RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA - BIOLOGI no : 2 SISTEM REPRODUKSI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO : 2


SEKOLAH                    : SMP NEGERI 1 Gembong
MAPEL                          : IPA/BIOLOGI
KELAS /SMT                : IX / 1 ( GASAL )
WAKTU                         : 6 x 40 menit


  1. STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

  1. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi manusia

  1. INDIKATOR
·         Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
·         Mendeskripsikan fungsi masing-masing organ reproduksi pada manusia
·         Menjelaskan proses reproduksi pada manusia
·         Menulis artikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan  sistem reproduksi.
·         Mendiskripsikan cara menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
·         Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
.

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
a.          Melalui tayangan CD siswas dapat menyebutkan 4 macam organ penyusun sistem reproduksi pada wanita dan fungsinya dengan benar.
b.          Melalui tayangan CD siswa dapat menyebutkan 3 macam organ penyusun sistem reproduksi pada pria dan fungsinya dengan benar
c.          Dengan membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar hal 19 – 21, siswa dapat menjelaskan proses reproduksi pada manusia
d.          Melalui diskusi kelompok tentang proses reproduksi pada manusia, siswa dapat menjelaskan terjadinya menstruasi
e.          Melalui diskusi kelompok tentang proses reproduksi pada manusia, siswa dapat menjelaskan pola-pola perkembangan embrio pada manusia.
f.           Dengan membaca buku paket Ilmu Alam Sekitar hal  22-25, siswa dapat menyebutkan kelainan / penyakit system reproduksi pada manusia dengan benar
g.          Dengan memperoleh informasi tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi siswa dapat menerapkan pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
Alat reproduksi wanita
Organ reproduksi seorang wanita terdiri dari :
a.           Ovarium
Ovarium berjumlah sepasang dan berfungsi menghasilkan sel telur (ovum). Terletak di rongga perut tepatnya di daerah pinggang kiri dan kanan. Sel telur yang telah masak dilepas oleh ovarium. Peristiwa itu disebut ovulasi. Selain menghasilkan sel telur ovarium juga berfungsi menghasilkan hormone estrogen  dan progesteron.
b.           Oviduk
Oviduk berjumlah sepasang dan berfungsi menggerakkan ovum kea rah rahim dengan gerakan peristaltik. Ujungnya berbentuk corong berjumbai-jumbei ( frimbrae ). Frimbrae berfungsi untuk menangkap ovum dan dilepaskan oleh ovarium. Pembuahan ovum oleh sperma terjadi di oviduk, selanjutnya ovum yang telah dibuahi bergerak ke rahim.
c.           Vagina
Vagina berfungsi sebagai organ persetubuhan dan untuk melahirkan bayi. Organ tersebut mempunyai banyak lipatan, sehingga saat melahirkan dapa mengembang. Dalm vagina terdapat lender yang dihasilkan oleh kelenjar yaitu kelenjar bartholini.

Alat reproduksi pria
Organ reproduksi pria mempunyai dua fungsi reprodusi, yaitu produksi sel kelamin dan pelepasan sel-sel ke kelamin wanita. Organ reproduksi pria terdiri dari :
a.        Testis
Testis berjumlah sepasang dan berbentuk bulat telur. Testis tersimpan di dalam suatu kantong yang disebut skrotum  atau kantong buah zakar. Testis berfungsi sebagai tempat pembentukan sel sperma dan hormone kelamin ( testosteron )
b.        Vas deferens
Vas deferens merupakan salura yang menghubungkan testis dengan kantong sperma. Vas deferens berjumlah sepasang dan terletak di dalam kelenjar prostat.
c.        Kantong sperma
Kantong sperma berjumlah sepasang dan berfungsi untuk menampung sperma sebelum dikeluarkan dari tubuh seorang pria.
d.        Penis
Di dalam penis terdapat uretra yang berfungsi sebagai aluran urin dan saluran sperma.

