RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 5 )
A.
Identitas :
Nama Sekolah : SMP.N 1
Gembong.................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( Fisika
)
Kelas/Semester : IX / Gasal
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan
)
Standar Kompetensi : 3.
Memahami
konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami
gejala-gejala
listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator : 1. Menjelaskan model atom menurut E.
Rutherford, dan Niels Bohr
2. Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila
dilakukan dengan cara tertentu.
3. Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda
bermuatan listrik.
4. Menjelaskan interaksi antar muatan listrik
5. Menjelaskan cara kerja elektroskop
6. Menjelaskan pengertian medan
listrik
7. Menggambarkan pola garis gaya
listrik muatan positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik
8. Menuliskan bunyi hukum Coulomb
9. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak
antara benda bermuatan listrik.
B. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan model atom menurut E. Rutherford, dan Niels Bohr , menjelaskan cara kerja elektroskop, dan menuliskan bunyi hukum Coulomb dengan benar
2. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila
dilakukan dengan cara tertentu, memberi contoh peristiwa yang menghasilkan
benda bermuatan listrik, menjelaskan pengertian medan listrik, menggambarkan
pola garis gaya listrik muatan positp, negatip, atau interaksi dua muatan
listrik, dan menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik,
besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik dengan benar.
3. Melalui Eksperimen, siswa dapat menjelaskan
interaksi antar muatan listrik dengan benar
C. Materi Pembelajaran :
Ø Listrik statis adalah muatan listrik yang berada dalam
keadaan diam.
Ø Konsep atom secara umum:
1. Benda terdiri atas atom-atom sejenis.
2. Setiap atom terdiri atas sebuah inti yang dikelilingi
oleh satu atau lebih elektron.
3. Inti atom bermuatan positif, elektron bermuatan negatif.
4. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif dan netron
yang tidak bermuatan listrik.
Ø Untuk memperoleh muatan dapat dilakukan dengan:
1. gosokan
2. induksi
Ø Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mengetahui
suatu benda bermuatan listrik atau tidak
Ø Cara kerja elektroskop sebagai berikut:
Ø Medan listrik (E) adalah ruangan di sekitar benda
bermuatan listrik yang mengalami gaya listrik.
Ø Jika suatu benda yang bermuatan listrik diletakkan di
suatu ruangan, maka dalam ruangan ersebut terdapat medan listrik. Jika benda
lain yang bermuatan listrik diletakkan di ruang tersebut, maka kedua benda akan
mengalami gaya. Jika muatan kedua benda sejenis, maka gaya yang terjadi adalah
gaya tolak-menolak dan jika kedua benda mempunyai muatan yang tidak sejenis,
maka gaya yang terjadi adalah gaya tarik-menarik.
Ø Medan listrik dilukiskan dengan garis-garis gaya listrik
yang arahnya dari kutub positif ke kutub negatif
Ø Hukum Coulomb: Besarnya gaya tarik-menarik atau
tolakmenolak antara dua benda yang bermuatan listrik sebanding dengan besar
muatan benda masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara
kedua benda itu.
D.
Metode Pembelajaran :
1.
Model
: - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2.
Metode
: - Diskusi Kelompok
- Eksperimen
- Ceramah
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah
PERTEMUAN PERTAMA
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
a. Pendahuluan
Ø Guru memberi salam
Ø Berdoa
Ø Mengecek kehadiran siswa
Ø Menanyakan kabar siswa
Ø Prasyarat Pengetahuan:
Pernahkah kamu menyentuh layar TV atau monitor komputer
yang nyala? Kamu mungkin akan merasakan sengatan kecil pada jari tanganmu?
Ø Motivasi:
Apa yang menyebabkan
kamu merasakan sengatan tersebut?
Ø Informasi KKM KD
Ø Informasi Rancangan Penilaian KD
Ø Menyampaikan TP
Ø Tes Awal ( Terlampir)
b. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§ Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk
hal 133-148, BKS Fisika MGMP Pati halaman 2-3
§ Guru menjelaskan model atom menurut E.
Rutherford, dan Niels Bohr ,dan menjelaskan cara kerja elektroskop
2. Elaborasi
§ Peserta didik melakukan kegiatan eksperimen pada LKS (terlampir ) untuk
mengetahui interaksi antar muatan listrik dengan bimbingan guru
§ Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk menjelaskan cara memberi
muatan listrik pada suatu benda, dan memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik
§ Guru meminta 2 peserta didik dari kelompok yang berbeda mempresentasikan hasil kegiatan dan guru
membimbing diskusi kelas
§ Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§ Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan
hasil kegiatan dengan baik
3. Konfirmasi
§ Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan cara memberi
muatan listrik pada suatu benda, interaksi antar muatan listrik, dan cara
kerja elektroskop
§ Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§ Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam
kegiatan
c. Penutup
Ø
Bersama peserta didik guru membuat
rangkuman materi
Ø
Guru memberi umpan balik berupa
post tes secara lisan
Ø
Guru memberi tugas terstruktur BKS
Fisika MGMP Kab. Pati halaman 22 Romawi II
Ø
Guru memberi informasi rencana
pembelajaran berikutnya
Ø
Guru memberi salam
|
10’
55’
15’
|
PERTEMUAN KEDUA
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
a. Pendahuluan
Ø Guru memberi salam
Ø Berdoa
Ø Mengecek kehadiran siswa
Ø Menanyakan kabar siswa
Ø Prasyarat Pengetahuan:
Jelaskan pengertian listrik statis!
Ø Motivasi:
Mengapa siaran TV dibawah Sutet pada sebuah rumah
tangga kacau?
Ø Informasi KKM KD
Ø Informasi Rancangan Penilaian KD
Ø Menyampaikan TP
b. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§ Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk
hal 141-145, BKS Fisika MGMP Pati halaman 2-3
§ Guru mebagikan Lembar Kerja Siswa ( terlampir )
2. Elaborasi
§ Peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok untuk menjelaskan
pengertian medan listrik, menggambarkan pola garis gaya listrik muatan
positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik.
