RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1)
Jenjang
Sekolah : S M P N 1 Gembong
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas /
Semester : VIII / 2
Alokasi
waktu : 4 X 40’ ( 2 x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam
kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.1.
Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Indikator
|
:
|
1. Menjelaskan struktur dan fungsi dari akar,daun, bunga
dan biji
2. Membedakan letak epidermis, stele dan
kortek pada tumbuhan
3. Membedakan peran xilem dan floem pada tumbuhan
|
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat membedakan struktur dan fungsi akar, batang
daun dan bunga.
2. Siswa dapat menjelaskan transportasi air dan garam
mineral pada tumbuhan..
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
- Struktur
dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
- Transportasi air dan garam mineral pada
tumbuhan
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual dan lingkungan
2. Metode : Diskusi, informasi dan eksperimen
3. Model Pembelajaran : Kooperatif dan
langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Bagaimanakah struktur pada akar, batang, daun
dan bunga ?
2) Faktor apakah yang
mempengaruhi transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami
organ-organ penyusun tumbuhan.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat membedakan struktur dan fungsi akar, batang daun dan
bunga.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Dengan petunujuk dan
bimbingan guru, siswa melakukan
observasi struktur/bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membimbing siswa untuk membuat
kesimpulan.
F
Guru memberi
tugas rumah.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Bagaimanakah cara Transportasi air dan garam mineral
pada tumbuhan.
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami garam mineral pada
tumbuhan.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menjelaskan transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan
F
melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan
hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
1.
Alat dan bahan
F. Sumber Pembelajaran
1.
Buku Paket Biologi
2.
Model / Charta struktur akar, batang, daun dan bunga.
3.
LKS MGMP Kab.Pati
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar,
batang dan daun
·
Menunjukkan
letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
·
Menjelaskan
fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
·
Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam
fotosintesis
|
Tes tulis
Tes Unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes PG
Tes
identifikasi
Tes uraian
Tes PG
|
Yang berfungsi
mengangkut hasil fotositesis adalah ....
a. Xilem
c. Stomata
b. Floem
d.Lenti sel
Berdasarkan carta
struktur akar berikut ini, tunjukkanlah letak kortek dan letak epidermis
Deskripsikan fungsi
jaringan meristem pada bagian ujung akar
Bagian daun yang
melakukan foto sintesis adalah ....
a. plastida
b. lenti sel
c.
stomata
d. kortex
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP:
19650904198902201
|
Gembong, 3 Januari
2011
Guru
Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP:
196012011993022002
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 2)
Jenjang
Sekolah : S M P N 1 Gembong
Mata
Pelajaran : IPA ( biologi )
Kelas /
Semester : VIII / 2
Alokasi
waktu : 4 X 40’ ( 2 xpertemuan )
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam
kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.2.
Mendiskripsikan proses
perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau
Indikator
|
:
|
1.
Menunjukan bagian-bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
2.
Melakukan
dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
3. Menjelaskan faktor-faktor
yang mempengaruhi fotosintesis
|
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan proses respirasi tumbuhan.
2. Siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis secara
sederhana.
3.
Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor yang
mempengaruhi fotosintesis.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Proses
perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Pendekatan konsektual dan lingkungan.
2. Metode : Diskusi, informasi dan eksperimen.
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
dan langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Berupa apa alat respirasi pada tumbuhan ?
2) Apakah yang diperlukan dalam proses
transformasi ?
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami
struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menjelaskan proses respirasi tumbuhan.
F
Siswa dapat
menjelaskan proses fotosintesis secara sederhana.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan petunjuk guru siswa melakukan percobaan tentang respirasi
dan fotosintesis dan dilanjutkan diskusi
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membimbing siswa untuk membuat
kesimpulan.
F
Guru memberi tugas
rumah.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Faktor – faktor apakah yang berpengaruh pada
fotosintesis.
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami peristiwa respirasi dan
fotosintesis..
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi
fotosintesis.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berdiskusi dengan bimbingan guru tentang faktor yang
mempengaruhi fotosintesis.
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai
sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran
1.
Alat dan bahan
2.
Model / Charta stomata, lenti sel, bulu akar.
F. Sumber Pembelajaran
· Buku Paket Biologi
· Model / Charta alat
respirasi dan fotosintesis tumbuhan.