HIV/AIDS,Siphilis, Gonorhoe
Ø  HIV / AIDS
AIDS bukanlah penyakit pada system reproduksi, Namun AIDS dapat disebabkan karena adanya adanya hubungan seksual yang merupakan proses reproduksi pada manusia oleh penderita AIDS. AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit karena turunnya kekebalan tubuh.
Perilaku yang beresiko menularnya AIDS antara lain :
    1. Hubungan seks dengan penderita AIDS.
    2. Penerima transfusi darah yang sudag tercemar HIV.
    3. Penggunaan jarum tindik atau pembuatan tato yang sudah tercemar HIV.
    4. Penggunaan jarum suntik yang sudah terkena virus HIV tanpa disterilkan terlebih dahulu.
    5. Ibu hamil yang terinveksi HIV dapat menularkan HIV pada bayi yang dikandungnya.
Ø  Siphilis
Sifilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri.
Tanda-tanda sifilis antara lain.
a.        terjadi luka pada alat kelamin, rectum, lidah dan bbir.
b.        pembengkakan getah bening pada bagian paha.
c.        bercak-bercak di seluruh tubuh.
d.        tulang dan sendi terasa nyeri ruam pada tubuh, khususnya pada tangan dan telapak kaki.
Ø  Gonorhoe
Gonorhoe atau kencing nanah disebabkan oleh bakteri.
Gejala-gejalanya antara lain :
a.        Keluarnya cairan seperti nanah dari saluran kelamin.
b.        Rasa panas dan sering kencing.
Bakteri penyebab penyakit ini dapat menyebar ke sekuruh tubuh sehingga menyebabkan rasa nyeri pada persendian dan dapat mengakibatkan kemandulan.

F.       METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode                                :  tanya jawab
2. Model Pembelajaran           :  diskusi

G.       LANGKAH PEMBELAJARAN
H.        

PERTEMUAN

TAHAP

RINCIAN KEGIATAN

WAKTU
1
Pendahuluan


Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang sistem reproduksi beserta fungsinya  pada manusia
c. Guru memberi motivasi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan reproduksi
d.  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis
      besar tentang alat reproduksi pada manusia  dan
      fungsinya;

10’

Kegiatan Inti


Eksplorasi
Melalui tayangan power point dan kajian pustaka organ reproduksi pada manusia
·         setiap kelompok menemukan bagian-bagian  yang penting alat reproduksi pada manusia
·         Menggali pengertian siswa tentang sistem reproduksi pada pria dan wanita



60’








Elaborasi
·         Mengadakan diskusi tentang  masing masing organ penyusun sistem reproduksi dan fungsinya
·         Secara bergantian siswa perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
·         Siswa yang lain memberikan tanggapan


Konfirmasi
Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa
ü  Membimbing siswa membuat rangkuman

Penutup

·         Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
·         Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami materi.

10’
2

Pendahuluan

Motivasi Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang proses sistem reproduksi pada manusia
c. Guru memberi motivasi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan menstruasi
d.  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis
      besar tentang proses sistem reproduksi pada pria dan wanita

5’

Kegiatan Inti

Eksplorasi
ü  Melalui tayangan CD dan kajian pustaka  secara berkelompok menggali pengertian siswa tentang proses sistem reproduksi pada pria
ü  Menggali menggali siswa tentang proses sistem reproduksi pada wanita
ü  Menggali pengertian siswa tentang proses fertilisasi
ü  Menggali pengertian siswa tentang proses kehamilan

60’

Elaborasi
ü  Mengadakan diskusi tentang  tentang proses sistem reproduksi pada pria, proses sistem reproduksi pada wanita , proses fertilisasi , proses kehamilan.
ü Wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
ü Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan


Konfirmasi
·         Guru memberikan penilaian, penguatan dan perbaikan atas hasil diskusi dan presentasi siswa
·         Membimbing siswa membuat rangkuman


Penutup

ü  Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami materi
ü  Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
ü  Guru memberi tugas rumah mendata kelainan pada organ reproduksi
10’




  3

Pendahuluan

Motivas Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan  
b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan
     menyampaikan tujuan pembelajaran tentang  kelainan
     pada organ reproduksi
c. Guru memberi motivasi siswa secara komunkatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan penyakit AIDS
d.  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis
      besar tentang kelainan pada organ reproduksi