§ Peserta didik melakukan
kegiatan diskusi kelompok BKS Fisika MGMP IPS Kab. Pati halaman 3-4 untuk menjelaskan secara kualitatif hubungan antara
besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan
listrik dengan bimbingan guru
§ Guru meminta 2 peserta didik dari kelompok yang berbeda mempresentasikan hasil kegiatan dan guru
membimbing diskusi kelas
§ Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§ Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan
hasil kegiatan dengan baik
3. Konfirmasi
§ Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya menggambar pola garis gaya listrik muatan
positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik, dan menjelaskan secara
kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan
jarak antara benda bermuatan listrik
§ Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§ Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam
kegiatan
d. Penutup
Ø
Bersama peserta didik guru membuat
rangkuman materi
Ø
Guru memberi umpan balik berupa
post tes secara lisan
Ø
Guru memberi tugas terstruktur BKS
Fisika MGMP Kab. Pati halaman 20-23
Ø
Guru memberi informasi rencana
pembelajaran berikutnya
Ø
Guru memberi salam
|
10’
55’
15’
|
F. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1.
Alat/ Bahan : penggaris
plastik, kain sutera, batang kaca, statif, kain wool, benang
2. Suber Belajar : Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk
hal 133-148, BKS Fisika MGMP IPA
Kab.Pati 2-4
G. Media Pembelajaran : Laptop, LCD
H. Penilaian :
- Jenis :Tes tertulis
- Bentuk :Tes Uraian
- Instrumen/soal :Terlampir
- Kunci /Pedoman Penskoran :Terlampir
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
|
Gembong, JULI 2012
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
Lampiran Tes Awal Proses
1.
Sebutkan
kandungan dari inti atom.
2.
Disebut
apakah bagian atom yang bermuatan listrik negatif?
3.
Disebut
apakah bagian atom yang bermuatan listrik positif?
4.
Bagaimana
interaksi antara proton dengan elektron?
Lampiran Tes Formatif ( Ulangan Harian )
A. Pilihlah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang
(X) pada huruf a, b, c, atau d!
1. Menurut deret tribolistrik, jika emas (Au) digosok
dengan kain wol, maka emas akan . . . .
a. bermuatan positif
b. bermuatan negatif
c. netral
d. mungkin positif, mungkin negatif
2. Sebuah benda akan bermuatan positif bila . . . .
a. kelebihan elektron
b. kekurangan elektron
c. kekurangan proton
d. jumlah proton sama dengan jumlah elektron
3. Sebuah benda akan bermuatan negatif bila . . . .
a. kelebihan elektron
b. kekurangan elektron
c. kekurangan proton
d. jumlah proton sama dengan jumlah elektron
4. Jika di dalam suatu benda terdapat keseimbangan antara
jumlah proton dengan jumlah elektron, maka benda tersebut . . . .
a. bermuatan positif
b. bermuatan negatif
c. netral
d. kadang-kadang bermuatan positif
5. Jika dua muatan listrik sejenis didekatkan akan
tolak-menolak dan bila tidak sejenis didekatkan akan tarik-menarik. Pernyataan
tersebut sesuai dengan . . . .
a. hukum Ohm
b. hukum Kirchoff
c. hukum Newton
d. hukum Coulomb
6. Pada hukum Coulomb besar gaya tarik atau gaya tolak
antara dua muatan berbanding terbalik dengan . . . .
a. besar muatan masing-masing
b. kuadrat muatan masing-masing
c. jarak antara dua muatan
d. kuadrat jarak antara dua muatan
7. Satuan sistem internasional gaya Coulomb adalah . . . .
a.
Ammeter
b.
coulomb
c.
Newton
d.
Nm2/C2
8. Satuan sistem internasional muatan listrik adalah . . . .
a. Coulomb
b. ampere
c. farad
d. mikrocoulomb
9. Dua buah muatan yang sejenis dan besarnya sama didekatkan
pada jarak d ternyata kedua muatan saling menolak dengan gaya F.
Agar gaya tolak menjadi 1/ 16 kali semula, maka jarak kedua muatan harusdiubah
menjadi . . . .
a. ¼d
b. ½d
c. 4 d
d. 2 d
10. Dua buah muatan A dan B yang besar dan sejenis didekatkan
pada jarak r sehingga mengalami gaya tolak F. Jika jarak keduanya
diubah menjadi setengah dari jarak semula, maka gaya tolak antara dua muatan
tersebut menjadi . . . .
a. ¼ F
b. ½ F
c. 2F
d. 4F
B. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat
dan jelas!
1. Jelaskan pengertian listrik statis!
2. Kapan suatu benda dikatakan:
a.
bermuatan
positif,
b.
bermuatan
negatif,
c.
netral?
3. Jelaskan terjadinya arus listrik di dalam suatu
penghantar!
4. Bagaimanakah bunyi hukum Coulomb?
5. Dua buah muatan listrik yang tidak sejenis didekatkan
akan tarik-menarik dan apabila semakin didekatkan gaya tarik akan semakin
besar, mengapa demikian?
Kunci Jawaban dan Norma Penilaian Tes
Formatif
A. Pilihan Ganda
No Soal
|
Jawaban
|
1
|
A
|
2
|
B
|
3
|
A
|
4
|
C
|
5
|
D
|
6
|
D
|
7
|
C
|
8
|
A
|
9
|
C
|
10
|
D
|
Skor Pilihan
Ganda = Benar x 5
B. Essay
No Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Listrik statis adalah muatan listrik yang berada dalam
keadaan diam.
|
2
|
2
|
a. Jika kekurangan elektron
|
2
|
|
b. Jika kelebihan elektron
|
2
|
|
c. Jika jumlah proton = jumlah elektron
|
2
|
3
|
Arus lirtrik akan mengalir dalam penghantar jika
terjadi beda potensial pada ujung-ujungnya
|
4
|
4
|
Besarnya gaya tarik-menarik atau tolakmenolak antara
dua benda yang bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan benda
masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda
itu
|
4
|
5
|
Karena jarak kedua muatan semakin besar
|
4
|
Skor Makasimum
|
20
|
Skor yang diperoleh
Skor Soal Esaay = x 50
Skor
Maksimum
Skor Akhir = Skor PG+ Skor Essay
Lembar
Kerja Siswa
Kegiatan 1
A. Tujuan :
Mempelajari Interaksi Benda-benda Bermuatan Listrik
B. Alat dan bahan :
1. penggaris plastik 4.
kain sutera
2. batang kaca 5.
statif
3. kain wool 6. benang
C. Cara kerja
1. Ikatkan sebatang penggaris plastik pada statif.
Gosokgosokkan satu ujung penggaris tersebut dan satu ujung penggaris plastik
kedua dengan kain wool.
2. Dekatkan penggaris plastik kedua ke penggaris plastik yang
digantung. Amati perilaku kedua penggaris tersebut. Catat hasil
pengamatanmu.
3. Dengan cara yang sama, lakukan untuk batang kaca yang digosok
dengan kain sutera. Sekarang, gosok kembali satu ujung penggaris plastik yang
digantung dengan kain wool dan batang kaca dengan kain sutera.
4. Dekatkan batang kaca pada penggaris tersebut. Amati perilaku
kedua benda tersebut, catat hasil pengamatanmu.
D. Analisis dan diskusi
1. Apakah penggaris bermuatan listrik setelah digosokkan pada
kain wool? Jelaskan.
2. Apakah batang kaca bermuatan listrik setelah digosokkan pada
kain sutera? Jelaskan.
3. Apa yang terjadi jika penggaris setelah digosokkan pada kain
sutera? Jelaskan.
4.
Buat kesimpulan dari hasil
kegiatanmu.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 6 )
I. Identitas :
Nama Sekolah : SMP.N 1
Gembong...............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( Fisika
)
Kelas/Semester : IX / Gasal
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-
hari
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis
percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian
serta
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator : 1. Menjelaskan konsep arus listrik dan beda
potensial listrik.
2. Menjelaskan konsep kuat arus listrik
3. Menentukan besarnya salah satu variabel rumus I
=q/t
4. Membuat rangkaian komponen listrik dengan
berbagai variasi baik seri maupun paralel.
5. Menggambarkan arus listrik dan beda potensial
dalam bentuk tabel dan grafik.
6. Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam
suatu rangkaian (hukum Ohm).
7. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara
hambatan kawat penghantar , panjang kawat penghantar, hambatan jenis, dan luas
penampang kawat penghantar
8. Menjelaskan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan
(konduktor, isolator, dan semi konduktor).
9. Menggunakan hukum I Kirchoff untuk menghitung tegangan dan arus dalam
rangkaian.
10. Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik
seri ,paralel, dan campuran
11. Menjelaskan fungsi sekering dan saklar
Alokasi Waktu : 8
x 40 menit ( 4 x pertemuan )
J. Tujuan Pembelajaran :
4. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik, menjelaskan konsep kuat arus listrik, menentukan besarnya salah satu variabel rumus I =q/t dengan benar
5. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menggambarkan arus listrik dan beda potensial
dalam bentuk tabel dan grafik, menggunakan hukum I Kirchoff untuk menghitung tegangan dan arus dalam
rangkaian, menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri ,paralel, dan
campuran , dan menjelaskan fungsi sekering dan saklar , dan dan menjelaskan
perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, isolator, dan semi
konduktor) dengan benar .
6.
Melalui Eksperimen, siswa dapat membuat rangkaian komponen listrik
dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel, menyelidiki hubungan
antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (hukum Ohm),
menjelaskan secara kualitatif hubungan
antara hambatan kawat penghantar , panjang kawat penghantar, hambatan jenis,
dan luas penampang kawat penghantar dengan benar
K. Materi Pembelajaran :
o Arus listrik sebagai aliran partikel-partikel bermuatan positif dari kutub
positif baterai ke kutub negatifnya. Arah aliran elektron adalah dari titik
yang potensialnya lebih rendah ke titik yang potensialnya lebih tinggi.
o Kuat arus listrik dinyatakan sebagai jumlah muatan yang melewati suatu penampang
setiap detiknya. Secara matematis dirumuskan dengan persamaan :
|
|
||||
atau
dimana : Q = muatan
listrik (coulomb, C)
I = kuat
arus listrik (ampere, A)
t = waktu
(sekon, s)
o Beda potensial listrik atau tegangan listrik adalah besarnya usaha (enrgi)
yang digunakan untuk memindahkan muatan listrik dari titik yang potensialnya
tinggi ke titik yang potensialnya rendah.
Dirumuskan :
|
|
o Sakelar adalah suatu alat listrik yang berfungsi untuk memutus dan
mengalirkan arus listrik.
o Sekering adalah alat pengaman listrik
o Rangkaian komponen listrik yang disusun secara berderet dengan tidak adanya
cabang pada sumber listrik disebut dengan rangkaian seri.
o
Rangkaian paralel adalah
rangkaian komponen listrik yang disusun secara sejajar sehingga terbentuk cabang
diantara sumber arus listrik.
o Hukum Ohm: ’’kuat arus yang mengalir
dalam suatu penghantar sebanding dengan potensialnya antara ujung-ujung
penghantar itu, asal suhu penghantar itu tetap.’’
Secara matematis hukum Ohm dapat ditulis sebagai berikut :
|
|
o Hambatan kawat penghantar ditentukan oleh tiga faktor, yaitu panjang kawat,
luas penampang kawat dan jenis bahan kawat.
Secara matematis dinyatakan dengan rumus berikut :
|
Dimana : R = hambatan kawat
(ohm)
l = panjang kawat (m)
A = luas penampang kawat (m2)
r = hambatan jenis
kawat (ohm m)
o
Konduktor adalah bahan
yang dapat dialiri arus listrik atau mudah mengahantarkan arus listrik. Contoh
: tembaga, besi, baja, seng
o Isolator adalah bahan yang tidak dapat atau sulit menghantarkan arus listrik.
Contoh : kaca, plastik, kayu, kertas
o
Semikonduktor adalah
bahan yang memiliki daya hantar listrik diantara konduktor dan isolator. Contoh :
silikon, germanium, arsen.
o
Hukum I Kirchoff : dalam rangkaian bercabang,
jumlah kuat arus yang masuk ke suatutitik cabang sama dengan jumlah kuat arus
yang keluar dari titik cabang itu.
Secara sistematis dinyatakan sebagai berikut :
S Imasuk
= S Ikeluar
I
= I1 + I2 + I3 = I4
Berdasarkan hukum I Kirchhoff maka pada rangkaian yang tidak bercabang besarnya
kuat arus dimana-mana besarnya sama.
o
Rangkaian hambatan listrik
Didalam
rangkaian listrik tertutup, hambatan-hambatan dapat disusun dalam dua macam,
yaitu secaraseri dan paralel.
a.
Susunan Seri
beberapa
hambatan yang disusun secara berurutan disebut susnan seri. Arus listrik yang
mengalir melalui hambatan yang satu mengalir pula melalui hambatan berikutnya.
Besar hambatan pengganti seri (Rs) merupakan jumlah tiap-tiap hambatan penyusun
rangkaian tersebut.
Besar hambatan pengganti (Rs) adalah:
Rs
= R1 + R2 + R3 +…+Rn
b.
Susunan Paralel
susunan
hambatan paralel adalah beberapa hambatan yang disusn sejajar yaitu dengan cara
menghubungkan ujung-ujung tiap-tiap hambatan menjadi satu.
Niali
hambatan pengganti (Rp) merupakan jumlah kebalikan nilai hambatan yang
dirangkai
Nilai
hambatan pengganti (Rp) adalah:
L.
Metode Pembelajaran :
1.
Model
: - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2.
Metode
: - Diskusi Kelompok
- Eksperimen
- Ceramah
M.
Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah
PERTEMUAN PERTAMA
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
e. Pendahuluan
Ø Guru memberi salam
Ø Berdoa
Ø Mengecek kehadiran siswa
Ø Menanyakan kabar siswa
Ø Prasyarat Pengetahuan:
Apakah satuan muatan listrik?
Ø Motivasi:
Apa yang menyebabkan lampu senter menyala?
Ø Informasi KKM KD
Ø Informasi Rancangan Penilaian KD
Ø Menyampaikan TP
f. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§ Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk
hal 150-154, BKS Fisika MGMP
Pati halaman 6-3
§ Guru menjelaskan menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik, menjelaskan konsep kuat arus listrik, menentukan
besarnya salah satu variabel rumus I =q/t
2. Elaborasi
§ Peserta didik melakukan kegiatan 4 eksperimen pada BKS Fisika MGMP IPA
Kab. Pati dengan bimbingan guru
§ Peserta didik mendiskusikan perbedaan saklar dan sekering
§ Guru meminta perwakilan peserta
didik dari kelompok yang berbeda
mempresentasikan hasil kegiatan dan guru membimbing diskusi kelas
§ Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§ Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan
hasil kegiatan dengan baik
3. Konfirmasi
§ Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan arah arus listrik
dan arah elektron
§ Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§ Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam
kegiatan
g. Penutup
Ø
Bersama peserta didik guru membuat
rangkuman materi
Ø
Guru memberi umpan balik berupa
post tes secara lisan
Ø
Guru memberi informasi rencana
pembelajaran berikutnya yaitu hukum Ohm dan hambatan kawat penghantar
Ø
Guru memberi tugas membaca membaca
Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 164-173
Ø
Guru memberi salam
|
10’
55’
15’
|
PERTEMUAN KEDUA
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
c. Pendahuluan
Ø Guru memberi salam
Ø Berdoa
Ø Mengecek kehadiran siswa
Ø Menanyakan kabar siswa
Ø
Menanyakan tugas membaca Buku
Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku
BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 164-173
Ø Prasyarat Pengetahuan:
Jelaskan pengertian kuat arus listrik!
Ø Motivasi:
Mengapa jaringan transmisi listrik
PLN, kawat penghantar yang digunakan berukuran
besar?
Ø Menyampaikan TP
d. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§ Guru meminta peserta didik membuka BKS Fisika MGPM IPA Kab.Pati hal 10-11
2. Elaborasi
§ Peserta didik melakukan kegiatan Eksperimen BKS Fisika MGPM IPA Kab.Pati
hal 10-11 dengan bimbingan guru
§ Peserta didik berdiskusi untuk menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan
grafik
§ Peserta didik mendiskusikan perbedaan konduktor, isolator dan
semikonduktor
§ Guru meminta perwakilan peserta didik dari kelompok yang berbeda mempresentasikan hasil kegiatan dan guru
membimbing diskusi kelas
§ Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§ Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan
hasil kegiatan dengan baik
3. Konfirmasi
§ Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan hukum Ohm, dan faktor yang mempengaruhi
besarnya hambatan kawat penghantar
§ Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§ Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam
kegiatan
h. Penutup
Ø
Bersama peserta didik guru membuat
rangkuman materi
Ø
Guru memberi umpan balik berupa
post tes secara lisan
Ø
Guru memberi tugas terstruktur BKS
Fisika MGMP Kab. Pati halaman 25-27
Ø
Guru memberi informasi rencana
pembelajaran berikutnya yaitu hukum Kirchoff dan Rangkaian Hambatan
Ø
Guru memberi salam
|
10’
55’
15’
|
PERTEMUAN KETIGA
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
e. Pendahuluan
Ø Guru memberi salam
Ø Berdoa
Ø Mengecek kehadiran siswa
Ø Menanyakan kabar siswa
Ø
Menanyakan tugas membaca Buku
Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku
BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk hal 178-183
Ø Prasyarat Pengetahuan:
Jelaskan pengertian hambatan!
Ø Motivasi:
Mengapa pemasangan lampu pada instalasi
di rumah kalian di buat secara paralel?
Ø Menyampaikan TP
f. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§ Guru meminta peserta didik membuka Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk
hal 178-183
§ Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (
terlampir)
2. Elaborasi
§ Peserta didik ,membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa
§ Peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok dengan menggunakan hukum I Kirchoff untuk menghitung tegangan dan arus dalam
rangkaian, menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri ,paralel, dan
campuran
§ Guru meminta perwakilan peserta didik dari kelompok yang berbeda mempresentasikan hasil kegiatan dan guru
membimbing diskusi kelas
§ Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§ Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan
hasil kegiatan dengan baik
3. Konfirmasi
§ Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan hukum I Kirchoff, dan perbedaan hambatn
seri dan paralel
§ Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§ Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam
kegiatan
i. Penutup
Ø
Bersama peserta didik guru membuat
rangkuman materi
Ø
Guru memberi umpan balik berupa
post tes secara lisan
Ø
Guru memberi tugas terstruktur BKS
Fisika MGMP Kab. Pati halaman 27-29
Ø
Guru memberi informasi rencana
pembelajaran berikutnya yaitu energi dan daya listrik
Ø
Guru memberi salam
|
10’
55’
15’
|
N. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
2.
Alat/ Bahan : lampu
pijar, penghantar, batu baterai, Bacismeter, Ammeter, voltmeter, saklar,
penjepit buaya, kawat nikelin, kawat tembaga kecil, kawat tembaga besar
3. Suber Belajar : Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk
hal 164-188, BKS Fisika MGMP IPA
Kab.Pati 6-29
O. Media Pembelajaran : Laptop, LCD
P. Penilaian :
- Jenis :Tes tertulis
- Bentuk :Tes Uraian
- Instrumen/soal :Terlampir
- Kunci /Pedoman Penskoran :Terlampir
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
|
Gembong, JULI 2011
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
Lampiran SOAL ULANGAN HARIAN
1.