· LKS MGMP Kab.Pati
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
·
Melakukan dan
membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
·
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Tes PG
Uji petik kerja produk
Tes uraian
|
Bagian daun yang
melakukan foto sintesis adalah ....
a. plastida
c .lenti sel
b. stomata d.kortex
Deskripsikan makna
perubahan warna pada daun setelah ditetesi yodium
Sebutkan 2 faktor
yang mempengaruhi pproses fotosintesis
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP:
19650904198902201
|
Gembong, 3 Januari
2011
Guru
Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP:
196012011993022002
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 3)
Jenjang
Sekolah : S M P N 1 Gembong
Mata Pelajaran : IPA ( biologi)
Kelas /
Semester : VIII / 2
Alokasi
waktu : 4 X 40’ ( 2 x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan
tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.3.
Mengidentifikasi macam –
macam gerak pada tumbuhan.
Indikator
|
:
|
1. Mendeskripsikan
macam-macam gerak pada tumbuhan
2. Menjelaskan
perbedaan gerak tropisme dan gerak nasti
3. Melakukan
percobaan dan membuat laporan hasil percobaan gerak pada tumbuhan
|
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasikan macam – macam gerak
pada tumbuhan.
2. Siswa dapat membuat laporan hasil percobaan gerak pada
rumbuhan..
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Macam – macam gerak pada tumbuhan.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Kontekstual dan lingkungan
2. Metode : Diskusi, informasi dan percobaan
3. Model Pembelajaran : Kooperatif dan
langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Apakah semua makhluk hidup bergerak ?
2) Bagaimana tumbuhan bergerak ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami
struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
mengidentifikasikan macam – macam gerak pada tumbuhan.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa membuat
kesimpulan hasil pembelajaran dibantu oleh guru.
F Guru memberi tugas rumah dan refeklsi hasil pembelajaran.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Apa bedanya gerakan
menutupnya daun putri malu karena sentuhan api dan lidi?
2)
Apa bedanya tropisme, nasti dan taksis?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami macam – macam gerak pada tumbuhan .
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
membuat laporan hasil percobaan gerak pada rumbuhan..
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa membuat
laporan hasil percobaan macam – macam gerak pada tumbuhan.
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku Paket Biologi
2.
Buku lain yang relevan.
3.
LKS MGMP Kab.Pati
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mendeskripsikan
macam-macam gerak pada tumbuhan
· Menjelaskan
perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes PG
Tes
isian
|
Tumbuhnya akar ke
bawah merupakan gerak ....
a. geotropis
c. Nasti
b. pototropis
d. tropis
Hal yang membedakan
gerak tropisme dengan gerak nasti
yaitu ....
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP:
19650904198902201
|
Gembong, 3 Januari
2011
Guru
Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP:
196012011993022002
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 4)
Jenjang
Sekolah : S M P N 1 Gembong
Mata Pelajaran : IPA ( biologi)
Mata Pelajaran : IPA ( biologi)
Kelas /
Semester : VIII / 2
Alokasi
waktu : 2 X 40’ ( 1 x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam
kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.4.
Mengidentifikasikan nama dan
penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam
kehidupan sehari – hari.
Indikator
|
:
|
1.
Menjelaskan
perbedaan antara hama dan penyakit
2.
Mendata
contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari
|
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan nama dan penyakit pada tanaman.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Nama dan penyakit pada tanaman.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Konsektual dan lingkungan.
2. Metode : Diskusi, informasi dan eksperimen.
3. Model Pembelajaran : presentasi / seminar..
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Apa bedanya hama dengan kelompoknya ?
2) Berupa apakah hama yang sering menyerang kebun kelapa ?
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menjelaskan hama dan penyakit pada tanaman.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Pertemuan Kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Apa yang dimaksud hama ?
2) Sebutkan
hama yang sering menyerang tanaman padi ?
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menjelaskan macam-macam hama dan penyakit pada
tanaman.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Internet,
literatur.
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku Paket Biologi
2. Buku lain yang relevan.
3. Internet.
4. LKS MGMP IPA Kab.Pati
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit
·
Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan
yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
Penugasan
|
Tes
uraian
Tugas proyek
|
Deskripsikan
perbedaan hama dan penyakit
Lakukanlah wawancara
dengan nara sumber (petani) tentang hama penyakit tanaman dan membuat
laporannya
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP:
19650904198902201
|
Gembong, 3 Januari
2011
Guru
Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP:
196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar