RSS

RPP IPA - BIOLOGI KLAS 8 SEMESTER 4 SMP N 1 GEMBONG PATI TH PEMBELAJARAN 2011 - 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1)


Jenjang Sekolah           :  S M P N 1 Gembong
Mata Pelajaran             :  IPA
Kelas / Semester          :  VIII / 2
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2 x Pertemuan )

Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.

Kompetensi Dasar 2.1.
Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Indikator
:
1.      Menjelaskan struktur dan fungsi dari akar,daun, bunga dan biji
2.      Membedakan letak epidermis,  stele dan  kortek pada tumbuhan
3.      Membedakan peran xilem dan floem pada tumbuhan

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membedakan struktur dan fungsi akar, batang daun dan bunga.
2.      Siswa dapat menjelaskan transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan..

v  Karakter siswa yang diharapkan :             Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      -  Struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
      -  Transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Pembelajaran kontekstual dan lingkungan
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan eksperimen
      3.  Model Pembelajaran     :  Kooperatif dan langsung.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimanakah struktur pada akar, batang, daun dan bunga ?
                  2)  Faktor apakah yang mempengaruhi transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan ?
                 
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami organ-organ penyusun tumbuhan.

      2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat membedakan struktur dan fungsi akar, batang daun dan bunga.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Dengan petunujuk dan  bimbingan guru, siswa  melakukan observasi struktur/bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
F  Guru memberi tugas rumah.



      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimanakah cara Transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan.
                  b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami garam mineral pada tumbuhan.
      2.  Kegiatan Inti                
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat menjelaskan transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku Paket Biologi
      2.  Model / Charta struktur akar, batang, daun dan bunga.
      3.  LKS MGMP Kab.Pati

G.  Penilaian.  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun
·       Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
·       Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
·       Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis

Tes tulis






Tes Unjuk kerja


Tes tulis


Tes tulis

Tes PG






Tes identifikasi


Tes uraian


Tes PG

Yang berfungsi mengangkut hasil fotositesis adalah ....
a. Xilem       
c. Stomata
b. Floem         
d.Lenti sel

Berdasarkan carta struktur akar berikut ini, tunjukkanlah letak kortek dan letak epidermis

Deskripsikan fungsi jaringan meristem pada bagian ujung akar

Bagian daun yang melakukan foto sintesis adalah ....
a. plastida         
b. lenti sel
c. stomata    
  d. kortex

Mengetahui,
Kepala Sekolah,


Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,  3  Januari  2011
Guru Mapel  IPA


Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 2)

Jenjang Sekolah           :  S M P N 1 Gembong
Mata Pelajaran             :  IPA ( biologi )
Kelas / Semester          :  VIII / 2
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2 xpertemuan )

Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.

Kompetensi Dasar 2.2.
Mendiskripsikan proses perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau

Indikator
:
1.      Menunjukan bagian-bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
2.      Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
3.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan proses respirasi tumbuhan.
2.      Siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis secara sederhana.
3.      Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi fotosintesis.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      Proses perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Pendekatan konsektual dan lingkungan.
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan eksperimen.
      3.  Model Pembelajaran     :  Pembelajaran kooperatif dan langsung.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Berupa apa alat respirasi pada tumbuhan ?
                  2)  Apakah yang diperlukan dalam proses transformasi ?
                 
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.


      2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat menjelaskan proses respirasi tumbuhan.
F  Siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis secara sederhana.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Dengan petunjuk guru siswa melakukan percobaan tentang respirasi dan fotosintesis dan dilanjutkan diskusi
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
F  Guru memberi tugas rumah.

      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Faktor – faktor apakah yang berpengaruh pada fotosintesis.
                 
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami peristiwa respirasi dan fotosintesis..


      2.  Kegiatan Inti    
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa berdiskusi dengan bimbingan guru tentang faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan
      2.  Model / Charta stomata, lenti sel, bulu akar.

F.  Sumber Pembelajaran        
·      Buku Paket Biologi
·      Model / Charta alat respirasi dan fotosintesis tumbuhan.
·      LKS MGMP Kab.Pati

G.  Penilaian.  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
·       Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
·       Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

Tes tulis




Tes unjuk kerja


Tes tulis
Tes PG




Uji petik kerja produk

Tes uraian
Bagian daun yang melakukan foto sintesis adalah ....
a. plastida         
c .lenti sel
b. stomata          d.kortex
Deskripsikan makna perubahan warna pada daun setelah ditetesi yodium

Sebutkan 2 faktor yang mempengaruhi pproses fotosintesis

     
Mengetahui,
Kepala Sekolah,


Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,  3  Januari  2011
Guru Mapel  IPA


Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002


                                               
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 3)


  Jenjang Sekolah           :  S M P N 1 Gembong                                                Mata Pelajaran            :  IPA ( biologi)
   Kelas / Semester          :  VIII / 2
  Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2 x Pertemuan )


Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.

Kompetensi Dasar 2.3.
Mengidentifikasi macam – macam gerak pada tumbuhan.

Indikator
:
1.      Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan
2.      Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dan gerak nasti
3.      Melakukan percobaan dan membuat laporan hasil percobaan gerak pada tumbuhan

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasikan macam – macam gerak pada tumbuhan.
2.      Siswa dapat membuat laporan hasil percobaan gerak pada rumbuhan..

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      Macam – macam gerak pada tumbuhan.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Kontekstual dan lingkungan
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan percobaan
      3.  Model Pembelajaran     :  Kooperatif dan langsung.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apakah semua makhluk hidup bergerak ?
                  2)  Bagaimana tumbuhan bergerak ?
                 
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.


      2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat mengidentifikasikan macam – macam gerak pada tumbuhan.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran dibantu oleh guru.
F  Guru memberi tugas rumah dan refeklsi hasil pembelajaran.

      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apa bedanya gerakan menutupnya daun putri malu karena sentuhan api dan lidi?
                  2)   Apa bedanya tropisme, nasti dan taksis?
                  b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami macam – macam gerak pada tumbuhan .
     
      2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat membuat laporan hasil percobaan gerak pada rumbuhan..
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa membuat laporan hasil percobaan macam – macam gerak pada tumbuhan.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku Paket Biologi      
      2.  Buku lain yang relevan.
      3.  LKS MGMP Kab.Pati

G.  Penilaian.  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan
·       Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti
Tes tulis






Tes tulis
Tes PG






Tes isian

Tumbuhnya akar ke bawah merupakan gerak ....
a. geotropis     
c. Nasti
b. pototropis    
d. tropis

Hal yang membedakan gerak tropisme dengan gerak nasti
yaitu ....
                                                           
     


      
Mengetahui,
Kepala Sekolah,


Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,  3  Januari  2011
Guru Mapel  IPA


Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002



                 





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 4)


    Jenjang Sekolah           :  S M P N 1 Gembong                                   
    Mata Pelajaran             :  IPA ( biologi)
   Kelas / Semester           :  VIII / 2
    Alokasi waktu              :  2 X 40’ ( 1 x Pertemuan )


Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.

Kompetensi Dasar 2.4.
Mengidentifikasikan nama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam
kehidupan sehari – hari.

Indikator
:
1.      Menjelaskan perbedaan antara hama dan penyakit
2.      Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari


A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan nama dan penyakit pada tanaman.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      Nama dan penyakit pada tanaman.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Konsektual dan lingkungan.
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan eksperimen.
      3.  Model Pembelajaran     :  presentasi / seminar..

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apa bedanya hama dengan kelompoknya ?
                  2)  Berupa apakah hama yang sering menyerang kebun kelapa ?
                 
      2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat menjelaskan hama dan penyakit pada tanaman.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Pertemuan Kedua :
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apa yang dimaksud hama  ?
                  2)  Sebutkan  hama yang sering menyerang tanaman padi ?
                 
      2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat menjelaskan macam-macam hama dan penyakit pada tanaman.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.  Media Pembelajaran
      Internet, literatur.
F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku Paket Biologi                  
      2.  Buku lain yang relevan.
      3.  Internet.
      4.  LKS MGMP IPA Kab.Pati

G.  Penilaian.  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit
·       Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Tes tulis


Penugasan
Tes uraian


Tugas proyek
Deskripsikan perbedaan hama dan penyakit

Lakukanlah wawancara dengan nara sumber (petani) tentang hama penyakit tanaman dan membuat laporannya

Mengetahui,
Kepala Sekolah,


Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,  3  Januari  2011
Guru Mapel  IPA


Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...