10

Kegiatan inti

Eksplorasi
ü  Melalui tayangan CD dan kajian pustaka  secara berkelompok menggali pengertian siswa tentang penyakit /kelainan pada   sistem 0rgan reproduksi
ü  Pencegahan penyakit / kelainan pada sistem organ reproduksi

60'


Elaborasi
ü  Mengadakan diskusi tentang fungsi masing masing organ penyusun sistem reproduksi wanita juga tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi. 
ü Wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
ü Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan


Penutup

ü  Siswa melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami materi
ü  Guru mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan tanya jawab dan diskusi di kelas
ü  Guru memberi tugas rumah tentang sistem  reproduksi
10'


       
H.   SUMBER BELAJAR
  1. Buku Paket  Ilmu Alam Sekitar 3 kelas IX dan buku lain yang relevan
2.        CD Pembelajaran
       
I.    PENILAIAN

Indikator
Penilaian

Teknik
Bentuk Instrumen

No Instrumen
·         Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
·         Mendeskripsikan fungsi masing-masing organ reproduksi pada manusia
·         Menjelaskan proses reproduksi pada manusia
·         Menulis artikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan  sistem reproduksi.
·         Mendiskripsikan cara menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
·         Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
1.        
Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis
Tes tertulis

Tes tertulis

Tes Kinerja


Pil. Ganda dan uraian
Pil. Ganda dan uraian
Pil. Ganda dan uraian
Pil. Ganda dan uraian
Pil. Ganda dan uraian
Keaktifan diskusi
1
6
2
7
3
8
4
9
5
10



A.       Soal Tes

Petunjuk:
Soal No1 sd 5 dijawab dengan cara menyilang pada huruf didepan jawaban yang paling benar.
SoalNo7 sd 10 dijawab dengan memberikanjawaban yang tepat ,
  1. Organ tubuh di bawah ini merupakan alat  reproduksi wanita,kecuali....
a.       uterus
b.       tuba fallopii
c.        testis
d.       ovarium
  1. Proses dihasilkannya ovum keluar dari ovarium disebut....
a.       ovulasi
b.       menstruasi
c.        fertilisasi
d.       degenerasi
  1. Urutan yang benar pada proses pengeluaran sperma adalah....
1.vesica semenalis
2.urethtra
3.testis
    1. 1, 2, 3
    2. 2, 1, 3
    3. 2, 3, 1
d.         3,1, 2
  1. Bagian organ reproduksi pria yang berfungsi menghasilkan sperma adalah....
    1. testis
    2. vesika urinaria
    3. vesica semenalis
    4. urethtra
  2. Cara  penularan penyakit kelamin adalah melalui....
    1. makanan
    2. udara
    3. kontak cairan tubuh
    4. berjabat tangan
  3. Sebutkan fungsi uterus!
  4. Jelaskan proses terjadinya pembuahan!
  5. Di bagian organ  reproduksi pria yang mana tempat pembuatan sperma?
  6. Buatlah skema gambar sperma dan berilah keterangan!
  7. Sebutkan 1  cara yang paling efektif agar tidak tertular penyakit menular seksual!

B.        KunciJawaban

1.  C
2.  A
3.  D
4.  A
5.  C
6.  tempat pertumbuhanjanin
7.  sel telur keluar dariovariumbertemudengan sperma di tubafalopii
8.  testis
9.                   kepala

       .


          ekor


10. hubungan seksual




C.      Penilaian Proses
                Penilaian proses dilakukan terhadap partisipasi siswa dalam kelompok selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan tabel observasi :
No.
Nama

Aktivitas Siswa


Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama


B
C
K
B
C
K
B
C
K






















        Penilaian Kinerja : Laporan hasil kerja dan tes tertulis
                                                                         



Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Any Wuryaningrum, M.Pd.                                      
NIP: 19650904198902201

Gembong,   JULI 2012
Guru Mapel  IPA



Dra. Eny Kristiyani
 NIP: 196012011993022002






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...