RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 2
SEKOLAH :
SMP NEGERI 1 Gembong
MAPEL : IPA/BIOLOGI
KELAS /SMT
: IX / 1 ( GASAL )
WAKTU : 6 x
40 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
- KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan
sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
manusia
- INDIKATOR
·
Menyebutkan macam organ penyusun
sistem reproduksi pada manusia
·
Mendeskripsikan fungsi masing-masing
organ reproduksi pada manusia
·
Menjelaskan proses reproduksi pada
manusia
·
Menulis artikel tentang cara penularan
dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan
sistem reproduksi.
·
Mendiskripsikan cara menjaga kesehatan
organ sistem reproduksi
·
Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
.
- TUJUAN PEMBELAJARAN
a.
Melalui tayangan CD siswas dapat
menyebutkan 4 macam organ penyusun sistem reproduksi pada wanita dan fungsinya
dengan benar.
b.
Melalui tayangan CD siswa dapat
menyebutkan 3 macam organ penyusun sistem reproduksi pada pria dan fungsinya
dengan benar
c.
Dengan membaca buku paket Ilmu Alam
Sekitar hal 19 – 21, siswa dapat menjelaskan proses reproduksi pada manusia
d.
Melalui diskusi kelompok tentang
proses reproduksi pada manusia, siswa dapat menjelaskan terjadinya menstruasi
e.
Melalui diskusi kelompok tentang
proses reproduksi pada manusia, siswa dapat menjelaskan pola-pola perkembangan
embrio pada manusia.
f.
Dengan membaca buku paket Ilmu Alam
Sekitar hal 22-25, siswa dapat
menyebutkan kelainan / penyakit system reproduksi pada manusia dengan benar
g.
Dengan memperoleh informasi tentang
cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem
reproduksi siswa dapat menerapkan pentingnya menjaga kesehatan organ sistem
reproduksi dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
- MATERI PEMBELAJARAN
Alat reproduksi wanita
Organ
reproduksi seorang wanita terdiri dari :
a.
Ovarium
Ovarium
berjumlah sepasang dan berfungsi menghasilkan sel telur (ovum). Terletak di
rongga perut tepatnya di daerah pinggang kiri dan kanan. Sel telur yang telah
masak dilepas oleh ovarium. Peristiwa itu disebut ovulasi. Selain menghasilkan sel telur ovarium juga berfungsi
menghasilkan hormone estrogen dan progesteron.
b.
Oviduk
Oviduk
berjumlah sepasang dan berfungsi menggerakkan ovum kea rah rahim dengan gerakan
peristaltik. Ujungnya berbentuk corong berjumbai-jumbei ( frimbrae ). Frimbrae
berfungsi untuk menangkap ovum dan dilepaskan oleh ovarium. Pembuahan ovum oleh
sperma terjadi di oviduk, selanjutnya ovum yang telah dibuahi bergerak ke
rahim.
c.
Vagina
Vagina
berfungsi sebagai organ persetubuhan dan untuk melahirkan bayi. Organ tersebut
mempunyai banyak lipatan, sehingga saat melahirkan dapa mengembang. Dalm vagina
terdapat lender yang dihasilkan oleh kelenjar yaitu kelenjar bartholini.
Alat reproduksi pria
Organ
reproduksi pria mempunyai dua fungsi reprodusi, yaitu produksi sel kelamin dan
pelepasan sel-sel ke kelamin wanita. Organ reproduksi pria terdiri dari :
a.
Testis
Testis
berjumlah sepasang dan berbentuk bulat telur. Testis tersimpan di dalam suatu
kantong yang disebut skrotum atau kantong buah zakar. Testis berfungsi
sebagai tempat pembentukan sel sperma dan hormone kelamin ( testosteron )
b.
Vas deferens
Vas deferens merupakan salura yang menghubungkan testis dengan
kantong sperma. Vas deferens berjumlah
sepasang dan terletak di dalam kelenjar prostat.
c.
Kantong sperma
Kantong
sperma berjumlah sepasang dan berfungsi untuk menampung sperma sebelum
dikeluarkan dari tubuh seorang pria.
d.
Penis
Di
dalam penis terdapat uretra yang berfungsi sebagai aluran urin dan saluran
sperma.
HIV/AIDS,Siphilis, Gonorhoe
Ø HIV
/ AIDS
AIDS
bukanlah penyakit pada system reproduksi, Namun AIDS dapat disebabkan karena
adanya adanya hubungan seksual yang merupakan proses reproduksi pada manusia
oleh penderita AIDS. AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit karena turunnya
kekebalan tubuh.
Perilaku
yang beresiko menularnya AIDS antara lain :
- Hubungan seks dengan penderita AIDS.
- Penerima transfusi darah yang sudag tercemar HIV.
- Penggunaan jarum tindik atau pembuatan tato yang sudah tercemar HIV.
- Penggunaan jarum suntik yang sudah terkena virus HIV tanpa disterilkan terlebih dahulu.
- Ibu hamil yang terinveksi HIV dapat menularkan HIV pada bayi yang dikandungnya.
Ø Siphilis
Sifilis
adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri.
Tanda-tanda
sifilis antara lain.
a.
terjadi luka pada alat kelamin,
rectum, lidah dan bbir.
b.
pembengkakan getah bening pada bagian
paha.
c.
bercak-bercak di seluruh tubuh.
d.
tulang dan sendi terasa nyeri ruam
pada tubuh, khususnya pada tangan dan telapak kaki.
Ø Gonorhoe
Gonorhoe
atau kencing nanah disebabkan oleh bakteri.
Gejala-gejalanya
antara lain :
a.
Keluarnya cairan seperti nanah dari
saluran kelamin.
b.
Rasa panas dan sering kencing.
Bakteri
penyebab penyakit ini dapat menyebar ke sekuruh tubuh sehingga menyebabkan rasa
nyeri pada persendian dan dapat mengakibatkan kemandulan.
F.
METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode :
tanya jawab
2. Model Pembelajaran : diskusi
G.
LANGKAH PEMBELAJARAN
H.
PERTEMUAN
|
TAHAP
|
RINCIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin
berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai
wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang sistem reproduksi beserta
fungsinya pada manusia
c. Guru memberi motivasi
siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang
berkaitan dengan reproduksi
d. Guru menyampaikan cakupan materi secara
garis
besar tentang alat reproduksi pada manusia dan
fungsinya;
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
Melalui tayangan power point dan kajian pustaka organ reproduksi pada
manusia
·
setiap kelompok menemukan
bagian-bagian yang penting alat
reproduksi pada manusia
·
Menggali pengertian siswa
tentang sistem reproduksi pada pria dan wanita
|
60’
|
|
Elaborasi
·
Mengadakan diskusi tentang masing masing organ penyusun sistem
reproduksi dan fungsinya
·
Secara bergantian siswa
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
·
Siswa yang lain memberikan tanggapan
|
|||
Konfirmasi
Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas
hasil diskusi dan presentasi siswa
ü Membimbing siswa membuat rangkuman
|
|||
Penutup
|
·
Guru mengidentifikasi
masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan
diskusi di kelas
·
Siswa melakukan refleksi
tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami materi.
|
10’
|
|
2
|
Pendahuluan
|
Motivasi Guru menciptakan
suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin
berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai
wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang proses sistem reproduksi pada
manusia
c. Guru memberi motivasi
siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang
berkaitan dengan menstruasi
d. Guru menyampaikan cakupan materi secara
garis
besar tentang proses sistem reproduksi pada
pria dan wanita
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
ü Melalui tayangan CD dan kajian pustaka
secara berkelompok menggali pengertian siswa tentang proses sistem
reproduksi pada pria
ü Menggali menggali siswa tentang proses sistem reproduksi pada wanita
ü Menggali pengertian siswa tentang proses fertilisasi
ü Menggali pengertian siswa tentang proses kehamilan
|
60’
|
|
Elaborasi
ü Mengadakan diskusi tentang tentang
proses sistem reproduksi pada pria, proses sistem reproduksi pada wanita ,
proses fertilisasi , proses kehamilan.
ü Wakil
dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
ü Guru
membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
|
|||
Konfirmasi
·
Guru memberikan
penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa
·
Membimbing siswa membuat
rangkuman
|
|||
Penutup
|
ü Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk
memahami materi
ü Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi
berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
ü Guru memberi tugas rumah mendata kelainan pada organ reproduksi
|
10’
|
|
3
|
Pendahuluan
|
Motivas Guru menciptakan suasana kelas yang religius
dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran
siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan
b. Guru menumbuhkan rasa
ingin tahu dengan
menyampaikan tujuan
pembelajaran tentang kelainan
pada organ
reproduksi
c. Guru memberi motivasi
siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang
berkaitan dengan penyakit
AIDS
d. Guru menyampaikan cakupan materi secara
garis
besar tentang kelainan pada organ reproduksi
|
10
|
Kegiatan inti
|
Eksplorasi
ü Melalui tayangan CD dan kajian pustaka
secara berkelompok menggali pengertian siswa tentang penyakit
/kelainan pada sistem 0rgan
reproduksi
ü Pencegahan penyakit / kelainan pada sistem organ reproduksi
|
60'
|
|
Elaborasi
ü Mengadakan diskusi tentang fungsi masing masing organ penyusun sistem
reproduksi wanita juga tentang cara penularan dan
pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi.
ü Wakil
dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
ü Guru
membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
|
|||
Penutup
|
ü Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk
memahami materi
ü Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi
berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
ü Guru memberi tugas rumah tentang sistem
reproduksi
|
10'
|
H. SUMBER BELAJAR
- Buku Paket Ilmu Alam Sekitar 3 kelas IX dan buku lain yang relevan
2.
CD Pembelajaran
I. PENILAIAN
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
No
Instrumen
|
|
·
Menyebutkan macam
organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
·
Mendeskripsikan
fungsi masing-masing organ reproduksi pada manusia
·
Menjelaskan proses
reproduksi pada manusia
·
Menulis artikel tentang
cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi.
·
Mendiskripsikan
cara menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
·
Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ
sistem reproduksi
1.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes Kinerja
|
Pil. Ganda dan uraian
Pil. Ganda dan uraian
Pil. Ganda dan uraian
Pil. Ganda dan uraian
Pil. Ganda dan uraian
Keaktifan diskusi
|
1
6
2
7
3
8
4
9
5
10
|
A.
Soal Tes
Petunjuk:
Soal No1 sd 5 dijawab dengan cara menyilang
pada huruf didepan jawaban yang paling benar.
SoalNo7 sd 10 dijawab dengan
memberikanjawaban yang tepat ,
- Organ tubuh di bawah ini merupakan alat reproduksi wanita,kecuali....
a.
uterus
b.
tuba
fallopii
c.
testis
d.
ovarium
- Proses dihasilkannya ovum keluar dari ovarium disebut....
a.
ovulasi
b.
menstruasi
c.
fertilisasi
d.
degenerasi
- Urutan yang benar pada proses pengeluaran sperma adalah....
1.vesica semenalis
2.urethtra
3.testis
- 1, 2, 3
- 2, 1, 3
- 2, 3, 1
d.
3,1, 2
- Bagian organ reproduksi pria yang berfungsi menghasilkan sperma adalah....
- testis
- vesika urinaria
- vesica semenalis
- urethtra
- Cara penularan penyakit kelamin adalah melalui....
- makanan
- udara
- kontak cairan tubuh
- berjabat tangan
- Sebutkan fungsi uterus!
- Jelaskan proses terjadinya pembuahan!
- Di bagian organ reproduksi pria yang mana tempat pembuatan sperma?
- Buatlah skema gambar sperma dan berilah keterangan!
- Sebutkan 1 cara yang paling efektif agar tidak tertular penyakit menular seksual!
B.
KunciJawaban
1. C
2. A
3. D
4. A
5. C
6. tempat
pertumbuhanjanin
7. sel telur
keluar dariovariumbertemudengan sperma di tubafalopii
8. testis
9. kepala
.
ekor
10. hubungan
seksual
C.
Penilaian
Proses
Penilaian proses dilakukan terhadap
partisipasi siswa dalam kelompok selama proses pembelajaran berlangsung dengan
menggunakan tabel observasi :
No.
|
Nama
|
Aktivitas Siswa
|
||||||||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
||||||||
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
||
Penilaian Kinerja : Laporan
hasil kerja dan tes tertulis
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Any Wuryaningrum, M.Pd.
NIP: 19650904198902201
|
Gembong, JULI 2012
Guru Mapel IPA
Dra. Eny Kristiyani
NIP: 196012011993022002
|
0 komentar:
Posting Komentar