Jelaskan pengertian
arusl listrik!
2. Berapakah besar muatan listrik yang mengalir pada sepanjang seutas kawat,
jika :
a.
kuat arus 4 A mengalir
selama 30 sekon.?
b.
kuat arus 10 mA mengalir selama 5 menit?
3.
Suatu rangkaian listrik memiliki hambatan
0,05 kW dan penghantar tersebut memiliki beda
potensial 12 volt. Berapa kuat arus yang mengalir pada rangkaian tersebut?
4.
Jelaskan apa yang dimaksud konduktor,
isolator, semi konduktor dan sebutkan dua contohnya masing-masing!
5.
Seutas kawat panjangnya 20 m, luas penampang
2 mm2 dan hambatan jenisnya 4 x 10-2 Wm diberi
tegangan 40 volt. Hitunglah kuat arus yang mengalir pada kawat listrik
tersebut!
6.
Muatan listrik sebanyak 0,3 coulomb mengalir
melalui penghantar selama 1 menit. Berapa besar kuat arus yang mengalir?
7.
Suatu penghantar dihubungkan dengan sumber
tegangan 6 V. Pada amperemeter kuat arus terbaca 3mA. Berapakah besarnya
hambatan penghantar tersebut ?
8.
Jika diameter seutas kawat diperbesar menjadi
dua kali diamater semula, Berapakah besar hambatan kawat sekarang?
9.
Perhatikan gambar!
Kuat arus I1 dialirkan melalui tiga cabang kawat penghantar. Apabila I1
= 10 A, I4 = ….
10.
Tiga buah resistor masing-masing R1
= 60 W , R2
= 100 W , dan R3
= 150 W .
a. Hitung resistansi
pengganti jika di- susun seri!
b. Hitung resistansi pengganti jika di-susun paralel!
c. Hitung resistansi pengganti jika di-susun seperti rangkaian berikut!
d. Hitung kuat arus I, I1 dan I2 jika diberi sumber tegangan 12 volt!
KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
No Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
|
1
|
Listrik statis adalah muatan listrik yang berada dalam
keadaan diam.
|
2
|
|
2
|
a. Jika kekurangan elektron
|
2
|
|
|
b. Jika kelebihan elektron
|
2
|
|
|
c. Jika jumlah proton = jumlah elektron
|
2
|
|
3
|
Arus lirtrik akan mengalir dalam penghantar jika
terjadi beda potensial pada ujung-ujungnya
|
4
|
|
4
|
Besarnya gaya tarik-menarik atau tolakmenolak antara
dua benda yang bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan benda
masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda
itu
|
4
|
|
5
|
Karena jarak kedua muatan semakin besar
|
4
|
|
Skor Makasimum
|
20
|
||
Skor yang diperoleh
Skor Soal Esaay = x 50
Skor
Maksimum
Lembar
Kerja Siswa
Kegiatan 1
C. Tujuan :
Mempelajari Interaksi Benda-benda Bermuatan Listrik
D. Alat dan bahan :
1. penggaris plastik 4.
kain sutera
2. batang kaca 5.
statif
3. kain wool 6. benang
E. Cara kerja
1. Ikatkan sebatang penggaris plastik pada statif.
Gosokgosokkan satu ujung penggaris tersebut dan satu ujung penggaris plastik
kedua dengan kain wool.
2. Dekatkan penggaris plastik kedua ke penggaris plastik yang
digantung. Amati perilaku kedua penggaris tersebut. Catat hasil
pengamatanmu.
3. Dengan cara yang sama, lakukan untuk batang kaca yang digosok
dengan kain sutera. Sekarang, gosok kembali satu ujung penggaris plastik yang
digantung dengan kain wool dan batang kaca dengan kain sutera.
4. Dekatkan batang kaca pada penggaris tersebut. Amati perilaku
kedua benda tersebut, catat hasil pengamatanmu.
F. Analisis dan diskusi
1. Apakah penggaris bermuatan listrik setelah digosokkan pada
kain wool? Jelaskan.
2. Apakah batang kaca bermuatan listrik setelah digosokkan pada
kain sutera? Jelaskan.
3. Apa yang terjadi jika penggaris setelah digosokkan pada kain
sutera? Jelaskan.
4.
Buat kesimpulan dari hasil
kegiatanmu.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 7 )
Q. Identitas :
Nama Sekolah : SMP.N 1
Gembong.................................
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( Fisika )
Kelas/Semester : IX / 1 ( Gasal )
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit ( 2 x pertemuan)
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam
kehidupan
sehari-hari
Kompetensi Dasar :
3.3 Mendeskripsikan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya
serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator : 1. Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (ggl)
sumber arus listrik.
2. Menjelaskan perbedaan elemen primer dan elemen
skunder
3. Mengidentifikasi contoh elemen primer dan elemen
skunder dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menentukan besarnya tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan
dan tegangan jepit (tegangan terpakai).
5. Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen
listrik primer dan elemen listrik sekunder
)
R. Tujuan Pembelajaran :
7. Melalui Eksperimen, siswa dapat menjelaskan gaya gerak listrik (ggl) sumber arus listrik , dan menentukan besarnya tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan
dan tegangan jepit (tegangan terpakai). dengan benar
8. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan perbedaan elemen primer dan elemen skunder,
mengidentifdkasi contoh elemen primer dan elemen skunder dalam kehidupan
sehari-hari , dan menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan
elemen listrik sekunder dengan benar .
S. Materi Pembelajaran :
Ø
Arus listrik terjadi jika
du titik yang berhubungan terdapat beda potensial
Ø
Agar pada kedua titik
yang berhubungan selalu terdapat beda potensial dapat dilakukan dengan bantuan
sumber tegangan / sumber arus listrik yaitu alat yang dapat menimbulkan beda
potensial atau menghasilkan muatan listrik
Ø
Gaya Gerak Listrik (GGL)
adalah besarnya tegangan yang terdapat pada sumber tegangan (misal baterai)
sebelum dipasang pada suatau rangkaian
Ø
Tegangan jepit atau
tegangan klem adalah besarnya tegangan setelah sumber tegangan tersebut dipasang
dalam rangkaian atau setelah terjadi arus listrik
Ø
GGL elemen selalu
memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan nilai tegangan jepitnya
Ø
Elemen Listrik primer
adalah sumber arus listrik yang tidak dapat diisi ulang bilamuatan listriknya
habis
Ø
Contoh elemen listrik
primer adalah elemen volta, elemen leclanche, elemen kering (batu baterai)
Ø
Elemen Listrik sekunder
adalah sumber arus listrik yang dapat diisi ulang bila muatan listriknya habis
Ø Contoh
elemen listrik sekunder adalah aki, baterai isi ulang
T.
Metode Pembelajaran :
1.
Model
: - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2.
Metode
: - Diskusi Kelompok
- Eksperimen
U.
Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah
PERTEMUAN PERTAMA
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
j. Pendahuluan
Ø Guru memberi salam
Ø Berdoa
Ø Mengecek kehadiran siswa
Ø Menanyakan kabar siswa
Ø Prasyarat Pengetahuan:
Rangkaian listrik di rumahmu mempunyai
sumber tegangan
listrik. Sebutkan
sumber tegangan listrik yang dapat menyalakan
lampu rumahmu sehingga tidak gelap?
Ø Motivasi:
Apakah yang dimaksud dengan tegangan jepit?
Ø Informasi KKM KD
Ø Menyampaikan TP
k. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik membentuk kelompok eksperimen beranggotakan 5 siswa ,
§ Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Elok Sudibyo dkk hal 155-162, BKS Fisika MGMP Pati halaman 16
2. Elaborasi
§ Peserta didik melakukan kegiatan 10 eksperimen pada BKS Fisika MGMP IPA
Kab. Pati hal 16 dengan bimbingan guru
§ Guru meminta perwakilan peserta
didik mempresentasikan hasil kegiatan
dan guru membimbing diskusi kelas
§ Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§ Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan
hasil kegiatan dengan baik
3. Konfirmasi
§ Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan ggl dan tegangan
jepit
§ Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§ Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam
kegiatan
l. Penutup
Ø
Bersama peserta didik guru membuat
rangkuman materi
Ø
Guru memberi umpan balik berupa
post tes secara lisan
Ø
Guru memberi informasi rencana
pembelajaran berikutnya yaitu macam-macam sumber tegangan
Ø
Guru memberi salam
|
10’
55’
15’
|
PERTEMUAN KEDUA
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
a. Pendahuluan
Ø Guru memberi salam
Ø Berdoa
Ø Mengecek kehadiran siswa
Ø Menanyakan kabar siswa
Ø Prasyarat Pengetahuan:
Apakah yang dimaksud dengan ggl?
Ø Motivasi:
Apakah yang dimaksud dengan elemen kering?
Ø Menyampaikan TP
b. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§ Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Elok Sudibyo dkk hal 155-162, BKS Fisika MGMP Pati halaman 17
2. Elaborasi
§ Peserta didik melakukan kegiatan 11 pada BKS Fisika MGMP IPA Kab.
Pati hal 17 dengan bimbingan guru
§ Guru meminta perwakilan peserta
didik mempresentasikan hasil kegiatan
sebagai berikut : Kelompok I mempresentasikan
hasil pengamatan, Kelompok II mempresentasikan jawaban pertanyaan ,
Kelompk III mempresentasikan hasil kesimpulan, Kelompok IV memprentasikan
jawaban pertanyaan bagian h, dan kelompok V membuat kesimpulan hasil
diskusi dengan bimbingan guru
§ Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§ Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan
hasil kegiatan dengan baik
3. Konfirmasi
§ Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan ggl dan tegangan
jepit
§ Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§ Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam
kegiatan
c. Penutup
Ø
Bersama peserta didik guru membuat
rangkuman materi
Ø
Guru memberi umpan balik berupa
post tes secara lisan
Ø
Guru memberi Tugas Terstruktur
Buku BKS Fisika MGMP IPA Kab. Pati hal 22-25
Ø
Guru memberi informasi rencana
pembelajaran berikutnya yaitu Energi dan Daya Listrik
Ø
Guru memberi salam
|
10’
55’
15’
|
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
3.
Alat/ Bahan : lampu
pijar, penghantar, batu baterai, Bacismeter, Resistor
4. Suber Belajar : Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk
hal 155-162, BKS Fisika MGMP IPA
Kab.Pati 16-19
V. Media Pembelajaran : Laptop, LCD
W. Penilaian :
- Jenis :Tes tertulis
- Bentuk :Tes Uraian
- Instrumen/soal :Terlampir
- Kunci /Pedoman Penskoran :Terlampir
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP8 )
X. Identitas :
Nama Sekolah : SMP N
1 Gembong
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( Fisika )
Kelas/Semester : IX /
Gasal
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)
Standar Kompetensi : 3.
Memahami
konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta
pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : 1. Menjelaskan keunggulan energi listrik
dibandingkan dengan
energi yang lain
·
Menjelaskan hubungan antara beda potensial (V) dan kuat arus (I),
hambatan listrik(R) dan lama pemakaian ( t ) dengan energi
listrik.
·
Menentukan besarnya energi listrik jika besar potensial (V) ,
kuat arus (I), dan lama pemakaian ( t ) diketahui.
·
Menunjukkan perubahan energi
listrik menjadi energi bentuk lain
·
Menjelaskan hubungan antara daya listrik dan energi listrik.
·
Menghitung penggunaan listrik di rumah tangga dengan mengkaitkan konsep
energi dan daya listrik.
·
Mengidentifikasi
cara-cara penghematan energi listrik.
Alokasi Waktu : 4
x 40 menit ( 2 x pertemuan )
Y. Tujuan Pembelajaran :
9. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan model atom menurut E. Rutherford, dan Niels Bohr , menjelaskan cara kerja elektroskop, dan menuliskan bunyi hukum Coulomb dengan benar
10. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila
dilakukan dengan cara tertentu, memberi contoh peristiwa yang menghasilkan
benda bermuatan listrik, menjelaskan pengertian medan listrik, menggambarkan
pola garis gaya listrik muatan positp, negatip, atau interaksi dua muatan
listrik, dan menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik,
besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan listrik dengan benar.
11. Melalui Eksperimen, siswa dapat menjelaskan
interaksi antar muatan listrik dengan benar
Z. Materi Pembelajaran :
Ø Listrik statis adalah muatan listrik yang berada dalam
keadaan diam.
Ø Konsep atom secara umum:
5. Benda terdiri atas atom-atom sejenis.
6. Setiap atom terdiri atas sebuah inti yang dikelilingi
oleh satu atau lebih elektron.
7. Inti atom bermuatan positif, elektron bermuatan negatif.
8. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif dan netron
yang tidak bermuatan listrik.
Ø Untuk memperoleh muatan dapat dilakukan dengan:
3. gosokan
4. induksi
Ø Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mengetahui
suatu benda bermuatan listrik atau tidak
Ø Cara kerja elektroskop sebagai berikut:
Ø Medan listrik (E) adalah ruangan di sekitar benda
bermuatan listrik yang mengalami gaya listrik.
Ø Jika suatu benda yang bermuatan listrik diletakkan di
suatu ruangan, maka dalam ruangan ersebut terdapat medan listrik. Jika benda
lain yang bermuatan listrik diletakkan di ruang tersebut, maka kedua benda akan
mengalami gaya. Jika muatan kedua benda sejenis, maka gaya yang terjadi adalah
gaya tolak-menolak dan jika kedua benda mempunyai muatan yang tidak sejenis,
maka gaya yang terjadi adalah gaya tarik-menarik.
Ø Medan listrik dilukiskan dengan garis-garis gaya listrik
yang arahnya dari kutub positif ke kutub negatif
Ø Hukum Coulomb: Besarnya gaya tarik-menarik atau
tolakmenolak antara dua benda yang bermuatan listrik sebanding dengan besar
muatan benda masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara
kedua benda itu.
Å.
Metode Pembelajaran :
1.
Model
: - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2.
Metode
: - Diskusi Kelompok
- Eksperimen
- Ceramah
Ä.
Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah
PERTEMUAN PERTAMA
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
m. Pendahuluan
Ø Guru memberi salam
Ø Berdoa
Ø Mengecek kehadiran siswa
Ø Menanyakan kabar siswa
Ø Prasyarat Pengetahuan:
Pernahkah kamu menyentuh layar TV atau monitor komputer
yang nyala? Kamu mungkin akan merasakan sengatan kecil pada jari tanganmu?
Ø Motivasi:
Apa yang menyebabkan
kamu merasakan sengatan tersebut?
Ø Informasi KKM KD
Ø Informasi Rancangan Penilaian KD
Ø Menyampaikan TP
Ø Tes Awal ( Terlampir)
n. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§ Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk
hal 133-148, BKS Fisika MGMP Pati halaman 2-3
§ Guru menjelaskan model atom menurut E.
Rutherford, dan Niels Bohr ,dan menjelaskan cara kerja elektroskop
2. Elaborasi
§ Peserta didik melakukan kegiatan eksperimen pada LKS (terlampir ) untuk
mengetahui interaksi antar muatan listrik dengan bimbingan guru
§ Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk menjelaskan cara memberi
muatan listrik pada suatu benda, dan memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik
§ Guru meminta 2 peserta didik dari kelompok yang berbeda mempresentasikan hasil kegiatan dan guru
membimbing diskusi kelas
§ Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§ Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan
hasil kegiatan dengan baik
3. Konfirmasi
§ Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya dengan cara memberi
muatan listrik pada suatu benda, interaksi antar muatan listrik, dan cara
kerja elektroskop
§ Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§ Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam
kegiatan
o. Penutup
Ø
Bersama peserta didik guru membuat
rangkuman materi
Ø
Guru memberi umpan balik berupa
post tes secara lisan
Ø
Guru memberi tugas terstruktur BKS
Fisika MGMP Kab. Pati halaman 22 Romawi II
Ø
Guru memberi informasi rencana
pembelajaran berikutnya
Ø
Guru memberi salam
|
10’
55’
15’
|
PERTEMUAN KEDUA
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
g. Pendahuluan
Ø Guru memberi salam
Ø Berdoa
Ø Mengecek kehadiran siswa
Ø Menanyakan kabar siswa
Ø Prasyarat Pengetahuan:
Jelaskan pengertian listrik statis!
Ø Motivasi:
Mengapa siaran TV dibawah Sutet pada sebuah rumah
tangga kacau?
Ø Informasi KKM KD
Ø Informasi Rancangan Penilaian KD
Ø Menyampaikan TP
h. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
§ Peserta didik membentuk kelompok diskusi beranggotakan 5 siswa ,
§ Peserta didik membaca Buku Paket BSE IPA Kls 9 Karangan Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk
hal 141-145, BKS Fisika MGMP Pati halaman 2-3
§ Guru mebagikan Lembar Kerja Siswa ( terlampir )
2. Elaborasi
§ Peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok untuk menjelaskan
pengertian medan listrik, menggambarkan pola garis gaya listrik muatan
positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik.
§ Peserta didik melakukan
kegiatan diskusi kelompok BKS Fisika MGMP IPS Kab. Pati halaman 3-4 untuk menjelaskan secara kualitatif hubungan antara
besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan jarak antara benda bermuatan
listrik dengan bimbingan guru
§ Guru meminta 2 peserta didik dari kelompok yang berbeda mempresentasikan hasil kegiatan dan guru
membimbing diskusi kelas
§ Peserta didik menanggapi hasil presentasi peserta didik yang lain
§ Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang telah mempresentasikan
hasil kegiatan dengan baik
3. Konfirmasi
§ Guru memberi penguatan meteri yang berkaitannya menggambar pola garis gaya listrik muatan
positp, negatip, atau interaksi dua muatan listrik, dan menjelaskan secara
kualitatif hubungan antara besar gaya listrik, besar muatan listrik, dan
jarak antara benda bermuatan listrik
§ Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik
§ Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif dalam
kegiatan
p. Penutup
Ø
Bersama peserta didik guru membuat
rangkuman materi
Ø
Guru memberi umpan balik berupa
post tes secara lisan
Ø
Guru memberi tugas terstruktur BKS
Fisika MGMP Kab. Pati halaman 20-23
Ø
Guru memberi informasi rencana
pembelajaran berikutnya
Ø
Guru memberi salam
|
10’
55’
15’
|
Ö. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
4.
Alat/ Bahan : penggaris
plastik, kain sutera, batang kaca, statif, kain wool, benang
5. Suber Belajar : Buku BSE IPA KLs IX Karangan Elok Sudibyo dkk
hal 133-148, BKS Fisika MGMP IPA
Kab.Pati 2-4
AA. Media Pembelajaran : Laptop, LCD
BB. Penilaian :
- Jenis :Tes tertulis
- Bentuk :Tes Uraian
- Instrumen/soal :Terlampir
- Kunci /Pedoman Penskoran :Terlampir
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
|
Gembong, JULI 2012
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
Lampiran Tes Awal Proses
1. Sebutkan kandungan dari inti atom.
2. Disebut apakah bagian atom yang bermuatan listrik negatif?
3. Disebut apakah bagian atom yang bermuatan listrik
positif?
4. Bagaimana interaksi antara proton dengan elektron?
Lampiran Tes Formatif ( Ulangan Harian )
B. Pilihlah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang
(X) pada huruf a, b, c, atau d!
1. Menurut deret tribolistrik, jika emas (Au) digosok
dengan kain wol, maka emas akan . . . .
a. bermuatan positif
b. bermuatan negatif
c. netral
d. mungkin positif, mungkin negatif
2. Sebuah benda akan bermuatan positif bila . . . .
a. kelebihan elektron
b. kekurangan elektron
c. kekurangan proton
d. jumlah proton sama dengan jumlah elektron
3. Sebuah benda akan bermuatan negatif bila . . . .
a. kelebihan elektron
b. kekurangan elektron
c. kekurangan proton
d. jumlah proton sama dengan jumlah elektron
4. Jika di dalam suatu benda terdapat keseimbangan antara
jumlah proton dengan jumlah elektron, maka benda tersebut . . . .
a. bermuatan positif
b. bermuatan negatif
c. netral
d. kadang-kadang bermuatan positif
5. Jika dua muatan listrik sejenis didekatkan akan
tolak-menolak dan bila tidak sejenis didekatkan akan tarik-menarik. Pernyataan
tersebut sesuai dengan . . . .
a. hukum Ohm
b. hukum Kirchoff
c. hukum Newton
d. hukum Coulomb
6. Pada hukum Coulomb besar gaya tarik atau gaya tolak
antara dua muatan berbanding terbalik dengan . . . .
a. besar muatan masing-masing
b. kuadrat muatan masing-masing
c. jarak antara dua muatan
d. kuadrat jarak antara dua muatan
7. Satuan sistem internasional gaya Coulomb adalah . . . .
a.
Ammeter
b.
coulomb
c.
Newton
d.
Nm2/C2
8. Satuan sistem internasional muatan listrik adalah . . . .
a. Coulomb
b. ampere
c. farad
d. mikrocoulomb
9. Dua buah muatan yang sejenis dan besarnya sama didekatkan
pada jarak d ternyata kedua muatan saling menolak dengan gaya F.
Agar gaya tolak menjadi 1/ 16 kali semula, maka jarak kedua muatan harusdiubah
menjadi . . . .
a. ¼d
b. ½d
c. 4 d
d. 2 d
10. Dua buah muatan A dan B yang besar dan sejenis didekatkan
pada jarak r sehingga mengalami gaya tolak F. Jika jarak keduanya
diubah menjadi setengah dari jarak semula, maka gaya tolak antara dua muatan
tersebut menjadi . . . .
a. ¼ F
b. ½ F
c. 2F
d. 4F
B. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat
dan jelas!
6. Jelaskan pengertian listrik statis!
7. Kapan suatu benda dikatakan:
a.
bermuatan
positif,
b.
bermuatan
negatif,
c.
netral?
8. Jelaskan terjadinya arus listrik di dalam suatu
penghantar!
9. Bagaimanakah bunyi hukum Coulomb?
10. Dua buah muatan listrik yang tidak sejenis didekatkan
akan tarik-menarik dan apabila semakin didekatkan gaya tarik akan semakin
besar, mengapa demikian?
Kunci Jawaban dan Norma Penilaian Tes
Formatif
C. Pilihan Ganda
No Soal
|
Jawaban
|
1
|
A
|
2
|
B
|
3
|
A
|
4
|
C
|
5
|
D
|
6
|
D
|
7
|
C
|
8
|
A
|
9
|
C
|
10
|
D
|
Skor Pilihan
Ganda = Benar x 5
D. Essay
No Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Listrik statis adalah muatan listrik yang berada dalam
keadaan diam.
|
2
|
2
|
a. Jika kekurangan elektron
|
2
|
|
b. Jika kelebihan elektron
|
2
|
|
c. Jika jumlah proton = jumlah elektron
|
2
|
3
|
Arus lirtrik akan mengalir dalam penghantar jika
terjadi beda potensial pada ujung-ujungnya
|
4
|
4
|
Besarnya gaya tarik-menarik atau tolakmenolak antara
dua benda yang bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan benda
masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda
itu
|
4
|
5
|
Karena jarak kedua muatan semakin besar
|
4
|
Skor Makasimum
|
20
|
Skor yang diperoleh
Skor Soal Esaay = x 50
Skor
Maksimum
Skor Akhir = Skor PG+ Skor Essay
Lembar
Kerja Siswa
Kegiatan 1
E. Tujuan :
Mempelajari Interaksi Benda-benda Bermuatan Listrik
F. Alat dan bahan :
1. penggaris plastik 4.
kain sutera
2. batang kaca 5.
statif
3. kain wool 6. benang
G. Cara kerja
1. Ikatkan sebatang penggaris plastik pada statif.
Gosokgosokkan satu ujung penggaris tersebut dan satu ujung penggaris plastik
kedua dengan kain wool.
2. Dekatkan penggaris plastik kedua ke penggaris plastik yang
digantung. Amati perilaku kedua penggaris tersebut. Catat hasil
pengamatanmu.
3. Dengan cara yang sama, lakukan untuk batang kaca yang digosok
dengan kain sutera. Sekarang, gosok kembali satu ujung penggaris plastik yang
digantung dengan kain wool dan batang kaca dengan kain sutera.
4. Dekatkan batang kaca pada penggaris tersebut. Amati perilaku
kedua benda tersebut, catat hasil pengamatanmu.
H. Analisis dan diskusi
1. Apakah penggaris bermuatan listrik setelah digosokkan pada
kain wool? Jelaskan.
2. Apakah batang kaca bermuatan listrik setelah digosokkan pada
kain sutera? Jelaskan.
3. Apa yang terjadi jika penggaris setelah digosokkan pada kain
sutera? Jelaskan.
4.
Buat kesimpulan dari hasil
kegiatanmu.
0 komentar:
Posting Komentar