
a.     ¼ F
b.    ½ F
c.     2F
d.    4F



B. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
6.     Jelaskan pengertian listrik statis!
7.     Kapan suatu benda dikatakan:
a.                     bermuatan positif,
b.                    bermuatan negatif,
c.                     netral?
8.     Jelaskan terjadinya arus listrik di dalam suatu penghantar!
9.     Bagaimanakah bunyi hukum Coulomb?
10.  Dua buah muatan listrik yang tidak sejenis didekatkan akan tarik-menarik dan apabila semakin didekatkan gaya tarik akan semakin besar, mengapa demikian?


Kunci Jawaban dan Norma Penilaian Tes Formatif
C.    Pilihan Ganda

No Soal
Jawaban
1
A
2
B
3
A
4
C
5
D
6
D
7
C
8
A
9
C
10
D

Skor Pilihan Ganda  = Benar x 5

D.    Essay
No Soal
Jawaban
Skor
1
Listrik statis adalah muatan listrik yang berada dalam keadaan diam.

2
2
a. Jika kekurangan elektron
2

b. Jika kelebihan elektron
2

c. Jika jumlah proton = jumlah elektron
2
3
Arus lirtrik akan mengalir dalam penghantar jika terjadi beda potensial pada ujung-ujungnya
4
4
Besarnya gaya tarik-menarik atau tolakmenolak antara dua benda yang bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan benda masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda itu
4
5
Karena jarak kedua muatan semakin besar
4
Skor Makasimum
20
                                    Skor yang diperoleh
     Skor Soal Esaay =                                       x 50
                                    Skor Maksimum
Skor Akhir = Skor PG+ Skor Essay




Lembar Kerja Siswa
Kegiatan 1
E.    Tujuan                     : Mempelajari Interaksi Benda-benda Bermuatan Listrik
F.    Alat dan bahan        :
1.     penggaris plastik           4.  kain sutera
2.     batang kaca                  5.  statif
3.     kain wool                        6.  benang
G.    Cara kerja
1.     Ikatkan sebatang penggaris plastik pada statif. Gosokgosokkan satu ujung penggaris tersebut dan satu ujung penggaris plastik kedua dengan kain wool.
2.     Dekatkan penggaris plastik kedua ke penggaris plastik yang digantung. Amati perilaku kedua penggaris tersebut. Catat hasil pengamatanmu.
3.     Dengan cara yang sama, lakukan untuk batang kaca yang digosok dengan kain sutera. Sekarang, gosok kembali satu ujung penggaris plastik yang digantung dengan kain wool dan batang kaca dengan kain sutera.
4.     Dekatkan batang kaca pada penggaris tersebut. Amati perilaku kedua benda tersebut, catat hasil pengamatanmu.
H.    Analisis dan diskusi
1.     Apakah penggaris bermuatan listrik setelah digosokkan pada kain wool? Jelaskan.
2.     Apakah batang kaca bermuatan listrik setelah digosokkan pada kain sutera? Jelaskan.
3.     Apa yang terjadi jika penggaris setelah digosokkan pada kain sutera? Jelaskan.
4.     Buat kesimpulan dari hasil kegiatanmu.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...